Ikan Pindang Masak Pedas

Pedes-pedes, asem. Enak deh. Apalagi udah lama nggak makan ikan pindang. Bagi yang doyan boleh dicoba deh….


Bahan:

  • 2 ekor ikan pindang
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 5 buah belimbing wuluh, potong-potong
  • 5 biji cabe rawit
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • ½ sdm gula
  • 300ml air


Bumbu Halus:

  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah cabe besar

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan, buang tulangnya, goreng hingga matang.
  2. Tumis bawang putih, bumbu halus dan, cabe rawit sampai agak kering, tambahkan air, setelah mendidih masukan ikan, tomat dan belimbing wuluh, serta gula dan garam. Masak sampai mendidih. Sajikan.

Tim Kerapu

Daging ikan kerapu memang sangat lembut, sehingga enak untuk dijadikan santapan sehari-hari. Apalagi bergizi tinggi dan cocok buat kita-kita yang mengurangi makanan berlemak.

Bahan:

  • 1 ekor ikan kerapu
  • 2 sdm ang ciu/ arak masak untuk melumuri ikan
  • 3 buah jamur hioko, rendam air, potong-potong
  • 1 ruas jahe muda, potong seperti korek api
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • Daun bawang, potong-potong

Saos:

  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 buah cabe rawit, iris tipis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih ikan, rendam dengan ang ciu + 15 menit. Sementara itu didihkan air dalam dandang.
  2. Taruh ikan ke atas pinggan tahan panas, taruh semua bahan lain diatasnya.
  3. Kukus dalam dandang selama + 10 menit hingga matang. Sajikan hangat bersama saus kecap.
  4. Saus: Campur semua bahan jadi satu.

Ca Cumi Jagung Muda

Memasak cumi memang gampang-gampang susah. Kalau kelamaan memasaknya, dagingnya menjadi alot. So….ini dia resep cumi yang mudah dan praktis.

Bahan:

  • 2 ekor cumi-cumi, potong-potong
  • 50 gram jamur merang
  • 1 buah wortel, iris tipis
  • 200 gram jagung muda, potong-potong
  • 1 buah bawang bombay. Potong-potong
  • 1 sdm saos tiram
  • ½ sdt garam
  • ½ sdm gula
  • 1/2 sdt merica
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Kukus wortel dan jagung muda, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay sampai harum, masukan cumi, aduk sebentar, masukan saos tiram, gula, garam merica. Tambahkan jamur merang, aduk sebentar, tambahkan wortel, jagung muda, dan air. Masak sampai matang, angkat.

Ikan Patin Goreng Saos Asam Manis

Patin adalah ikan yang dagingnya paling empuk. Kandungan lemaknya juga rendah. Pokoknya ikan favorit keluarga deh. Enaknya sih dibakar. Tapi di Surabaya susah bisa dapat ikan patin yang besar. Jadi di goreng aja deh. Lagian emang dagingnya empuk, Ya…. mau digoreng atau diapain, terserah deh, yang pasti Yummy….

Bahan:

  • 1 ekor ikan patin
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 2 sdm air jeruk nipis

Bahan Saos:

  • 3 sdm saos tomat
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm gula
  • Air secukupnya
  • ½ sdm kanji yang sudah dilarutkan dengan air

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ikan patin, ambil dagingnya, potong-potong dan rendam dengan air jeruk nipis , garam dan merica. Rendam selama + 20 menit.
  2. Balut ikan dengan tepung Maizena, Goreng hingga matang, angkat.
  3. Saos: Tumis bawang putih sampai harum, masukan saos tomat, garam dan gula. masak sampai mendidih. Tambahkan sedikit air, aduk rata. Setelah mendidih, masukan air kanji, aduk perlahan, jika sudah mengental, matikan api.
  4. Susun ikan diatas piring, siram dengan saosnya. Sajikan.

Ikan Kerapu Pesmol

Bosan dengan tim kerapu, akhirnya saya coba memasaknya dengan bumbu pesmol. Ada kecut-kecutnya, agak pedes-pedes juga…. Sedap oi….

Bahan:

  • 1 ekor ikan kerapu
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 3 buah cabe merah besar, iris tipis
  • 10 buah cabe rawit
  • Daun bawang secukupnya
  • 2 buah tomat
  • 250 ml air
  • minyak goreng


Bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 2 cm laos
  • 1 batang serai
  • 8 butir kemiri

Cara membuat:

  1. Lumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 30 menit.
  2. Goreng ikan hingga matang.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan cabe rawit, gula, garam, air jeruk nipis dan air.
  4. Setelah air mendidih, masukan ikan, tomat, cabe besar dan daun bawang, Masak sebentar hingga bumbu meresap pada ikan. Angkat, Hidangkan.

Kakap Asam Manis

My hubby & I realy like seafood. Jadi menu seafood nggak pernah ada habisnya.
Dari digoreng, dibakar, dikukus, semuanya kita doyan. Nah Yang satu ini kesukaanku.

Bahan:

  • 300 gram fillet ikan kakap, potong-potong
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 4 sdm tepung kanji /maizena
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Saos:

  • ½ bawang bombay, iris tipis
  • Wortel secukupnya, iris seperti korek api
  • 2 sdm saos tomat
  • 1 sdt kanji, campur sedikit air
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung kanji, garam dan merica, aduk rata. Celupkan ikan kedalam campuran tepung, kemudian celupkan ke telur, lalu celupkan lagi ke campuran tepung. Goreng ikan sampai matang
  2. Saos: Tumis bawang bombay, bawang putih sampai layu, tambahkan wortel. Aduk sebentar, tambahkan saos gula dan garam, aduk rata, beri sedikit air, setelah mendidih, tuang air kanji.
  3. Susun Ikan diatas piring saji, kemudian siram dengan saosnya. Sajikan

Cumi-cumi Goreng Tepung

Makanan laut yang satu ini memang enak. Tapi kalau cara memasaknya salah, rasanya jadi alot.

Tips-nya: memasak cumi sebentar saja. Jangan mengoreng /memasak cumi terlalu lama, karena dapat membuat cumi menjadi alot. Fried Calamari yang saya bikin ini Cruncy banget.

Bahan:

  • 2 ekor cumi-cumi ± 300 gram
  • 1 butir kuning telur
  • ½ sdt merica
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm tepung kanji/ Maizena
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Bersihkan cumi, buang kulitnya, lalu iris memanjang.
  2. Campur cumi-cumi, dengan garam, merica, dan kuning telur, aduk rata. Tambahkan tepung kanji, aduk rata.
  3. Kemudian celupkan ke dalam tepung roti, goreng sebentar sampai matang, sajikan bersama saos sambel.

Asem-asem kepala ikan kakap

Kepala ikan kakap dimasak dengan blimbing wuluh, jadinya kecut-kecut seger deh. Apalagi dinikmati dengan nasi hangat, lalapan plus sambel, wah nikmat sekali….

Bahan:

  • 2 potong kepala ikan kakap
  • 10 buah blimbing wuluh, potong-potong
  • ½ sdm garam
  • 1 sdt gula
  • 1 liter air
  • 2 sdm air asam jawa
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 batang serai
  • lengkuas
  • 2 cm kunir

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai haru dan agak kering, masukan kepala ikan kakap, aduk sebentar. Tambahkan air, masak sampai mendidih.
  2. Masukan blimbing wuluh, biarkan sebentar, tambahkan semua bumbu, matang, angkat.

Udang Bakar

Udang, dimasak apapun enak. Apalagi dibakar, trus dikasih perasan jeruk nipis, dan dimakan pake sambel…. Wah, Nikmaaatt.

Bahan :

  • 6 ekor udang pacet ( belah punggungnya)
  • 1 sdm margarin
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt garam

Bahan olesan:
  • 1 sdm Air jeruk nipis
  • 1 sdm margarin

Sambal:

  • Campurkan 3 sdm Kecap manis dan lombok rawit yang sudah di iris tipis-tipis, dan bawang putih goreng.

Cara Membuat:

  1. Campur garam, merica dan margarin sampai rata. Oleskan pada undang yang telah dibelah secara merata.
  2. Kemudian bakar sampai agak berubah warna, Olesi dengan bumbu olesan. Balik dan bakar sampai matang. Sajikan dengan sambal.

Udang saos Inggris

Udang? dimasak seperti apa pun pasti enak rasanya. Karena tekstur dagingnya yang agak kenyal, tapi empuk. Aku sih doyan sekali….
Ada yang ngiler nggak nich?

Bahan :

  • ½ kg Udang galah, kupas, kerat punggungnya
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 sdm saos inggris
  • 1 sdm saos tiram
  • sdm gula
  • ½ sdt merica
  • Garam sedikit
  • 1 buah lombok merah, buang biji, iris tipis
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng udang sampai matang, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay, dan bawang putih sampai layu. Masukan saos tiram, saos inggris, gula, merica, garam. setelah mendidih, masukan udang dan lombok merah masak sampai kuah mengental. Angkat, sajikan