Buncis Sechuan

Buncis biasanya saya tumis biasa. Tapi rasanya selalu berbeda dengan yang di resto-resto. Suatu hari saya nonton AFC, terus lihat cara memasak buncis, ternyata agar buncis itu bisa cruncy rahasianyaadalah sebelum ditumis, buncis digoreng sebentar pada minyak banyak. setelah menonton itu, aku masak deh buncis dengan digoreng dulu. Ternyata hasilnya sama cruncynya dengan yang di resto-resto. Cobain deh.

Bahan:

§ ¼ kg buncis baby

§ 1 ons daging giling

§ 2 siung bawang putih, cincang

§ 1 bh cabe merah, cincang

§ 1 sdm saos tiram

§ ½ sdm ang ciu / arak masak ( optional)

§ 1 sdt garam

§ ½ sdt merica

§ 1 sdt gula

§ Minyak untuk menggoreng

Cara memasak:

1. Goreng buncis pada minyak panas, goreng sebentar saja sampai agak layu ( supaya tetap cruncy). Sisihkan.

2. Tumis bawang putih sampai harum, masukan cabe merah, aduk sebentar, masukan daging giling, masak sampai daging matang. Tambahkan semua bumbu, Masukan buncis yang sudah digoreng, aduk sampai rata, sajikan.

Tumis kailan dengan daging

Kailan memang merupakan sayur yang enak. Yang dimasak memang bagian batangnya, karena untuk kailan yang besar, bagian batangnya memang yang paling enak. Memasak kailan harus dengan api besar, dan memasaknya cukup sebentar, agar sayurnya tidak menjadi lembek, jadi kalau dimakan krenyes-krenyes. Cobain ya…. resepnya.

 

Tumis_Kailan_dengan_daging.jpg

Bahan :

75 gram daging lulur dalam sapi, iris tipis

1 ikat sayur kailan, kupas bagian batangnya, potong-potong

3 siung bawang putih cincang

1 sdm saos tiram

½ sdm gula

½ sdt garam

Minyak untuk menumis

 

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, masukan daging, aduk sampai berubah warna, masukan sayur kailan, aduk sebentar, kemudian tambahkan bumbu-bumbu, masak sampai matang. Sajikan hangat.

Ca Pok Choy


Sayur Pok Choy ini, sangat sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Sayur ini juga dikenal dengan sebutan sawi daging. Biasanya sih di ca dengan daging sukiyaki. Tapi kalau makan di restoran Chinese , biasanya dimasak dengan moku. Jadi aku coba-coba bikin sendiri di rumah. Ternyata, hasilnya ok juga lho…


Bahan:

  • 300 gram sayup pok choy
  • 2 buah jamur hioko, iris tipis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm kanji, cairkan
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. kukus sayur pok choy sampai matang. Angkat, susun di piring saji.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan jamur, saos tiram, gula, garam, dan air. Setelah mendidih, masukan air kanji, aduk sampai mengental, angkat, siram ke atas sayuran. Sajikan

Ca Brokoli Campur

Bingung mau masak apa, akhirnya kubuka kulkas, dan yang ada cuma brokoli dan tofu . Jadi aku masak deh campur-campur dengan jamur dan udang. Ternyata enak juga. Cobain ya… ca brokoli-ku ini.


Bahan:

  • 50 gram udang kupas
  • 1 butir telur kocok lepas, goreng orak-arik
  • 1 buah tofu, potong, goreng
  • 200 gram brokoli, kukus sebentar
  • 50 gram jamur merang, belah 4
  • 50 gram jamur kancing, belah 4
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt garam
  • ½ sdm gula
  • ½ sdt merica
  • Air secukupnya
  • Air kanji secukupnya untuk mengentalkan

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan kecap ikan, aduk rata, masukan udang, masak sampai udang matang.
  2. Masukan semua bumbu, tambahkan sedikit air. Masukan semua bahan lainnya, aduk sampai tercampur rata dan matang. Beri sedikit air kanji, masak sampai agak mengental, sajikan hangat.

Cap Cay Goreng

sayuran ini trdiri dari macam-macam sayuran. Intinya sayuran apapun bisa dijadikan Cap Cay. Berhubung di kulkasku cuma ada beberapa macam, maka aku buat yang seperti di bawah ini. Mestinya campuran sayurnya bisa ditambahkan kapri, buncis, kubis, sawi putih, jagung muda.
Terus, boleh pakai Udang, ati ayam, daging babi/ sapi, atau kalau mau lebih enak lagi campur aja dengan Hoisom dan perut ikan. Dijamin Ueenak deh…


Bahan:

  • 50 gram daging ayam, potong-potong
  • 5 buah baso sapi, potong-potong
  • 1 buah kekian, potong-potong
  • 1 buah wortel, potong-potong
  • 200 gram brokoli, potong-potong
  • 1 ikat sawi hijau, potong-potong
  • 100 gram kembang kol, potong-potong
  • 2 siung bawang putih, rajang kasar
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdm saos tirem
  • ½ sdm gula
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm tepung maizena, cairkan

Cara membuat:

  1. Kukus wortel, brokoli dan kembang kol sampai agak empuk, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan kecap ikan, aduk sebentar. Masukan daging ayam, baso, dan kekian, aduk-aduk sampai daging matang. Masukan saos tirem, gula, garam, merica, tambahkan sedikit air.
  3. Masukan wortel, brokoli, kembang kol, dan sawi hijau, aduk rata. Tambahkan tepung cairan pepung maizena untuk mengentalkan. Aduk rata, angkat.

Botok Tahu Tempe dan Alur

Sayuran yang satu ini enak banget jika di makan bersama ikan pindang / pepes pindang. Pokoknya klop banget deh. Bener-bener makanan Khas Jawa deh…

Bahan:

  • 1 buah kelapa parut, pilih kelapa yang muda
  • 100 gram alur
  • 1 buah tahu, potong dadu
  • 1 buah tempe, potong dadu
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula

Bumbu halus:

  • 1 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 2 buah lombok besar
  • 1 cm kencur

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan dan bumbu halus jadi satu, kecuali daun pisang. Aduk sampai rata. Sementara itu didihkan air dalam dandang.
  2. Bungkus botok dalam daun pisang. Kukus hingga matang. Sajikan.

Ca Cumi Jagung Muda

Memasak cumi memang gampang-gampang susah. Kalau kelamaan memasaknya, dagingnya menjadi alot. So….ini dia resep cumi yang mudah dan praktis.

Bahan:

  • 2 ekor cumi-cumi, potong-potong
  • 50 gram jamur merang
  • 1 buah wortel, iris tipis
  • 200 gram jagung muda, potong-potong
  • 1 buah bawang bombay. Potong-potong
  • 1 sdm saos tiram
  • ½ sdt garam
  • ½ sdm gula
  • 1/2 sdt merica
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Kukus wortel dan jagung muda, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay sampai harum, masukan cumi, aduk sebentar, masukan saos tiram, gula, garam merica. Tambahkan jamur merang, aduk sebentar, tambahkan wortel, jagung muda, dan air. Masak sampai matang, angkat.

Lo Bak Banjar

Makanan yang satu ini agak unik memang, karena khas dari Banjar. Tapi rasanya jangan diragukan deh. Sekali mencoba, pasti ketagihan. Cara bikinnya juga gampang. cuma tinggal mencampur-campur, jadi deh….

Untuk: 2 porsi

Bahan:

  • Babi kecap, iris tipis
  • 1 buah timun, iris tipis-tipis
  • 2 butir telor rebus, potong-potong

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah, buang biji
  • ½ sdt garam
  • ½ sdm gula

Cara membuat:

  1. Campur bumbu halus, tambahkan kuah babi kecap. Aduk rata.
  2. Susun timun, daging babi dan telor diatas piring, Siramkan bumbu diatasnya.Sajikan.

Brokoli saus Tiram

Dulu kalo aku masak brokoli selalu aku tumis, tapi warna brokolinya jadi berubah. Makanya sekarang aku kukus aja. Selain kandungan vitaminnya nggak hilang, rasanya juga enak.

Bahan:

  • 1 buah brokoli, potong-potong menurut kuntumnya
  • 7 buah jamur kancing, iris tipis
  • 1 sdm saos tiram
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt kecap ikan
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • ½ buah bawang bombay, iris tipis
  • Air secukupnya ( ±100cc)
  • ½ sdm kanji, encerkan dengan air
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Kukus brokoli sampai ½ matang, Susun di piring, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu, tambahkan jamur kancing, aduk sebentar, tambahkan kecap ikan, saos tiram, aduk sebentar, tambahkan air, setelah air mendidih masukan semua bumbu. Setelah bumbu tercampur rata, tambahkan kanji,aduk sebentar, matikan api.
  3. Siramkan saosnya ke piring yang berisi brokoli. Siap untuk dihidangkan.

Selada Banjar

Makanan ini enak, dan segar. Apalagi ada empingnya yang membuat makanan ini semakin enak. Adanya hanya di Banjar.

Bahan :

  • 500 gram timun
  • 2 butir putih telur rebus potong-potong
  • 1 buah dada ayam kecap
  • Bawang Goreng secukupnya
  • Blinjo secukupnya

Bahan saos:

  • 2 butir kuning telur rebus
  • 2 sdm mustard
  • 1 sdm gula ¼ sdt garam
  • 3 sdm kuah ayam kecap

Bahan Ayam kecap:

  • 1 buah dada ayam
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 2 sdm kecap manis
  • 300 ml air
  • 1 sdm gula
  • ½ sdm garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt pala
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Ayam kecap: Haluskan bawang merah dan bawang putih, panaskan wanjan, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan ayam, kecap manis, aduk hingga rata. Tambahkan air, masak hingga mendidih. Masukan semua bumbu, tutup wajan, masak dengan api kecil sampai ayam lunak. Angkat. Potong persegi panjang.
  2. Saos: campur semua bahan menjadi satu.
  3. Selada: Timun dikupas, porong menjadi 4 bagian, kemudian di iris tipis memutar dari luar ke dalam sampai daerah bijinya. Buang bijinya. Timun yang sudah diiris tersebut, digulung, kemudian dipotong-potong lagi. Kemudian susun timun didasar piring, tambahkan atasnya dengan ayam kecap, tambahkan telur, siram dengan saosnya. Taburi dengan emping belinjo dan bawang goreng.