Masak Habang Banjar

Masak habang, wah… kalau pernah tinggal di Banjar, pasti tahu masakan ini. Apalagi masakan ini sangat populer. Ikan haruannya…… Hmmm Yummy…..


Bahan:

  • 1 ekor ikan haruan ( gabus)
  • 1 ekor ayam potong-potong
  • 5 butir telur rebus
  • 1 sdm garam
  • 2 sdt gula
  • 1 ons lombok merah kering
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1.5 L air

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 8 bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kencur

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan gabus, potong-potong, lumuri dengan air asam jawa dan sedikit garam, goreng hingga matang dan agak kering. Sisihkan.
  2. Rebus lombok merah kering sampai lembek, saring dan haluskan.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum dan berubah warna, tambahkan lombok merah yang sudah dihaluskan.
  4. Setelah bumbu berubah warna dan harum, masukan ayam, aduk sampai bumbu menyatu pada ayam, masukan ikan gabus dan telor. Aduk sebentar, tambahkan air, dan sisa bumbu, masak sampai matang, dan kuah agak menyusut. Sajikan.

10 Replies to “Masak Habang Banjar”

  1. waaa…jd kepengen ney,uda kangen mskan banjar.mn libur panjang kul msh lama lg.huhuhu…dibanjar tgl dmn na?

  2. Halo Anabella, Dicoba aja resep masakan Banjarnya. Siapa tahu kangenya bisa terobati. Aku di Banjar tinggal di Veteran.

  3. Ven,
    masih inget sama aku kan? imlek lalu aku jadi pulang ke bpn, sayang gak ada kesempatan ketemu sama kamu:)
    Oh yah, aku sdh coba resep masak habang ini pas aku bikin nasi kuning sekalian, wah ampun pedesnya gak ketulung-tulung dhe, gak tahu kenapa, mungkin cabe kering di Melb yang import dari China atau Thailand lebih pedes dari di Indo, padahal takarannya sdh aku kurangin separoh lho, karna bojoku gak suka makanan pedes, tapi tetep pedes minta ampun, akhirnya aku tambahin tomat:)
    Ta tunggu resep2 masakan kalimantan dan suroboyo yg lainnya yah, masakanmu enak2 pol:)

  4. Halo Len,
    Masih ingat kok.
    Wah, biasanya masak habang pake cabe kering besar yang disini nggak terlalu pedes kok. Cabenya dikurangi aja. 🙂
    Tunggu ta resep-resep Surabaya dan Banjarnya….

  5. Kalo di Banjar sih biasanya temannya gangan nangka
    ( sayur lodeh nangka muda). Tapi kalo mau ditambahin tumis sayuran boleh aja. Tergantung selera…
    Thanks juga ya….

  6. hai mbk…
    pertama met kenal ya…saya pernah coba buat masak habang nie…padahal cabe keringnya udah direndam ma air panas tapi kok pahit ya jadinya…kenapa thu ya

Comments are closed.