Sop Mutiara

Sop mutiara ini hanya dijumpai di Banjarmasin. Dan meskipun merupakan makanan khas Banjar, cukup sulit untuk menemukannya di restaurant/rumah makan.
Mengapa? Karena makanan ini hanya populer di kalangan Chinese dan hampir setiap keluarga bisa membuatnya. Biasanya selalu disajikan pada pesta kecil di rumah.

Bahan :

  • 7 buah Sosis ayam, potong-potong
  • 3 buah wortel, potong dadu,rebus sampai empuk
  • 1 kaleng kacang polong
  • 200 gram macaroni
  • 1 sdm Garam
  • 2 sdm Gula
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt pala
  • 1 kaleng susu cornation
  • 1,5 liter kaldu ayam
  • Daun seledri


Bumbu halus:

  • 2 butir Bawang merah
  • 1 cm jahe

Bahan Mutiara:

  • 300 gram Ayam cincang
  • 1 buah kentang, goreng haluskan
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt pala
  • ½ sdt merica
  • 50 gram susu bubuk
  • 2 sdm margarin
  • 1 butir kuning telur

Cara membuat:

  1. Mutiara : Campur semua bahan jadi satu, kemudian dibentuk bulat-bulat seperti kelereng.
  2. Didihkan air kaldu, bersama dengan bumbu halus, batang daun seledri yang telah dimemarkan, garam, gula, merica dan pala. Masukan mutiara, setelah mutiara terapung, angkat, sisihkan.
  3. Masukan wortel pada kaldu ayam, setelah mendidih, tambahkan kacang polong, macaroni dan sosis. Setelah mendidih masukan daun seledri, mutiara, dan terakhir, jika semua bahan sudah dimasukan dan sudah mendidih, masukan susu cornation. Aduk sebentar, mendidih, angkat. Sajikan hangat.

22 Replies to “Sop Mutiara”

  1. cc..
    huwaa…
    liat sop mutiara jadi laper,,

    aku org banjar n skrg jg d sby lo c,,

    hmm,,malem2 keinget sup mutiara buatan mamah,,iseng2 cari di google,,dapetnya blog cc,,

    hmm,,kyknya enak bgt,,haha,,…

    sukses masaknya cc..=)

  2. Halo Mar, wah, kebetulan kemarin saya masak sop mutiara lho, Jadi bikin ngiler ya?
    Coba aja resepnya.

  3. susu Evaporated ( susu cair, bukan kental manis) merknya carnation. Tapi kalau nggak ada bisa diganti merk Marigold / FN.

  4. ooo.. iya iya.. thanks ya.. ntik takcoba sek.. :p~~
    trus, cc ada resep sop kembang tahu gak, c? tulung diposting ya..
    thanks berat.. luv ur blog! ^^

  5. Hai,salam kenal…,aku suka bgt sop ini d keluarga setiap natal sop ini jagoannya.Tapi agak beda dkt ya sm pny mamahku krn nda pake bmb halus cmn kaldunya pake ayam kmpg n ditambahin kaldu blok,tp kyknya semuanya enak ya…

  6. Salam kenal juga Cheiciel,
    Sop mutiara emang makanan top di Banjar. Selalu jadi menu andalan pada pesta keluarga.
    Nggak pake bumbu halus juga nggak apa-apa. sama enaknya kok….

  7. ce,salam kenal ya…sama2 orang banjar yang disby nih..:) suamiku jg smasa dulunya ce2 drumah it cattering pa rumah makan juga?kl di timur sby y kt deketan.. 🙂 mw tanya ce, mutiaranya kalo g pake kentang bs dganti pake ap y?

  8. Hai Nanda, cece nggak buka rumah makan kok. cuma terima order-an kecil-kecilan. Saya memang di Sby Timur… hehehe, deket ya?
    Kalau untuk mutiara, biasanya memang dicampur kentang, selama ini saya nggak pernah ganti dengan yang lain (udah resep aslinya) Jadi kurang tahu juga kalau diganti dengan yang lain hasinya bisa sama nggak. Emang ga boleh makan kentang ya?

  9. Halo.. Salam kenal ya ven,aku baru aja coba resep sop mutiaranya,rasanya oke!! Thanks ya.. Cm kenapa ya aku bikin mutiaranya g bisa bulat2 bagus kayak py kamu 🙁 kira2 apa yg salah ya? Thanks 😀

    1. Hmm, kadang perlu dilihat adonannya, kl terlalu encer, pd saat menambahkan telur, tambahkan separonya aja. jd adonan gak terlalu lembek.

  10. hi Evenna, ak baru liat blog kamu dan sudah membuat beberapa resep kamu, suami ak seneng banget sama hasilnya. Thx bgt ya…
    Soalnya aku msh pemula dalam masak dan langsung dipuji jd seneng bgt, hehehe. Tips nya jg sangat membantu untuk ak yang pemula ini. Oh iya ada resep baru lagi ga? Mau ak praktekin soalnya. Hehehe

    Thx before ya n salam kenal

  11. Hi Evenna, salam kenal ya.. 🙂 Saya coba praktekin resepny, tp knpa ya mutiarany pas direbus malah lumer, padahal rebusny ga lama2… Perlu dimasukin tepung terigu atau sagu gitu ga ya?

  12. Hai cce thanks bnget ya resepnya saya baru coba ini yng k duan kalinya lumayan lah uda bener bikinnya awalnya kelembekan adonan tapi yang kedua berhasil dan hasilnya sangat memuaskan ..enak sekali bola mutiaranya lembut d lidah sukses terus ya ????????

Comments are closed.