Nasi Kuning Banjar

kalau di jakarta ada nasi uduk, di Surabaya ada nasi campur, maka di Banjar ada nasi kuning. Masakan Banjar yang satu ini, merupakan makanan yang biasa di santap sebagai sarapan di pagi hari. Dan hampir disemua depot atau warung, menyediakan nasi kuning ini di pagi hari.
kalau teman-teman berkunjung ke Banjar, jangan lupa untuk mencoba menu yang satu ini.

Bahan:

  • 3 Cup beras
  • 6 cup santan
  • 2 cm kunyit, haluskan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 sdt garam

Pelengkap:

  • Masak habang
  • Bawang goreng

Cara membuat:

1. Cuci beras sampai bersih, aron dengan santan, garam, kunyit, dan daun jeruk.

2. Kukus sampai matang. Sajikan dengan bahan pelengkapnya.

26 Replies to “Nasi Kuning Banjar”

  1. Halo, asal saya dari Balikpapan (skrg di Sby), dulu waktu masih kecil suka makan nasi kuning banjar buat sarapan 🙂
    Nasi Kuning (naskun) Banjar emang enak banget. Beda dengan naskun Jawa. Kalo di Surabaya rata2 lauknya kering. Sedangkan naskun Banjar biasanya ada iwak basahnya semacam bumbu bali, semur atau bistik.
    Lagian kalo di Sby, jarang orang makan naskun buat sarapan, biasanya pesen kotakan buat special occasion aja.

    Salam kenal.

    Jiewa
    http://www.inijie.com

  2. Halo Jiewa, Di Sby ada juga kok yg jual nasi kuning Banjar, Biasanya aku beli di jalan Kertajaya Indah. Ada tulisannya Nasi kuning Banjar dan sdh dibungkus. Coba aja… LUmayan kok rasanya.

  3. halo, aku juga asalnya dari balikpapan lho:) tapi sekarang menetap di melbourne. kapan hari itu, aku kangen buanget sama nasi kuning banjar, trus aku coba ikutin resep nasi kuning dari buku, tahu2nya rasanya kurang sip krn pake jinten, kayak nasi kuning india jadinya:)trus iseng2 aku browsing website n ketemu ini, begitu liat gambar nasi kuningnya, wah langsung kebayang enaknya, nyam..nyam..nanti aku coba dhe resepnya. thanks ya n salam kenal juga

  4. Halo Lenny, Thanks ya udah mampir ke blog-ku. Kapan ada rencana pulang ke Balikpapan? Imlek 2008 aku ke Samarinda dan Balikpapan. Kalau kamu juga pulang, mungkin kita bisa ketemuan.
    Salam kenal juga ya….

  5. Hi Ven,
    aku senang ketemu websitemu, bakal banyak bantu menyembuhin kangenku sama makanan banjar terutama. wah kamu mampir ke balikpapan juga yah? aku juga pulang ke kampung halaman pas imlek karena sdh 2 tahun gak pulang. mungkin kita bisa ketemuan dan berdiskusi soal masakan, maybe be barter recipes:)sementara aku banyak waktu luang, juga suka coba2resep karena nyiapin lunch box buat my hubby, ada yg enak2 juga lho. btw, aku juga mampir ke surabaya 1 minggu sebelum imlek, catch up sama old friends, wah kangen juga sema semua, yah orang2nya ya makanannya juga, hehehe.

  6. Hi Ven,
    Bolak-balik liat nasi kuning + masak habang di warung2 ndak tertarik nyoba. Bukan apa-apa, memang ndak suka jajan aja. Berhubung resep udah di depan mata, terjun deh ke dapur.. The simplest way.. semua masuk rice cooker.. hehehehe.. Tapi enak aja kok.. malah ada kerak2nya.
    Thanks ya..

  7. Hi Evenna, salam kenal. Websitenya keren banget nih. Nemu webmu pas brosing cari resep masakan banjar. Txs banget…resep2nya banyak membantu nih. Bulan depan aku ada rencana pindah ke Banjarbaru ngikut suami..mau nanya kali2 Ven tau nama n alamat toko TBK di Banjarmasin (spt Arvian or Sinar Yong gitu). Aku hobby banget masak n suami aku suka banget cheesecake, lagi ngebayangin kalo ga ada toko TBK di Banjar kacau deh…aku tunggu infonya ya…txs a lot sebelumnya ^_^

  8. Hai Helen, salam kenal juga….
    Di Banjar ada beberapa tbk. hanya saja lengkap/ tidak, aku kurang tahu.
    1.toko Robert jl.vetran ,2. toko Jelsi jl.kuripan samping pasar kuripan, 3.Olivia jl. belitung.
    Sorry alamat lengkapnya aku kurang tahu.
    Semoga membantu.

  9. Hai Evenna, salam kenal dari Inggris 🙂 Thanks ya website-mu udah jadi berkat nih buat aku. Aku nemu website-mu pas browsing cari ttg capcay goreng. Kebetulan aku udah cari bahkan print capcay dari resep lain, tapi kok yang capcay goreng gak ada. Kalo pun ada paling caycay kuah, itupun cara bikinnya kikrik banget. Aku kan pemula, juga baru sebulan di Inggris, hamil muda lagi n nyidham-nya masakan2 Indonesia. Jadi sekali lagi ‘ma kasih banget. JBU all!

  10. Hai Ratih, salam kenal juga ya…
    Venna senang, dengan adanya blog ini bisa mengobati rasa kangennya Ratih dengan masakan Indonesia. Walaupun resepnya sederhana. Tapi Venna harap rasanya luar biasa…..
    Semoga hamilnya menyenangkan, JBU…..

  11. hai..salam kenal..Mau nanya dong ada ngga sih yg jual nasi kuning Banjar/Samarinda di Jakarta? Thx..

  12. Sarah, bumbu kacang unt Siomay:
    Bahan:
    200 gram kacang tanah goreng
    3 biji cabe merah, buang bijinya
    3 bh bawang merah
    gula pasir
    garam
    2 sdm gula merah, disisir
    50 ml minyak sayur
    500ml air
    1/2 sdt cuka masak
    Cara:
    campur semua bahan, haluskan dengan blender, kecuali cuka.
    Kemudian masak hingga mendidih dan kental. Setelah agak dingin, tambahkan cuka. aduk rata.

  13. Hi ven,
    Thanks bngt ya bt bumbu siomaynya.aq dah putus asa tdnya coz kok gak ada balasan.tp sekarang aq dah lega akhirnya dpt jg resepnya,lgsg deh aq praktekin n hasilnya…MUUANTAAAP!!! Pokoknya two tumbs up to you..
    Thanks..

  14. Hehehe… Kadang-kadang nggak bisa langsung balas, karena banyak kerjaan. Jadi harap maklum.
    Thanks juga Sarah…

  15. Hi Evanna, salam kenal ya… udah beberapa kali nih lihat2 resep2nya terutama resep2 daerah bajarnya. aku mau numpang ngopi buat dicoba di rumah ya… ngijinnya sekalian bandrolan aja ya 🙂 Tfs.

  16. Salam..saya imigrasi urang Banjar generasi ke empat dari paninian datu yang tinggal di Tanjung Karang Selangor Semenanjung Malaysia,kepingin skali handak marasai makanan identiti sendiri yang tiada di Semenanjung.

  17. di samarinda nasi kuning dan soto banjar jadi sarapan wajib setiap pagi he he he he salam kenal semua

  18. Asking questions are genuinely pleasant thing if you
    are not understanding anything completely, except this paragraph offers pleasant understanding even.

Comments are closed.