Cocktail Pancake

Karena Natha sudah mulai sekolah, maka mau tidak mau membuatkan camilan untuk bekal sekolahnya. Pancake cocktail ini rasanya gurih dan manis. Bagi yang punya anak dan bingung mau ngasih bekal apa buat anaknya, cobain deh resep yang satu ini, pasti anak-anak ketagihan…..

Pancake_cocktail.jpg

Bahan Crepe :

80 Gram tepung terigu

2 butir telur

20 Gram gula pasir

150 ml susu cair

50 gram mentega dilelehkan

¼ sdt garam

Bahan Isi:

300 ml susu cair

30 gram tepung maizena

75 gram gula pasir

1 kuning telur

1 ½ sdm rhum

1 kaleng cocktail

Cara Membuat :

  1. Crepe : Kocok telur sampai mengembang, kemudian masukan semua bahan, campur jadi satu, saring. Buat dadar tipis- tipis, sisihkan.
  2. Isi : Aduk susu, gula pasir dan maizena. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup, Angkat. Tambahkan kuning telur, aduk rata. Masak kembali sambil diaduk hingga meletup-letup.
  3. Tambahkan cocktail kaleng, aduk rata.
  4. Sendokan isi ke atas crepe, lalu gulung. Sajikan.

Risoles

Camilan yang satu ini emang enak, hanya saja cara bikinnya agak sedikit ribet.
Tapi kalau sudah matang, makannya nggak berhenti, habis enak banget sih…

Bahan Kulit:

  • 250 gram tepung terigu
  • 3 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Santan

Bumbu halus:

  • 10 biji bawang merah
  • 2 biji bawang putih
  • 1½ biji pala diparut
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir

Bahan Isi:

  • ½ kg daging ayam dipotong kotak-kotak kecil
  • 3 ons udang cincang
  • 3 buah wortel potong kotak-kotak kecil
  • 1 kaleng susu cornation encer
  • ¼ kaleng susu kental manis
  • Daun seledri secukupnya dicincang
  • Batang seledri diikat
  • 1 sdm tepung kanji dicampur dengan sedikit air
  • 2 sdm tepung terigu dicampur dengan sedikit air
  • 3 sdm Bawang putih goreng
  • 6 sdm bawang merah goreng
  • Margarin untul menumis
  • 3 butir telur rebus ( potong-potong)

Bahan Lapisan:

  • 2 butir telur kocok lepas
  • Tepung roti secukupnya

Cara membuat Isi:

  1. Panaskan wajan, cairkan margarin, kemudian masukan bumbu halus, dan aduk-aduk sampai berubah warna.
  2. Masukan wortel dan batang seledri, masak kurang lebih 3 menit.
  3. Masukan ayam, masak sampai matang.
  4. Masukan udang masak kurang lebih 2 menit.
  5. Masukan 1 kaleng susu cornation, masak sampai susu tinggal ½ kaleng.
  6. Masukan ¼ kaleng susu kental manis, masak sampai mendidih.
  7. Masukan tepung terigu dan tepung kanji yang sudah dicampur air. Masak sampai meletup-letup dan mengental. Terakhir masukan bawang merah goreng dan bawang putih goreng. Matikan api. Aduk-aduk selama kurang lebih 5 menit. Masukan daun seledri.

Cara Membuat Kulit :

  1. Campur semua bahan jadi 1 dengan blender.
  2. dadar adonan diatas wajan tipis-tipis.

Isi kulit resoles tersebut dengan bahan isian, tambahkan irisan telur rebus kemudian gulung, celupkan kedalam telur kocok dan kemudian celupkan ke tepung roti, goreng.

Garlic Bread


Biasanya sih makan Garlic Bread di Pizza Hut, Karena doyan, akhirnya aku coba bikin sendiri. Ternyata roti bikinanku enak juga….


Bahan:

  • 1 bh Roti Baguette
  • 30 gram mentega
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Peterseli cincang secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Potong roti bagguete kira-kira 2 cm.
  2. Campurkan mentega, bawang putih dan peterseli, aduk hingga rata. Oleskan campuran mentega tadi ke atas roti yang telah dipotong.
  3. Panggang dalam oven sebentar. Sajikan hangat.

Roti Goreng Udang Balut Wijen


Roti Udang ini bisa dijadikan camilan di sore hari. Selain rasanya yang enak, cara membuatnya pun mudah. Dijadikan sarapan untuk pagi hari pun ok banget.


Bahan:

  • Roti tawar tanpa kulit
  • Biji wijen
  • 250 gram udang
  • 2 batang daun bawang
  • 2 kuning telur
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Cuci bersih udang, kemudian potong-potong, campur dengan merica, garam, kuning telur dan daun bawang. Campur sampai rata, masukan chiller sekitar 30 menit.
  2. Potong roti tawar menjadi 3 bagian, kemudian taruh campuran Udang diatasnnya, balur dengan biji Wijen.
  3. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Sajikan bersama saos sambel.

Kroket isi Daging


Kroket kentang…. Hmmm Yummy… Membuatnya gampang-gampang susah , dan diperlukan kesabaran. salah sedikit aja, pada saat menggoreng, kulitnya bisa pecah. Tapi kalau dilakukan dengan baik, hasilnya pasti ok.

Bahan Kulit:

  • 500 gram kentang
  • 80 gram mentega tawar
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt pala
  • Putih telur
  • Tepung roti

Bahan Isi:

  • 200 Gram daging giling
  • 4 buah sosis ayam, potong tipis
  • 100 gram wortel potong kotak-kotak kecil
  • 2 sdm gula
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 1 ½ sdt pala
  • 100 gram mentega
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdm tepung sagu yang sudah diberi air

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 6 bawang merah

Cara membuat:

  1. Isi: Lelehkan margarin, tumis bumbu halus sampai harum, masukan daging giling, masak sampai berubah warna, tambahkan sosis dan wortel, aduk sebentar, masukan susu cair dan semua bumbu. Masak hingga mengental, tambahkan tepung sagu, aduk sampai meletup-letup dan adonan kental, matikan api.
  2. Kulit: Kukus kentang sampai matang, haluskan, Masukan semua bahan (kecuali putih telur dan tepung roti), aduk sampai rata.
  3. Bulatkan kentang, masukan adonan isi kedalamnya. Bungkus rapat, celupkan kedalam putih telur dan kemudian gulingkan ke tepung roti.
  4. Goreng sampai kuning, sajikan hangat.

Cakue Isi Udang

Cakue isi ini merupakan camilan kesukaan keluargaku. Apalagi kalau baru digoreng, kriuknya terasa banget. Berapa banyak pun cakue yang dibuat, pasti habis. Apalagi kalau dinikmati dengan saos sambel, Hmmm, Yummy….


Bahan:

  • 10 buah cakue siap pakai
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Isian:

  • 300 gram udang, cincang
  • 100 gram tepung sagu
  • 1 buah putih telur
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1sdt minyak wijen
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • Daun bawang secukupnya

Cara membuat:

  1. Camur semua bahan isian jadi satu. Diamkan + 10 menit.
  2. Potong cakue menjadi 2 bagian, kemudian belah tengahnya memanjang ( jangan sampai putus) kemudian masukan bahan isian kedalamnya.
  3. Goreng sampai matang, sajikan bersama saos sambel.

Lumpia Goreng Ala Ven’s

Lumpia goreng, bisa dinikmati untuk teman minum teh di sore hari. Apalagi lumpia ala Ven’s , gampang banget membuatnya. Tinggal campur-campur semua bahan, jadi deh….

Bahan:

  • 20 lembar kulit lumpia
  • 20 ekor udang
  • 200 gram rebung/ bengkoang iris memanjang
  • Wortel iris seperti korek api
  • 2 buah jamur shitake iris tipis
  • 10 lembar jamur kuping iris tipis
  • 1 sdm gula
  • 4 sdm saos tiram Masyuri

Saos:

  • 2 buah bawang putih cincang halus
  • 2 buah cabe merah cincang halus
  • 3 sdm saos tomat
  • 1 sdm kanji di campur sedikit air.
  • 2 sdm gula
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Saos: Tumis bawang putih dengan sedikit minyak, tambahkan cabe merah cincang, aduk sebentar, tambahkan saos tomat, gula dan garam aduk rata sampai meletup-letup. Terakhir masukan air kanji, aduk rata.
  2. Campur semua bahan jadi satu kecuali kulit lumpia dan udang, diamkan kurang lebih 20 menit.
  3. Siapkan kulit lumpia, isi bahan isian kedalamnya tambahkan 1 ekor udang untuk setiap 1 buah lumpia. Bungkus rapi. Goreng dalam minyak panas. Sajikan hangat, bersama saosnya.

Pangsit goreng

Pangsit goreng, enak untuk dinikmati kapan saja. Mau dimakan sebagai camilan, boleh. Dimakan sebagai lauk juga boleh….

Bahan :

  • 30 lembar kulit pangsit
  • 200 gram daging babi / ayam
  • Garam secukupnya
  • ½ sdm Gula pasir
  • 1 sdt merica
  • 1 sdm bawang putih goreng, haluskan
  • 1 sdt minyak wijen

Cara membuat:

  1. Cincang daging babi/ayam, tambahkan semua bahan. Campur jadi satu.
  2. Siapkan kulit pangsit, isi bahan isian kedalamnya. Bentuk sesuai selera. Goreng dalam minyak panas sampai matang. Sajikan hangat.

Pisang Bakar Coklat Keju

Pisang, dimakan langsung enak, digoreng juga enak, dibikin kolak pisang, juga enak. Sepertinya diapain aja enak ya… Nah yang ini pisang bakar, pake coklat dan keju, nggak kalah enaknya kok dengan yang lain.

Bahan:

  • 4 buah pisang raja
  • 2 sdm margarin
  • Susu kental manis secukupnya
  • Keju parut secukupnya
  • Coklat parut / mesis secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas pisang, belah menjadi 2 bagian.
  2. Siapkan panggangan, lumuri permukaannya dengan margarin, panggang pisang hingga kecoklatan. Angkat.
  3. Susun pisang diatas piring, tuang susu kental manis keatasnya. Taburi coklat, dan keju. Sajikan hangat.

Tahu Isi

Ini pertama kalinya aku membuat tahu isi sendiri. Ya, bentuknya kurang bagus (maklum edisi perdana he…he…he…) Biasanya sih aku beli. tapi belakangan kok tahu isi yang aku beli udah nggak terasa dagingnya. Jadi aku pikir coba buat sendiri ah, ternyata lumayan juga hasilnya.

Untuk: 20 buah

Bahan:

  • 150 gram udang kupas, cincang kasar
  • 250 gram Daging giling
  • 80 gram tepung tapioka
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm bawang putih goreng, haluskan
  • 2 butir putih telur
  • 40 ml air es
  • 10 buah tahu putih

Cara membuat:

  1. Campur udang, daging, air es, telur, tepung tapioka, merica, garam, dan bawang putih. Aduk dan banting-banting hingga kalis. Sisihkan.
  2. Belah tahu menyerong, Buat lubang di salah satu sisi tahu secara perlahan.Masukan adonan tadi pada tahu yang sudah dilubangi.
  3. kukus, tahu hingga matang, angkat.
  4. Panaskan minyak, goreng tahu isi hingga kekuningan, angkat tiriskan. Sajikan hangat dengan saos sambal.

Tahu isi ini bisa dimasak berkuah, dengan campuran baso.