Siomay

Siomay , merupakan makanan wajib saat dim sum. Siapa pun pasti menyukainya. Siomay ku ini memang kurang bagus bentuknya. Tapi sekali makan, pasti mau terus deh… Nggak puas kalau belum habis.
Bagi yang Muslim, Jika pengen membuat siomay ini, daging babi bisa diganti dengan daging ayam.


Bahan:

  • Kulit siomay
  • 500 gram daging babi, cincang
  • 100 gram udang, cincang
  • 200 gram bengkoang, cincang halus
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 ruas jahe , cincang
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 butir telur
  • 3 batang daun bawang, iris tipis

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan jadi satu ( kecuali kulit siomay), uleni sampai tercampur rata.
  2. Siapkan kulit siomay, bungkus adonan kedalamnya.
  3. Siapakan dandang, kukus siomay sampai matang. Sajikan hangat.

13 Replies to “Siomay”

  1. Hai Evenna Chang,
    Saat ini aku punya cafe tenda yang sederhana. Baru 1 bulan. Saat ini menu andalan kita adalah Siomay & Cendol. Tapi waktu buat Siomay menggunakan kulit pangsit, kok ga bisa ya? isinya luber (meluap)dan kulit pangsitnya letoy alias tidak kuat menyangga isi Siomay. Tolong info dong tipsnya supaya hasil Siomay bagus. Dan untuk Cendol, Santan bisa tahan berapa lama? Biasanya aku buat untuk 2 hari tapi setelah di hangatkan, santannya jadi berubah, Sari santan naik keatas dibawahnya jadi ada air. mohon info tips agar hasil santan dan Cendolnya lebih enak. Ditunggu ya… Thanks. Thanks juga atas resepnya. website mu usefull banget

  2. Hai Lia,
    Sorry, baru balas sekarang. Untuk kulit siomay bisa saja menggunakan kulit pangsit. tapi kamu cari yang kulit pangsitnya agak tebal, agar kuat menajan isinya. Kalau isi siomay keluar, kemungkinan kamu terlalu banyak menggisi adonan kedalam kulit pangsitnya.
    Untuk santan, sebaiknya gunakan hanya untuk 1 hari.
    Aku ada tips nih, biasanya aku memeras santan menggunakan air matang, sehingga tidak perlu dididihkan ( secara tampilan untuk campuran es, lebih oke, rasanyapun enak). Santan memang bisa dihangatkan, caranya panaskan santan, dengan terus diaduk, tapi jangan sampai mendidih, Kalau dididihkan, santan akan pecah(sari santan naik keatas). semoga jawabanku bisa membantu.
    salam….

  3. Mbak Evenna, saya pemula banget dlm hal memasak… resep siomay-nya nggak pake kanji sama sekali ya? Apa adonan tetap bisa ‘lengket’ dan tidak buyar Mbak?
    Mohon infonya yaa…
    Thanks banget,
    Lily

  4. @ Lily: kalau resep yang diatas ini, saya memang ga pake kanji. Tapi kalau mau pake kanji juga boleh…. kanjinya sebaiknya dicampur sedikit air supaya adonannya ga keras….

  5. mau tanya kok kulit SIOMAY setelah di kukus jadi garing kenapa ya??
    kulit siomay ama kulit pangsit sama apa nggak??
    thx cc..

  6. @ Michael : Kl sy sih biasanya sebelum siomay di kukus, semprot dengan air. jd pas dikukus nggak kering. Sy bikin siomay pake kulit pangsit kok. 🙂

  7. Saya pernah gk pake tepung kanji hasilny daging gk nempel alias hancur. Lalu saya ksh tepung kanji 2sdm . Hasilnya juga sama. Apa ???? salah ya ?

  8. Maaf ya setahu saya untuk somay harus pake tepung sagu atau tapioka. Kalo ga, bakal ga nempel dagingnya alias luber. Rasanya juga akan kesat.
    Perbandingan untuk 500gr daging pakai 200gr tepung.

  9. Hai bu,salam kenal ya,ini ak mau tanya klo buat siomay,jd sblm dkukus,itu permukaan kulit siomay smua dsemprot air dulu ya?apa ga jd lembek ya kulitny?trs dkukus gt ya?mohon info ya,thx

  10. Saya mau tanya kenapa saat masak siomay kulitan pangsit menjadi hancur.tolong beri tau titipnya
    (permasalahan agar kulit pangsit tidak hancur ketika siomay matang)
    Soalnya buat dijual di kedai biar tampilan tdk hancur dan menarik

Comments are closed.