Sambel Goreng Tahu Tempe

Tahu tempe mengandung protein yang cukup banyak, sehingga bagus untuk dikonsumsi sehari-hari. Cara memasaknya pun gampang. Nah, sambal goreng tahu tempe ala Ven’s boleh dicoba deh…

Bahan:

  • Tempe, dipotong-potong( 1cm X 1cm X 3cm)
  • Tahu, dipotong-potong( 1cm X 1cm X 3cm)
  • 1 sdm kecap manis
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • Air


Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 3 buah cabe merah besar, buang bijinya

Cara membuat:

  1. Goreng tempe dan tahu hingga matang, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan tahu dan tempe, tambahkan kecap manis, gula, garam, air, aduk sampai tercampur rata. angkat. matikan api. Hidangkan.

Botok Tahu Tempe dan Alur

Sayuran yang satu ini enak banget jika di makan bersama ikan pindang / pepes pindang. Pokoknya klop banget deh. Bener-bener makanan Khas Jawa deh…

Bahan:

  • 1 buah kelapa parut, pilih kelapa yang muda
  • 100 gram alur
  • 1 buah tahu, potong dadu
  • 1 buah tempe, potong dadu
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula

Bumbu halus:

  • 1 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 2 buah lombok besar
  • 1 cm kencur

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan dan bumbu halus jadi satu, kecuali daun pisang. Aduk sampai rata. Sementara itu didihkan air dalam dandang.
  2. Bungkus botok dalam daun pisang. Kukus hingga matang. Sajikan.

Tahu Isi

Ini pertama kalinya aku membuat tahu isi sendiri. Ya, bentuknya kurang bagus (maklum edisi perdana he…he…he…) Biasanya sih aku beli. tapi belakangan kok tahu isi yang aku beli udah nggak terasa dagingnya. Jadi aku pikir coba buat sendiri ah, ternyata lumayan juga hasilnya.

Untuk: 20 buah

Bahan:

  • 150 gram udang kupas, cincang kasar
  • 250 gram Daging giling
  • 80 gram tepung tapioka
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm bawang putih goreng, haluskan
  • 2 butir putih telur
  • 40 ml air es
  • 10 buah tahu putih

Cara membuat:

  1. Campur udang, daging, air es, telur, tepung tapioka, merica, garam, dan bawang putih. Aduk dan banting-banting hingga kalis. Sisihkan.
  2. Belah tahu menyerong, Buat lubang di salah satu sisi tahu secara perlahan.Masukan adonan tadi pada tahu yang sudah dilubangi.
  3. kukus, tahu hingga matang, angkat.
  4. Panaskan minyak, goreng tahu isi hingga kekuningan, angkat tiriskan. Sajikan hangat dengan saos sambal.

Tahu isi ini bisa dimasak berkuah, dengan campuran baso.