Cumi- Cumi Saos Ingris

Seafood yang satu ini, gampang banget masaknya. Cuma dalam waktu kurang dari 30 menit saja, cumi saos Ingris, sudah siap dihidangkan di meja makan.

Cumi_cumi_Saos_Inggris.jpg

Bahan :

500 gram cumi

2 siung bawang putih, cincang

1/2 bh bawang bombai

1 bh cabe merah gede

1 sdm saos tiram

1 sdm kecap ingris

2 sdm gula pasir

1/2 sdt garam

air secukupnya

Cara membuat:

1. Bersihkan cumi sampai bersih, kemudian potong sesuai selera.

2.  Tumis bawang putih dan bawang bombaihingga harum, masukan cabe, aduk sebentar, kemudian masukan saos tiram, kecap inggris,  aduk rata. Tambahkan air.

3. Setelah air mendidih,  masukan gula, garam, dan cumi. Masak sebentar sampai matang. Angkat sajikan.

Tips : Memasak cumi sebentar saja. Karena kalau memasaknya terlalu lama, cumi akan terasa alot ( keras).

Kerang Hijau Saus Padang

Masakan ini saya coba karena terinspirasi dengan kerang Hijau saos padang yang pernah saya makan di salah satu resto di Surabaya. Karena senang dengan menu ini, maka aku coba masak sendiri. Bumbunya pun coba-coba. Jadilah Kerang hijau saos padang ini. Rasanya sih manis dan pedas.

Kerang_Hijau_Saus_Padang.jpg

Bahan:

1 kg Kerang Hijau

3 sdm saos tomat

1 sdm saos sambel

3 biji lombok hijau, dirajang tipis

1/2 sdt garam

1/2 sdt garam

2 siung bawang putih, cincang

air secukupnya

Cara menbuat:

1. Bersihkan kerang, kukus sampai matang ( mengukusnya jangan terlalu lama, karena kalau lama bisa membuat kerang menjadi keras).

2. Kupas kerang, buang kulitnya sebagian, kemudian sisihkan.

3. Tumis bawang putih sampai harum, masukan lombok, tomat, saos sambel, garam & gula, aduk rata tambahkan air. Setelah air mendidih, masukan kerang dan aduk rata.Masak sampai tercampur rata. Kerang siap untuk dihidangkan.

Official Launch : New Home for Ven’s Kitchen Blog

Halo semua,

Hari ini 10 April 2008, blog saya resmi pindah rumah dari blogger ke www.EvennaChang.com yang berbasis wordpress. Suami saya yang pindahin setelah bekerja keras lebih dari 12 jam.

Rumah baru ini diharapkan membuat saya aktif lagi memposting koleksi resep masakan saya yang ternyata dibaca oleh banyak orang Indo di seluruh dunia. Ada yang dari Australia, Inggris, Jerman, Belanda, Amerika, Singapore dan masih banyak lagi. Saya jadi dapat banyak teman baru melalui blog ini.

So, saya akan aktif lagi, tolong kasi komentar, saya akan rajin membalas komentar Anda.  Dan bila ada usulan resep atau hal lain, silakan kontak saya.

Semoga Anda semua ‘menikmati’ resep masakan saya 🙂

Kwetiaw Goreng Singapore

Karena sering makan di Eaton, dan saking senangnya makan kwetiaw goreng singapore, akhirnya aku coba memasak di rumah. Kwetiaw mentahnya beli di Eaton, sampai rumah, dimasak sendiri. Hasilnya , hampir sama kan dengan yang biasa di sajikan di Eaton….
Rasanya pun seenak Eaton. Yummy…..

Bahan :

  • 200 gram kwetiaw
  • 1 butir telur kocok
  • 3 ekor udang
  • 30 gram daging ayam
  • 3 biji baso ikan, potong menjadi 4 bagian
  • 1 batang lap ciong, iris.
  • 50 gram tauge
  • 3 siung bawang putih cincang
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm garam
  • 1 sdm kecap manis
  • ½ sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, potong-potong
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat :

  1. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, sampai berubah warna, masukan udang, ayam, baso ikan, lap ciong. Masak sampai berubah warna, Kemudian masukan semua bumbu.
  2. Masukan kwetiaw dan tauge, aduk sebentar, masukan telur, aduk sampai rata, Masukan daun bawang, aduk. Tambahkan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, Sajikan hangat.

Putri Kaca

Puding ini bisa dijumpai di Banjarmasin. Dan diberi nama putri kaca karena agar-agar yang melapisi isinya terlihat seperti kaca. Kalau di Banjarmasin biasanya membuatnya dibungkus dengan daun pisang. Tapi karena kalau pakai daun pisang agak ribet, akhirnya saya membuatnya menggunakan mangkok.
Rasanya tidak diragukan lagi deh. Pasti enak sekali. Silahkan mencoba…

Bahan agar-agar:

  • 1 bungkus agar-agar
  • 150 gram gula
  • 450ml air

Bahan isi :

  • 6 Butir telur
  • 1 ons kelapa parut
  • 100 gram gula merah
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat :

  1. Kocok telur, kelapa parut, daun pandan dan gula sampai adonan tercampur rata. Kemudian peras dengan kain kasa, tambahkan 1 sdm tepung beras kedalam adonan, aduk adonan sampai rata, kemudian masukan adonan di cetakan dan kukus sampai matang.
  2. Rebus agar-agar bersama gula dan air.
  3. Masukan agar-agar ke dalam mangkok bundar, tunggu sampai sedikir dingin, kemudian masukan adonan isi, dan tutup atasnya dengan bagar-agar lagi, diam kan sampai dingin, Sajikan.

Risoles

Camilan yang satu ini emang enak, hanya saja cara bikinnya agak sedikit ribet.
Tapi kalau sudah matang, makannya nggak berhenti, habis enak banget sih…

Bahan Kulit:

  • 250 gram tepung terigu
  • 3 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Santan

Bumbu halus:

  • 10 biji bawang merah
  • 2 biji bawang putih
  • 1½ biji pala diparut
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir

Bahan Isi:

  • ½ kg daging ayam dipotong kotak-kotak kecil
  • 3 ons udang cincang
  • 3 buah wortel potong kotak-kotak kecil
  • 1 kaleng susu cornation encer
  • ¼ kaleng susu kental manis
  • Daun seledri secukupnya dicincang
  • Batang seledri diikat
  • 1 sdm tepung kanji dicampur dengan sedikit air
  • 2 sdm tepung terigu dicampur dengan sedikit air
  • 3 sdm Bawang putih goreng
  • 6 sdm bawang merah goreng
  • Margarin untul menumis
  • 3 butir telur rebus ( potong-potong)

Bahan Lapisan:

  • 2 butir telur kocok lepas
  • Tepung roti secukupnya

Cara membuat Isi:

  1. Panaskan wajan, cairkan margarin, kemudian masukan bumbu halus, dan aduk-aduk sampai berubah warna.
  2. Masukan wortel dan batang seledri, masak kurang lebih 3 menit.
  3. Masukan ayam, masak sampai matang.
  4. Masukan udang masak kurang lebih 2 menit.
  5. Masukan 1 kaleng susu cornation, masak sampai susu tinggal ½ kaleng.
  6. Masukan ¼ kaleng susu kental manis, masak sampai mendidih.
  7. Masukan tepung terigu dan tepung kanji yang sudah dicampur air. Masak sampai meletup-letup dan mengental. Terakhir masukan bawang merah goreng dan bawang putih goreng. Matikan api. Aduk-aduk selama kurang lebih 5 menit. Masukan daun seledri.

Cara Membuat Kulit :

  1. Campur semua bahan jadi 1 dengan blender.
  2. dadar adonan diatas wajan tipis-tipis.

Isi kulit resoles tersebut dengan bahan isian, tambahkan irisan telur rebus kemudian gulung, celupkan kedalam telur kocok dan kemudian celupkan ke tepung roti, goreng.

Lontong Banjar


Lontong Banjar…..rasanya gurih dan hhmmmm… enak-enak-enak…..

Bahan :

  • Lontong
  • Masak habang
  • 300 gram nangka muda
  • 1 liter santan
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm gula

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 6 bawang merah
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm laos

Cara membuat:

  1. Rebus nangka hingga empuk, saring, buang airnya, sisihkan.
  2. Gangan nangka:Masukan santan dalam panci, tambahkan bumbu halus dan nangka muda, tambahkan garam dan gula. Masak sampai matang.
  3. Potong-potong lontong dan susun dipiring. Siram dengan gangan nangka. Tambahkan masak habang diatasnya. Sajikan.

Nasi Kuning Banjar

kalau di jakarta ada nasi uduk, di Surabaya ada nasi campur, maka di Banjar ada nasi kuning. Masakan Banjar yang satu ini, merupakan makanan yang biasa di santap sebagai sarapan di pagi hari. Dan hampir disemua depot atau warung, menyediakan nasi kuning ini di pagi hari.
kalau teman-teman berkunjung ke Banjar, jangan lupa untuk mencoba menu yang satu ini.

Bahan:

  • 3 Cup beras
  • 6 cup santan
  • 2 cm kunyit, haluskan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 sdt garam

Pelengkap:

  • Masak habang
  • Bawang goreng

Cara membuat:

1. Cuci beras sampai bersih, aron dengan santan, garam, kunyit, dan daun jeruk.

2. Kukus sampai matang. Sajikan dengan bahan pelengkapnya.

Masak Habang Banjar

Masak habang, wah… kalau pernah tinggal di Banjar, pasti tahu masakan ini. Apalagi masakan ini sangat populer. Ikan haruannya…… Hmmm Yummy…..


Bahan:

  • 1 ekor ikan haruan ( gabus)
  • 1 ekor ayam potong-potong
  • 5 butir telur rebus
  • 1 sdm garam
  • 2 sdt gula
  • 1 ons lombok merah kering
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1.5 L air

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 8 bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kencur

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan gabus, potong-potong, lumuri dengan air asam jawa dan sedikit garam, goreng hingga matang dan agak kering. Sisihkan.
  2. Rebus lombok merah kering sampai lembek, saring dan haluskan.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum dan berubah warna, tambahkan lombok merah yang sudah dihaluskan.
  4. Setelah bumbu berubah warna dan harum, masukan ayam, aduk sampai bumbu menyatu pada ayam, masukan ikan gabus dan telor. Aduk sebentar, tambahkan air, dan sisa bumbu, masak sampai matang, dan kuah agak menyusut. Sajikan.

Garlic Bread


Biasanya sih makan Garlic Bread di Pizza Hut, Karena doyan, akhirnya aku coba bikin sendiri. Ternyata roti bikinanku enak juga….


Bahan:

  • 1 bh Roti Baguette
  • 30 gram mentega
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Peterseli cincang secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Potong roti bagguete kira-kira 2 cm.
  2. Campurkan mentega, bawang putih dan peterseli, aduk hingga rata. Oleskan campuran mentega tadi ke atas roti yang telah dipotong.
  3. Panggang dalam oven sebentar. Sajikan hangat.