Pastel Tutup

Resep yang satu ini adalah resep dari oma saya. Saya juga sering menerima pesanan pastel tutup ini. Cobaiin ya resep saya yang satu ini. saya jamin pasti enak deh. Bagi yang pengen menikmati kelezatanya, tapi malas untuk membuat sendiri, silahkan pesan saja langsung ke saya…..

Bahan :

  • 300 gram daging ayam ( potong kotak-kotak kecil)
  • 300 gram kacang polong
  • 300 gram wortel ( dipotong kotak-kotak, rebus sebentar)
  • 4 butir putih telur (didadar, potong kotak-kotak)
  • 6 buah sosis babi/ayam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt pala
  • 2 sdm margarin
  • 450 ml susu

Bumbu halus :

  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih


Bahan Penutup:

  • 600 gram kentang
  • 50 gram susu bubuk
  • 25 gram margarin
  • 1 butir kuning telur
  • 4 butir telur rebus ( diiris melintang)
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt pala

Olesan :

  • 1 butir kuning telur ( kocok lepas)

Cara Membuat :

  1. Panaskan margarin, masukan bumbu halus, masak sampai berubah warna, masukan ayam, aduk sampai masak. Kemudian masukan wortel, kacang polong dan telur aduk rata, masukan semua bumbu lainnya. Aduk sampai rata, tambahkan susu cair, masak sampai mendidih, angkat.
  2. Untuk bahan penutup : Rebus kentang sampai matang, haluskan. Masukan semua bumbu, aduk sampai rata. Masukan margarin aduk rata, masukan susu, dan kuning telur aduk rata.
  3. Ambil loyang bundar, kemudian masukan bahan isi kedalamnya. Susun telur rebus yang sudah diiris diatasnya, kemudian tutup atasnya dengan kentang, ratakan, olesi dengan kuning telur.
  4. Ambil satu buah garpu, garis permukaanya menyerupai gelombang.
  5. Oven dengan suhu 1600C selama kurang lebih 45 menit.

23 Replies to “Pastel Tutup”

  1. hai.. salam kenal ya. boleh cobain resepnya yah. sebetulnya aku udah ada resep andalan nyokap jg sih, tp mo aku combine ama resep kamu yg pake orak arik putih telur buat bahan isinya nih, kreatif jg yah. thanks yaa.. – Yana –

  2. Hi Ven,aku ada tambahan dikit nih, sebelum tutup dengan kentang ada enaknya juga kalo ditaburi dengan parutan keju yummy deh….

  3. Hai Hueny, pastel tutupnya bisa diantar ( Surabaya)
    Kalo yang biasa aku jual Rp 125.000.-/ loyang steinless, ukuran 22 Cm. Untuk pesannya ta kasih no telp ku via email aja ya…
    Thanks….

  4. Salam kenal, saya mau tanya resep pastel tutup nya, ada bahan soun dan jamur kuping,tapi cara membuatnya ga disertakan soun dan jamur kupingnya,jadi binggung deh? Terus soun dan jamur kupingnya dipake ga? Thanks ya

  5. Hai Lani…
    Resep yg diatas ini emang ga pake Jamur kuping dan soun…. ( resep dari oma-ku, dia lebih suka yang ga berkuah dan isinya ga pake jamur dan soun).
    Kalau yang aku jual emang pake jamur dan soun. Ya kalo mau tambahkan boleh saja. Bahan-bahannya ditambahkan saja….

  6. Hi, salam kenal.
    Tks for sharing resep-resepnya.
    kalo mo pesan contact ke mana?
    Terima pesana kue juga?
    Tks in advance.

  7. salam kenal evenna…duh tertarik nyobain resep2 mu..thanks banget sudah sharing buat kita yang gak getol dan gak ahli masak blasssss ini…

    anyway kalo ga ada susu bubuk diganti apa ya non?..disini adanya susu formula bayi (susu khusus bayi)….ak pengen nyobain ini ni…kliatannya suamiku bakalan doyan..

    salam dari florida

  8. @ Irma : Irma, no telp saya emailkan saja ya…
    unt kue, skr saya sdh tidak terima orderan lagi. Krn keterbatasan waktu dan tenaga.
    @ Yoshi : Susu bubuk seperti dancow ada ga disana ? Kalau pake susu bayi rasanya jadi ga enak. Salam juga buat keluarga…

  9. sis, duh bikin mupeeengg!!
    kalo nggak pake susu kira2 enak nggak sis ya? atau diganti apa ya? anak saya alergi susu sapi dan turunannya soalnya..

  10. Ni aq mo nanya…klo waktu susun adonan di loyang ato alumunium foil kan di atas nya di kasi kentang..koq wkt aq ksi kentangnya ga bisa bgs ya(mksdnya kentangnya ga mau menggumpal)..tlg reply na..° • · ?·? ??än? ?öü ?·? · • °

  11. Ni aq mo nanya…klo waktu susun adonan di loyang ato alumunium foil kan di atas nya di kasi kentang..koq wkt aq ksi kentangnya ga bisa bgs ya(mksdnya kentangnya ga mau menggumpal)..tlg reply na.thq

  12. dear evenna..
    thanks ya resepnya..udah aku coba lho..mertuaku sampe angkat jempol..jujur nih,itu acungan jempol pertama setelah 12 tahun jadi menantu..hehehe..thank you so much yaa.. 🙂

    1. wow…. asyik banget nih… tambah disayang mertua deh…. 🙂 I’m happy for you…

  13. Sis , resep Nya enak tp kenapa kuahnya kurang ya? Pake susu apa yg enak ya? Full cream atau yg Biasa ? Tq

  14. Sis , enak resepnya tp kenapa kuahnya kurang ya? Pake susu apa yg enak ya? Full cream atau yg Biasa ? Tq

  15. I must say it was hard to find your blog in google.
    You write interesting posts but you should rank your
    blog higher in search engines. If you don’t
    know how to do it search on youtube: how to rank a website
    Marcel’s way

  16. Hello admin, i must say you have high quality articles here.
    Your website can go viral. You need initial
    traffic only. How to get it? Search for; Mertiso’s tips go viral

Comments are closed.