Udang Balado

Udang? Hmm, dimasak apa aja enak. Apalagi kalau musim petai seperti sekarang ini, Dimasak campur petai, enak bener rasanya. Sebenarnya masakan ini terinspirasi dari salah satu tayangan Travel & Living ( judul acaranya lupa) Karena melihat Udang dimasak pedas begini, suamiku bilang, “boleh dicoba tuh”, katanya. Jadilah resep udang balado kreasiku, dengan resep yang sangat sederhana. Silahkan dicoba…… ( Bagi para penggemar petai, petainya boleh ditambah).

 

Udang_Balado1.jpg

Bahan :

500 gr Udang

1 ons petai

1 sdm kecap manis

Minyak untuk menumis

Bumbu halus :

2 siung bawang putih

3 bj lombok merah, buang bijinya

1 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Kupas udang, sisakan bagian ekor, kerat punggungnya, cuci sampai bersih.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan udang, masak sampai udang matang, tambahkan kecap manis, aduk rata, kemudian masukan petai. Aduk sebentar, sajikan.

Es Mutiara

Belakangan in, Surabaya lagi panas-panasnya. Paling seger memang minum es. Nah, es yang satu ini gampang banget membuatnya. Disamping rasanya yang seger abis, sekali mencoba pasti ketagihan….

Es_mutiara.jpg

Bahan :

100 gr mutiara

100 gr gula pasir

500 ml juice semangka murni

Lychee secukupnya

Buah semangka segar secukupnya

Es batu secukupnya

 

Cara membuat :

1.      Didihkan air dan gula, masukan mutiara, masak sampai mutiara matang. Setelah matang, angkat, saring, masukan dalam air es.

2.     Siapkan gelas/ mangkuk, masukan mutiara, masukan juice semangka, kemudian taruh lychee dan potongan buah semangka segar diatasnya. Tambahkan es batu. Sajikan.

Cocktail Pancake

Karena Natha sudah mulai sekolah, maka mau tidak mau membuatkan camilan untuk bekal sekolahnya. Pancake cocktail ini rasanya gurih dan manis. Bagi yang punya anak dan bingung mau ngasih bekal apa buat anaknya, cobain deh resep yang satu ini, pasti anak-anak ketagihan…..

Pancake_cocktail.jpg

Bahan Crepe :

80 Gram tepung terigu

2 butir telur

20 Gram gula pasir

150 ml susu cair

50 gram mentega dilelehkan

¼ sdt garam

Bahan Isi:

300 ml susu cair

30 gram tepung maizena

75 gram gula pasir

1 kuning telur

1 ½ sdm rhum

1 kaleng cocktail

Cara Membuat :

  1. Crepe : Kocok telur sampai mengembang, kemudian masukan semua bahan, campur jadi satu, saring. Buat dadar tipis- tipis, sisihkan.
  2. Isi : Aduk susu, gula pasir dan maizena. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup, Angkat. Tambahkan kuning telur, aduk rata. Masak kembali sambil diaduk hingga meletup-letup.
  3. Tambahkan cocktail kaleng, aduk rata.
  4. Sendokan isi ke atas crepe, lalu gulung. Sajikan.

Fu Yung Hai

Daging kepiting? Hmmm…. diapain aja tetap enak kok. Apalagi bagi para pengemar makanan satu ini. Fu yung Hai… Rasa saosnya yang khas, kecut-kecut seger… pasti mengugah selera. Apalagi cara masaknya gampang……. Hmmmm…… Yummmy…

 

Fu_Yung_Hai.jpg

Bahan:

100 gram daging kepiting

2 butir telur

1 sdm tepung tapioka

1 bh wortel, potong korek api

1 sdt garam

½ sdt merica

Air sedikit

Minyak untuk mengoreng

 

Bahan Saos:

1 bh bawang bombay iris tipis

2 siung bawang putih, di rajang kasar

5 sdm saos tomat

1 sdm kanji yang sudah dicampur air

1 sdm kacang polong

2 sdm gula

¼ sdt garam

 

Cara membuat:

  1. Campur bahan Fu yung hai jadi satu, kemudian goreng diatas wajan anti lengket.
  2. Setelah matang taruh di piring saji.
  3. Saos: Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukan kacang polong, tambahkan saos tomat, gula, garam, aduk sebentar, Kemudian masukan kanji yang sudah dicampur air. Masak sampai mengental. Siram ke atas fu yung hai. Sajikan.

Tumis Kerang Batik

 

 

Memasak kerang batik cukup mudah. Direbus saja, kemudian di cocol dengan sambel juga enak.  Di tumis juga enak. Hanya saja yang perlu diperhatikan kalau memasak kerang batik, tidak perlu ditambahkan garam, karena kerang batik sudah asin.

 

Tumis Kerang Batik_1.jpg

Bahan:

1 Kg kerang batik

5 Siung bawang putih, di gepruk

1 ruas Jahe diiris tipis secukupnya

½ sdm saos tiram

½ sdm gula

Minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kerang, tiriskan.
  2. Tumis bawang putih dan jahe, sampai harum, masukan kerang, aduk sebentar. Tambahkan saos tiram dan gula, aduk sampai tercampur rata. Masak sampai matang. Sajikan.

Fresh Salad – Terima Pesanan Salad Buah dan Cocktail

Brosur Fresh salad_1.jpg

Hai semuanya……

Mulai awal bulan Mei lalu, Ven’s Kitchen terima pesanan salad lho.

Salad cocktail dan buah segar. Rasanya pasti enak deh. Kalau ada yang mau pesan contact me ya…. ( Pesan antar seluruh kota Surabaya). Untuk sementara tidak terima pesanan dari luar negeri 😉 kecuali Anda mau bayar biaya kirim express via Fedex / DHL he..he..

Ang Sio Hie Bien

Makanan satu ini sering dijumpai di resto chinese food. Dan makanan berbahan dasar ikan ini digemari hampir semua orang, karena rasa ikan yang gurih berpadu dengan  rasa asam dan manis. Siapapun yang mencoba pasti ketagihan, Mmmm…. Yummmy…

Angsio_Hie_Bien.jpg

Bahan :

500 gram fillet ikan kakap

100 gram tepung bumbu

1 butir telur, kocok lepas

1 bh bawang bombay

2 siung bawang putih cincang

1 buah paprika merah

1 buah kyuri

Nanas secukupnya

1/4 sdt garam

1/2 sdm gula

1/4 sdt merica

4 sdm saos tomat

1 sdm kanji dicampur air

Cara membuat:

1.  Potong-potong  fillet ikan, balurkan ke dalam telur, campur dengan tepung bumbu, kemudian goreng dalam minyak panas, sisihkan. Tata dalam piring saji.

2. Tumis  bawang putih dan bawang bombay sampai harum, kemudian masukan paprika merah, kyuri dan nanas, aduk sampai layu, tambahkan saos tomat, garam, gula, merica, aduk sampai meletup-letup, kemudian masukan air kanji, aduk rata. Siram saos tersebut pada ikan yang telah digoreng tadi. Sajikan.

Pesanan Nasi kotak

Minggu lalu, aku terima pesanan nasi kotak untuk 3 hari. Totalnya 1200 kotak. Ini merupakan pesanan terbanyak yang pernah kuterima. Seneng sih dapat pesanan nasi kotak dengan jumlah segitu. Karena biasanya aku cuma terima pesanan dalam jumlah yang relatif sedikit ( kira-kira 100-150 kotak/hari).

Untuk nasi kotak, waktu yang paling banyak dipergunakan adalah untuk menyiapkan bahan dan membungkus nasi. Bayangkan, untuk mengemas nasi kotak sebanyak 200 kotak diperlukan waktu kira-kira 1,5 jam ( 3 orang). Wah, lama juga ya….. Bagi teman-teman yang membuka usaha catering mungkin mengemas bukan bagian yang sulit. Tapi bagiku itu merupakan pekerjaan akhir yang paling berat, karena harus menghitung waktunya dengan bener, takut telat… he…he…he…

Mudah- mudahan setelah pesanan yang satu ini, aku makin banyak dapat pesanan nasi kotak…….

Tamie Goreng ala Ven’s

Rasa mie yang kriuk-kriuk seperti kerupuk ini, dikenal dengan nama tamie. Cara membuatnya sih gampang. Karena cuma disiram dengan campuran daging dan sayur. Lauk yang disiramkan ke atasnya mirip dengan cap cay. Jadi gampang banget kok memasaknya. Bagi para penggemar mie, perlu nyoba resep yang satu ini nih….

 

 

Tamie_Goreng.jpg

Bahan :

 

1 bungkus tamie, goreng

1 butir telur kocok

100 gram daging ayam/babi

50 gram udang

Jamur hioko, rendam air, iris tipis

1 ikat pok choy

3 siung bawang putih cincang

Garam secukupnya

½ sdt merica

1 sdm gula

½ sdm kecap ikan

1 sdm saos tiram

1 sdm minyak wijen

1 sdm kanji, larutkan dengan sedikit air

Minyak untuk menumis

Air secukupnya

 

Cara Membuat :

 

  1. Goreng telur sampai matang, orak-arik, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukan daging ayam dan udang masak sampai matang. Tambahkan kecap ikan. Saos tiram, aduk sampai rata. Masukan jamur, telur dan pok choy, aduk rata, Masukan semua sisa bumbu. Tambahkan air, setelah air mendidih, masukan air kanji, aduk sampai mengental dan siram ke atas mie.
  3. Tamie siap dihidangkan.

Ceker Ayam Tausi

Ceker Ayam merupakan salah satu makanan favorit ku. Walaupun nggak semua orang menyukai ceker ayam. Makanan ini biasanya selalu ada direstaurant dim sum. Dan rasanya pun enak, agak kenyil-kenyil, dan rasanya empuk sekali. Tulangnya pun sudah terlepas semua. Bagi yang belum pernah nyoba, coba dulu aja makan menu ini direstaurant dim sum, setelah itu kalau doyan, silahkan coba bikin sendiri……..

Resep ini merupakan hasil modifikasi dari kursus di Ming Garden, dan dari resep yang saya dapatkan dari teman saya.

Ceker_ayam_tausi.jpg

Ceker Ayam Tausi

Bahan :
½ kg kaki ayam
1 sdm kecap mushroom

Bumbu perendam :

4 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, iris tipis-tipis
½ sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap mushroom
1 sdm ang ciu
1 sdm gula pasir
2 buah pekak
1 sdm angkak merah (diulek)
½ sdt garam
½ sdt lada
¾ ltr air

Bumbu tausi:
2 siung bawang putih cincang
1 sdm tausi
Minyak wijen secukupnya
2 sdm sagu, campur sedikit air

Cara membuat :

1. Bersihkan ceker ayam, lumuri dengan garam & air jeruk nipis, biarkan 10 menit, cuci bersih, tiriskan.

2. Siramkan kecap mushroom pada ceker ayam yang telah dibersihkan.

3. Goreng ceker ayam sampai kering, angkat, langsung rendam dalam air es, sekitar 1 jam.

4. Tumis bawang putih & jahe, sampai harum, masukkan ceker ayam dan semua bumbu perendam. Masukkan air dan masak sampai ceker empuk ( di presto).

5. Setelah ceker empuk, sisihkan beserta kuahnya.

6. Tumis bawang putih sampai harum, , masukkan tausi, aduk sebentar, kemudian masukkan ceker yang telah empuk beserta sisa kuahnya. Tambahkan minyak wijen & air sagu. Aduk sampai mengental, angkat, ceker siap dihidangkan.