Singkong Keju

Singkong , siapa sih yang nggak tahu. Dan sepertinya semua orang doyan. Kalau di Surabaya banyak sekali ditemui pedagang singkong keju di pinggir-pinggir jalan. Saya sih termasuk salah satu penggemar singkong. Tapi karena saya punya anak yang masih kecil, dan suka sekali makan, saya jadi takut untuk beli di pinggir jalan. Karena ngeri lihat minyaknya dan nggak tega membiarkan si kecil ikutan makan. Jadi saya bikin sendiri aja singkong keju ini. Sebenarnya namanya aja singkong keju, tapi bikinnya nggak pake keju kok.
Camilan ini enak lho untuk dinikmati pada sore hari, apalagi kalau lagi hujan, dingin-dingin, enak lho.

Bahan:

  • 1 Kg singkong, cuci bersih, kupas, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • Garam secukupnya
  • 1.5 L air untuk merebus
  • 2 sdm margarin
  • Minyak

Cara membuat:

  1. Rebus singkong bersama bawang putih, setelah mendidih tambahkan garam. Setelah empuk, matikan api. Segera angkat singkong dan siram dengan air dingin, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tambahkan margarin, jika minyak sudah panas betul, goreng singkong sampai berwarna kekuningan. Angkat, Sajikan

10 Replies to “Singkong Keju”

  1. Bu, saya sdh coba cara direbus, dikukus tapi gak ada yg berhasil merekah. Kalo digoreng mau merekah tapi ada juga yg gak merekah.

    1. mungkin ubinya kali ya… jenis ubi kan ada yg keras spt kayu gitu. kl dapat yg itu, direbus berapa lamapun nggak bisa merekah. Coba aja cari ubi yang empuk…

Comments are closed.