Puding Caramel

Puding Caramel ini enak sekali jika disajikan sebagai dessert. Aroma karamelnya yang wangi , membuat siapapun pasti ingin mencicipinya. Resep ini aku dapatkan dari tabloid Lezat, hanya cara memasaknya aja yang aku ubah sedikit. Mestinya di oven, tapi kalau aku di kukus. Tetap enak kok. Buktinya anakku Natha, senang sekali makan puding ini.

Bahan:

  • ½ Liter susu segar
  • 5 butir telur ayam
  • 100 Gram Gula pasir
  • ½ sdt essens vanila

Saus Karamel:

  • 50 Gram Gula Pasir
  • 15 ml air

Cara Membuat:

  1. Saus Karamel: Masak gula dan air hingga menjadi karamel, angkat. Masukan ke dalam mangkuk tahan panas.
  2. Masak susu hngga memdidih, angkat. Kocok gula dan telur hingga rata lalu masukan susu kedalamnya, aduk hingga rata, tambahkan essens vanila.
  3. Tuang adonan kedalam pinggan tahan panas yang berisi karamel tadi, kukus sampai matang.
  4. Sajikan dalam keadaan dingin, Sehingga lebih nikmat.

26 Replies to “Puding Caramel”

  1. bu… aku dah 3 kali bikin saus karamelnya. tp selalu terasa gosong ya. gmn ya? pls help…

  2. Biasanya sih Gula, dicampur air sedikit, kemudian dimasak sampai mendidih dan warna berubah menjadi kuning kecoklatan. Kalau nggak mau terlalu gosong, begitu warnanya agak kuning, matikan api. Cobain deh…

  3. Ce, kukusnya ini kira-kira berapa lama ya?
    soalnya aku baru mau belajar masak, jadi masi belum tahu bedain matang atau belum

  4. halo sis. salam kenal ya. mau tanya dong, kalo bikin puding karamel ini, telurnya cukup dikocok lepas atau dimixer sampe mengembang ya? aku kemaren bikin telurnya dimixer sampe mengembang, tapi pas dikukus kok jadi mimpes ya? yang tadinya aku wadahin di gelas hampir penuh eh pas matang kok cuma jadi setengah gelas… bagi tipsnya dong sis.. thx ya.

  5. @ Fefe : Biasa sih aku kukusnya 20 menit. Tp kl mau pastiin matang/ ga, tusuk aja pake tusuk sate. Kl adonan ga lengket, berarti udah matang.
    @ Neta : Telurnya dikocok lepas aja. Selamat mencoba lagi ya….

  6. Halo ci .. salam kenal ya … resep2 nya ok loh. aku uda coba beberapa. untuk yang satu ini, aku rada bingung, hasil bikinan ku rada amis jadinya. gimana cara men siasatin nya ya ?

    selain itu, aku rada bingung dengan penjelasan no 3 (Tuang adonan kedalam pinggan tahan panas yang berisi karamel tadi, kukus sampai matang). Maksudnya adonan susu dan telur dicampur dengan saos karamel nya atau gimana?

    Thx a lot untuk sharing nya ci …

  7. @ Levina : nggak pake agar-2 sama sekali..
    @ Maya : Kok bisa amis ya? sdh pake essens vanila?
    Penjelasan no.3 maksudnya: saus karamel kan sdh dituang sebelumnya ke dalam cetakan ( no.1)
    setelah itu kita membuat pudingnya ( NO.2) Setelah adonan pudingnya kita buat, kita masukan ke dalam saus karamel tadi ( no.3) adonan tidak akan tercampur, krn saus karamel sdh dingin dan agak mengeras.

  8. Halo ci.. salam kenal…
    MO nyobain ah resep nya, krn suka bgt ma puding karamel..
    Mo nanya juga susu segar nya bisa pake yg susu kaleng carnation gitu ga ya?
    Makasih

  9. sis…sprtnya reseptnya enak tuh, aq mau coba buat lebaran idul adha bsk…
    tp yg ingin aq tanyain klo karamelnya disiram aj di atas puding bisa gak…

    thanks
    nia

  10. aq mau tanya lg…itu susunya dalam keadaan panas dimasukkan dalam telur atau tunggu susu nya dingin dulu…???

  11. sis, barusan tadi nyobain resep pudingnya, kok karamelnya baru ditinggal bentar udah mengeras ya??? pikirnya td bikin karamelnya dulu abis itu siapin bahan yg lain, eh baru mau kocok2 telur karamelnya udah kaya gula batu hehhe
    ada trik khusus gak sis?

  12. sis, barusan tadi nyobain resep pudingnya, kok karamelnya baru ditinggal bentar udah mengeras ya??? pikirnya td bikin karamelnya dulu abis itu siapin bahan yg lain, eh baru mau kocok2 telur karamelnya udah kaya gula batu hehhe
    ada trik khusus gak sis?

  13. Helo sis..mau tanya..itu kan diatas puddingnya ada coklat2nya, itu gimana cara bikinnya?apa itu adalah karamel nya?atau karamel disini hanya untuk disiram ke pudding saja?kalo aku bikinnya pakai cetakan gelas gitu apa bisa? thanks yah…

  14. Bu Evenna,, saya pernah coba buat puding ini dengan ukuran resepnya saya buat 2x.. hasilnya enak bu,, saya variasikan dengan menambahkan coklat bubuk.. hasilnya yummiiii… ^_^

    saya mau coba berbagi pengalaman buat mba dan ibu yang bertanya sebelumnya di atas…
    1. biar tidak terlalu amis tambahkan vanili, esen vanil atau rum vanila,,
    2. ketika membuat karamel, gunakan api yg kecil sambil di aduk2,, proses pematangan saat cair sangat cepat jadi harus cepat pula kita menambahkan airnya.
    3. Mba/Ibu Yanny memang bgtu saat di tinggal karamel akan mengeras,, tapi karamel akan kembali mencair ketika proses pengukusan,,,

  15. Ci, resepnya hebat, uenak tenan.

    nanya dunk…
    Sy sdh coba bikin, tp pk loyang alumunium ato wadah stainless steel (blom ada pinggan). Stlh matang…ga bs dibalik spt di foto, puding nempel ke wadah. Penampakannya jd jelek deh.

    Gmn crnya spy ga nempel? Trims ya…

  16. Halo Ibu evenna, aku mau tny dong. Aku iseng2 buat puding karamel ini berdasarkan resep dari Ibu. Tapi kok hasil jadinya kurang oke. Aku udah kasih esen vanili tetep masih amis. Terus telurnya yg dipakai itu, kuningnya aja ato sekalian ma putihnya jg?. Terus lama utk mengocok telur kira2 brp lama & mengocok telur bisa pakai mixer?. Hasil setelah puding setelah dikukus, sepertinya telurnya berserat2 gt kyk misah antara telur & susu, gak bisa menyatu spt digambar. Tolong masukan sarannya Bu

  17. Ce , thanks info nya .. sy bru coba nih resep dr cece , ank sy doyaan bgt cara pembuatan jg praktis bgt 🙂
    Kalau ada info pembuatan cupcakes dr cece mohon di share ya 🙂

  18. Musz? sie wam pochwalic w koncu schudlam –
    6 kilo. Przeszuka?am chyba ca?y polski internet ?eby znale?? cos na odchudzanie i znalazlam.
    Wygoglujcie sobie: xxally radzi jak szybko schudn??

  19. I have checked your site and i’ve found some duplicate content, that’s why you don’t rank
    high in google, but there is a tool that can help you to create 100{fc6ac4a6d8457a9d6ddf03b77f95910161d5127cf092ba99f67170892963268a} unique content, search for;
    Boorfe’s tips unlimited content

Comments are closed.