Udang Balado

Udang? Hmm, dimasak apa aja enak. Apalagi kalau musim petai seperti sekarang ini, Dimasak campur petai, enak bener rasanya. Sebenarnya masakan ini terinspirasi dari salah satu tayangan Travel & Living ( judul acaranya lupa) Karena melihat Udang dimasak pedas begini, suamiku bilang, “boleh dicoba tuh”, katanya. Jadilah resep udang balado kreasiku, dengan resep yang sangat sederhana. Silahkan dicoba…… ( Bagi para penggemar petai, petainya boleh ditambah).

 

Udang_Balado1.jpg

Bahan :

500 gr Udang

1 ons petai

1 sdm kecap manis

Minyak untuk menumis

Bumbu halus :

2 siung bawang putih

3 bj lombok merah, buang bijinya

1 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Kupas udang, sisakan bagian ekor, kerat punggungnya, cuci sampai bersih.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan udang, masak sampai udang matang, tambahkan kecap manis, aduk rata, kemudian masukan petai. Aduk sebentar, sajikan.

Fu Yung Hai

Daging kepiting? Hmmm…. diapain aja tetap enak kok. Apalagi bagi para pengemar makanan satu ini. Fu yung Hai… Rasa saosnya yang khas, kecut-kecut seger… pasti mengugah selera. Apalagi cara masaknya gampang……. Hmmmm…… Yummmy…

 

Fu_Yung_Hai.jpg

Bahan:

100 gram daging kepiting

2 butir telur

1 sdm tepung tapioka

1 bh wortel, potong korek api

1 sdt garam

½ sdt merica

Air sedikit

Minyak untuk mengoreng

 

Bahan Saos:

1 bh bawang bombay iris tipis

2 siung bawang putih, di rajang kasar

5 sdm saos tomat

1 sdm kanji yang sudah dicampur air

1 sdm kacang polong

2 sdm gula

¼ sdt garam

 

Cara membuat:

  1. Campur bahan Fu yung hai jadi satu, kemudian goreng diatas wajan anti lengket.
  2. Setelah matang taruh di piring saji.
  3. Saos: Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukan kacang polong, tambahkan saos tomat, gula, garam, aduk sebentar, Kemudian masukan kanji yang sudah dicampur air. Masak sampai mengental. Siram ke atas fu yung hai. Sajikan.

Tumis Kerang Batik

 

 

Memasak kerang batik cukup mudah. Direbus saja, kemudian di cocol dengan sambel juga enak.  Di tumis juga enak. Hanya saja yang perlu diperhatikan kalau memasak kerang batik, tidak perlu ditambahkan garam, karena kerang batik sudah asin.

 

Tumis Kerang Batik_1.jpg

Bahan:

1 Kg kerang batik

5 Siung bawang putih, di gepruk

1 ruas Jahe diiris tipis secukupnya

½ sdm saos tiram

½ sdm gula

Minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kerang, tiriskan.
  2. Tumis bawang putih dan jahe, sampai harum, masukan kerang, aduk sebentar. Tambahkan saos tiram dan gula, aduk sampai tercampur rata. Masak sampai matang. Sajikan.

Ang Sio Hie Bien

Makanan satu ini sering dijumpai di resto chinese food. Dan makanan berbahan dasar ikan ini digemari hampir semua orang, karena rasa ikan yang gurih berpadu dengan  rasa asam dan manis. Siapapun yang mencoba pasti ketagihan, Mmmm…. Yummmy…

Angsio_Hie_Bien.jpg

Bahan :

500 gram fillet ikan kakap

100 gram tepung bumbu

1 butir telur, kocok lepas

1 bh bawang bombay

2 siung bawang putih cincang

1 buah paprika merah

1 buah kyuri

Nanas secukupnya

1/4 sdt garam

1/2 sdm gula

1/4 sdt merica

4 sdm saos tomat

1 sdm kanji dicampur air

Cara membuat:

1.  Potong-potong  fillet ikan, balurkan ke dalam telur, campur dengan tepung bumbu, kemudian goreng dalam minyak panas, sisihkan. Tata dalam piring saji.

2. Tumis  bawang putih dan bawang bombay sampai harum, kemudian masukan paprika merah, kyuri dan nanas, aduk sampai layu, tambahkan saos tomat, garam, gula, merica, aduk sampai meletup-letup, kemudian masukan air kanji, aduk rata. Siram saos tersebut pada ikan yang telah digoreng tadi. Sajikan.

Cumi- Cumi Saos Ingris

Seafood yang satu ini, gampang banget masaknya. Cuma dalam waktu kurang dari 30 menit saja, cumi saos Ingris, sudah siap dihidangkan di meja makan.

Cumi_cumi_Saos_Inggris.jpg

Bahan :

500 gram cumi

2 siung bawang putih, cincang

1/2 bh bawang bombai

1 bh cabe merah gede

1 sdm saos tiram

1 sdm kecap ingris

2 sdm gula pasir

1/2 sdt garam

air secukupnya

Cara membuat:

1. Bersihkan cumi sampai bersih, kemudian potong sesuai selera.

2.  Tumis bawang putih dan bawang bombaihingga harum, masukan cabe, aduk sebentar, kemudian masukan saos tiram, kecap inggris,  aduk rata. Tambahkan air.

3. Setelah air mendidih,  masukan gula, garam, dan cumi. Masak sebentar sampai matang. Angkat sajikan.

Tips : Memasak cumi sebentar saja. Karena kalau memasaknya terlalu lama, cumi akan terasa alot ( keras).

Kerang Hijau Saus Padang

Masakan ini saya coba karena terinspirasi dengan kerang Hijau saos padang yang pernah saya makan di salah satu resto di Surabaya. Karena senang dengan menu ini, maka aku coba masak sendiri. Bumbunya pun coba-coba. Jadilah Kerang hijau saos padang ini. Rasanya sih manis dan pedas.

Kerang_Hijau_Saus_Padang.jpg

Bahan:

1 kg Kerang Hijau

3 sdm saos tomat

1 sdm saos sambel

3 biji lombok hijau, dirajang tipis

1/2 sdt garam

1/2 sdt garam

2 siung bawang putih, cincang

air secukupnya

Cara menbuat:

1. Bersihkan kerang, kukus sampai matang ( mengukusnya jangan terlalu lama, karena kalau lama bisa membuat kerang menjadi keras).

2. Kupas kerang, buang kulitnya sebagian, kemudian sisihkan.

3. Tumis bawang putih sampai harum, masukan lombok, tomat, saos sambel, garam & gula, aduk rata tambahkan air. Setelah air mendidih, masukan kerang dan aduk rata.Masak sampai tercampur rata. Kerang siap untuk dihidangkan.

Laksa Lemak

Laksa yang aku bikin ini mirip dengan laksa lemaknya Singapura, hanya saja aku nggak pake tauge (di kulkas nggak ada persediaan tauge) jadi pake bahan seadanya. Terus mie nya aku ganti pake spaghetty. Enak lho…

Bahan :

  • 300 gram mie basah/ bihun
  • 150 gram udang kupas
  • 1 buah kekian
  • 4 buah stick crab
  • 1 buah cakue, potong-potong, goreng kering
  • 2 buah telur rebus
  • 50 gram ebi, rendam air panas
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula
  • 1 liter santan

Bumbu halus:

  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm laos
  • 2 batang serai
  • 10 buah kemiri
  • 10 buah cabe merah kering
  • 1 sdt terasi

Cara membuat:

  1. Rebus mie sebentar, tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan santan, setelah mendidih, masukan udang, ebi, kekian, gula, garam, dan cakue. Masak sebentar. Matikan api.
  3. Penyajian: Letakan mie dalam sebuah mangkuk, Susun udang, kekian, stick crab, telur rebus dan cakue, siramkan kuah ke atasnya. Sajikan.

Ikan Patin bakar

Ikan Patin memang selalu menjadi makanan favorit keluargaku. Hmm Yummy….

Bahan:

  • 1 ekor fillet ikan patin
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm air jeruk nipis

Cara membuat:

  1. Lumuri filet ikan patin dengan air jeruk nipis, biarkan beberapa saat.
  2. Campurkan kecap manis, garam, dan bawang putih, kemudian marinate ikan dengan bumbu perendam tersebut. Biarkan + 15 menit.
  3. Bakar ikan sampai matang. Sajikan .

Tom Yam Goong

Penasaran dengan yang namanya Tom Yam, akhirnya kuberanikan diri untuk membuatnya. Seger banget deh rasanya….

Bahan:

  • 10 ekor udang kupas
  • 200 gram cumi-cumi
  • 200 gram fillet ikan kakap
  • 10 buah jamur kancing, belah dua
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 3 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdm gula
  • 1sdt garam
  • ½ sdm kecap ikan
  • 3 batang serai
  • Daun jeruk
  • Daun ketumbar
  • 700 ml air kaldu ikan.

Bumbu halus:

  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • 1 buah cabe besar
  • 2 cm lengkuas
  • 1 cm jahe

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu sampai harum, sisihkan.
  2. Rebus air sampai matang, masukan tumisan bumbu, serai, daun jeruk, dan semua bahan (kecuali air jeruk nipis). Setelah mendidih, masukan gula, garam dan air jeruk nipis, masak sebentar, matikan api. Sajikan.