Soto Banjar

Masakan yang satu ini, merupakan makanan kesukaan my hubby. Dia tuh nggak pernah bosan dengan soto Banjar. Kalau ke Banjarmasin, wah, bisa berhari-hari makan soto banjar.

Rempahnya memang banyak, justru dari citarasa rempah itulah yang membuat soto banjar sangat nikmat. Banjar baangettt gitu Loh………
Sssttt, aku kan lahir dan dibesarkan di Banjar, Jadi resep ku ini orisinil banget deh.

Ini adalah rempah untuk soto Banjar. Ada yang nggak pernah liat sebelumnya ya?


Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung, potong menjadi 4 bagian
  • Daun seledri secukupnya
  • Daun bawang prei secukupnya
  • 2,5 liter air
  • 1 sdm garam
  • 2 kaldu blok
  • ½ sdm gula
  • 50 ml susu evaporated
  • Margarin secukupnya

Bahan rempah:

  • 1 sdm Adas Manis
  • 15 biji Kapulaga
  • 1 sdm Kas-kas
  • 10 biji cengkeh
  • 1 batang kayu manis
  • 1 bunga pekak
  • ½ biji pala utuh
  • 15 biji merica utuh

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 1 cm jahe

Pelengkap:

  • ketupat
  • Soun
  • Perkedel
  • Bawang goreng
  • Sambel

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai layu, sisihkan.
  2. Tumis seledri dan daun bawang prei, sisihkan.
  3. Bungkus bahan rempah pada kain kasa. Kemudian rebus air masukan ayam dan rempah. Masak sampai mendidih.Masukan tumisan bumbu halus, tumisan bawang prei dan seledri, garam. gula, kaldu blok.
  4. Setelah itu, jika bau rempah sudah tercium keluar, keluarkan rempah dari kuah. Kemudian tambahkan susu, aduk sebentar sampai susu tercampur rata, matikan kompor.
  5. Keluarkan ayam dari panci, suwir-suwir.

Bahan Perkedel:

  • 400 gram kentang
  • 2 sdm gula
  • ½ sdm garam
  • 1 sdt merica
  • 1 kuning telur

Cara membuat perkedel:

  1. Goreng kentang sampai matang, haluskan, campur dengan gula, garam, merica, kuning telur. Setelah tercampur rata, bulatkan adonan,dan pipihkan. Goreng dalam minyak panas.

Cara penyajian :

  1. Siapkan mangkuk, tata potongan ketupat didalamnya, tambahkan soun, ayam suwir, telur rebus, perkedel, siram dengan kuahnya. Taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat dengan sambel dan jeruk nipis.

20 Replies to “Soto Banjar”

  1. ven, emang enak makan soto banjar dgn sambel yg pedas apalagi disaat flu yummmmmy, tapi ingin tau bumbu kas kas itu apaan sih, thanx

  2. Hai Guys, sebelumnya banyak yang tanya tentang bumbu kas-kas kan? Kas-kas alias white poppy seed. Aku juga baru tahu, kebetulan ada teman yang baik hati yang mau ngasih tahu. Thanks to Lily yang ngasih tahu.

  3. Hai Lidya, betul sekali. Perkedel asli untuk pelengkap soto banjar memang pakai campuran singkong. rasa sotonya pun jadi lebih gurih.
    Thanks ya….

    1. jinten kan kya bulir2 padi yang warnanya agak kuning kecoklatan. kalau kas2 bentuknya berbutir2 seperti pasir…

  4. Ci Ven, salam kenal ya…aku sekarang tinggal di banjarmasin. Sudah lama kepingin bisa buat sendiri soto banjar ini, tp ga nemu resep yang pas, padahal tinggal di banjar, hehe…trims ya ci ud sharing resepnya, aku udh coba, sotonya enak, dan cocok sama seleraku 🙂

  5. Hali mba…terima kasih resep dan foto rempah2nya,,,,jadinya saya tau pake rempah apa aja…rasanya uenakkkkkkkkkkkkkkkkkkk, saya sukaaa banget….ijin copas untuk resepnya yaa…thxx

  6. Hi mba evanna, kebetulan suka banget ma soto banjar. mau tanya kalo bumbu rempah yg dimasukin ke kain kasa itu perlu dihaluskan dulu gk ato di prek2 gitu. susu cair evaporated itu apa ya

  7. xie xie ya ce evanna..berkat resep cece, saya jadi pingin belajar masak..sebelumnya ga pernah masuk dapur..
    @mbak nenny : susu evaporated tu susu kaleng cair khusus untuk masakan..biasanya merk carnation atau marigold..tinggal bilang aja ama penjualnya susu cair buat masakan..biasanya dicantumkan dalam label kalengnya jenis “evaporated”

  8. mba saya kebetulan tinggal di luar negri,selain pake susu evaporated bisa di ganti dengan susu apa ya?kalu susu cair yg gak manis bisa gak ya?terima kasih infonya

    1. @ Emtis : untuk susu evaporated, bisa diganti dengan susu segar. tp kalau nggak pakai susu pun ngga apa-apa.

Comments are closed.