Kroket telur

Kroket biasanya terbuat dari kentang, tapi yang saya bikin ini nggak pakai kentang sama sekali. Resepnya saya dapat dari majalah sedap. Cara membuatnya gampang. OK juga buat sarapan pagi.

Untuk: 10 buah

Bahan :

  • 3 sdm mentega
  • 60 gram tepung terigu
  • 400 ml susu cair
  • 2 butir telur rebus, potong dadu, kecil-kecil
  • 2 lembar daging asap, dipotong kotak, kecil
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt pala
  • 1 sdm gula

Bahan Pelapis:

  • 2 butir telur kocok lepas
  • 150 gram tepung roti

Cara membuat:

  1. Lelehkan mentega, masukan terigu sambil diaduk hingga mengumpal. Tuang susu sambil diaduk rata hingga meletup-letup. Tambahkan telur rebus, daging asap, dan semua bumbu. Matikan api.
  2. Buat adonan berbentuk oval, gulingkan ketepung roti, setelah itu celupkan ke telur, kemudian gulingkan lagi ke tepung roti.
  3. Goreng dalam minyak panas sampai kering dan matang. Sajikan.

Singkong Keju

Singkong , siapa sih yang nggak tahu. Dan sepertinya semua orang doyan. Kalau di Surabaya banyak sekali ditemui pedagang singkong keju di pinggir-pinggir jalan. Saya sih termasuk salah satu penggemar singkong. Tapi karena saya punya anak yang masih kecil, dan suka sekali makan, saya jadi takut untuk beli di pinggir jalan. Karena ngeri lihat minyaknya dan nggak tega membiarkan si kecil ikutan makan. Jadi saya bikin sendiri aja singkong keju ini. Sebenarnya namanya aja singkong keju, tapi bikinnya nggak pake keju kok.
Camilan ini enak lho untuk dinikmati pada sore hari, apalagi kalau lagi hujan, dingin-dingin, enak lho.

Bahan:

  • 1 Kg singkong, cuci bersih, kupas, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • Garam secukupnya
  • 1.5 L air untuk merebus
  • 2 sdm margarin
  • Minyak

Cara membuat:

  1. Rebus singkong bersama bawang putih, setelah mendidih tambahkan garam. Setelah empuk, matikan api. Segera angkat singkong dan siram dengan air dingin, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tambahkan margarin, jika minyak sudah panas betul, goreng singkong sampai berwarna kekuningan. Angkat, Sajikan

French Baguette dengan Topping

Roti Prancis/ Roti keras, begitu kebanyakan orang menyebutnya. Mungkin karena agak alot, dan teksturnya lain dari roti biasa.
Karena itulah aku mencoba membuat roti ini menjadi hidangan yang mengiurkan bagi siapa aja yang melihatnya. Terlebih-lebih my hubby, dia doyan banget. Karena begitu digigit, langsung terasa kriuknya.

Bahan:

  • 1 buah French Baguette / roti Prancis
  • 1 buah bawang bombay
  • 100 gram daging giling
  • 2 buah sosis, potong dadu
  • 1 buah paprika hijau, potong dadu
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 10 buah jamur champignon segar, potong dadu
  • Mentega untuk menumis
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • 2 sdm saos tomat

Cara membuat:

  1. Roti diiris menyerong sebesar 1-1,5 cm. kemudian panggang dalam oven.
  2. Tumis bawang bombay dengan mentega sampai layu, Kemudian masukan daging giling, sosis, masak sampai matang. Masukan paprika hijau, jamur, dan tomat, aduk sampai tercampur rata. Masukan saos tomat, dan bumbu lainya, aduk sampai tercampur rata. Matikan api.
  3. Susun roti diatas piring, oleskan toping diatas roti, Boleh ditaburi parutan keju jika mau, sajikan.

Money Bag


Bahan :

  • 10 lembar kulit kembang tahu/ kulit pangsit
  • 10 biji telur puyuh
  • 100 gram udang cincang
  • 300 gram daging ayam cincang
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 1 butir kuning telur
  • kucai

Saos:

  • 2 buah bawang putih cincang halus
  • 2 buah cabe merah cincang halus
  • 3 sdm saos tomat
  • 1 sdm sambel botol
  • 1 sdm kanji di campur sedikit air.
  • 2 sdm gula
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur udang, ayam, garam, merica dan gula jadi satu. Aduk sampai rata. Tambahkan 1 buah kuning telur. Campur sampai rata. Bagi adonan menjadi 10 buah.
  2. Ambil 1 buah adonan, isi dalamnya dengan telur puyuh, bungkus dalam 1 lembar kulit kembang tahu. Ikat dengan kucai. Lakukan hal yang sama terhadap adonan lainnya.
  3. Panaskan minyak, goreng sampai matang dengan api sedang. Hidangkan panas, bersama saosnya.
  4. Saos: Tumis bawang putih dengan sedikit minyak, tambahkan cabe merah cincang, aduk sebentar, tambahkan saos tomat, sambel botolan, gula dan garam aduk rata sampai meletup-letup. Terakhir masukan air kanji, aduk rata.