Nasi Kuning Banjar

kalau di jakarta ada nasi uduk, di Surabaya ada nasi campur, maka di Banjar ada nasi kuning. Masakan Banjar yang satu ini, merupakan makanan yang biasa di santap sebagai sarapan di pagi hari. Dan hampir disemua depot atau warung, menyediakan nasi kuning ini di pagi hari.
kalau teman-teman berkunjung ke Banjar, jangan lupa untuk mencoba menu yang satu ini.

Bahan:

  • 3 Cup beras
  • 6 cup santan
  • 2 cm kunyit, haluskan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 sdt garam

Pelengkap:

  • Masak habang
  • Bawang goreng

Cara membuat:

1. Cuci beras sampai bersih, aron dengan santan, garam, kunyit, dan daun jeruk.

2. Kukus sampai matang. Sajikan dengan bahan pelengkapnya.

Bubur ala Ven’s

Bubur ayam emang enak dinikmati untuk sarapan di pagi hari. Apalagi kalau ditambah cakue goreng ….. Ooh… nikmatnya…

Bahan:

  • 300 gram beras
  • 2 liter air kaldu ayam
  • Garam secukupnya
  • 1 kaldu blok

Taburan:

  • Daging ayam yang telah disuwir
  • Abon ikan secukupnya
  • Irisan telur dadar
  • Daun bawang, iris tipis
  • Seledri, iris tipis
  • Bawang goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Bubur: Masak beras, air kaldu, sambil diaduk hingga merekah dan matang. Tambahkan garam dan kaldu blok. Aduk sampai rata. (Boleh menggunakan panci presto).
  2. Masukan bubur dalam mangkuk, taburi dengan suwiran daging ayam, telur dadar, abon ikan, daun bawang, seledri dan bawang goreng. Sajikan hangat.

Nasi Tim Ayam Jamur


Nasi tim ini enak disajikan dipagi hari . Sebagai breakfast sebelum berangkat kerja, pasti bikin kenyang.


Bahan nasi tim :

  • 200 gram beras, cuci bersih
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air kaldu ayam

Bahan tumisan ayam:

  • 2 buah dada ayam.
  • 80 gram jamur kancing, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • ½ buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • ½ sdt merica
  • 1 bunga pekak
  • 75 ml air kaldu ayam

Bahan kuah:

  • 1 blok kaldu instant
  • 300 ml air kaldu
  • 1 batang daun bawang, diiris halus

Cara membuat:

  1. Rebus ayam sampai matang, ambil dagingnya, potong-potong.
  2. Tumisan ayam: tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu, masukan ayam sambil diaduk, tambahkan jamur, kecap manis, kecap asin, merica dan pekak. Tuang air kaldu, aduk sampai matang.
  3. Nasi: Tumis bawang putih dan jahe dalam minyak wijen sampai harum. Tambahkan beras dan garam. Aduk lalu tuang air, aduk sampai air habis. Angkat.
  4. Masukan tumisan kedalam pinggan tahan panas, tutup dengan aron. Siapkan dandang, Kukus + 1 jam.
  5. Kuah: Rebus air kaldu sampai mendidih, masukan kaldu blok, tambahkan daun bawang.
  6. Sajikan nasi bersama dengan kuahnya.

Nasi Gila

Namanya aja Nasi Gila, tapi yang makan nggak ikutan gila kok.
Pertama kali mencoba makan Nasi Gila, di G-Walk Surabaya. Waktu itu kita binggung, nasi gila? Modelnya seperti apa Ya? Enak nggak? Ternyata, Nasi gila itu terdiri dari nasi yang atasnya disiram dengan sosis, kekian,telur & baso yang dimasak dengan saos tomat. Rasanya enak, Unik.
Karena my Hubby doyan, gwe iseng-iseng nyoba bikin, Jadi deh nasi gila ala gwe.

Bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 3 buah sosis, iris tipis
  • 1 butir telur, kocok, goreng, orak-arik
  • ½ kekian, iris tipis-tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sdm saos tomat
  • 1 sdm sambel botol
  • 1 sdm gula
  • Garam secukupnya
  • ¼ sdt merica
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan sosis, dan kekian, setelah matang tambahkan telur, aduk sebentar. Kemudian masukan saos tomat, sambel dan bumbu lainya, aduk, tambahkan sedikit air, masak sampai agak kering, matikan api.
  2. Siapkan 2 piring nasi, tuang lauk diatasnya, sajikan hangat, bersama kerupuk.

Nasi Goreng Ham

Nasi goreng ini , enak juga dinikmati untuk sarapan di pagi hari. Cara membuatnya praktis, dalam sekejap, jadilah nasi goreng ini.

Bahan:

  • 2 mangkuk nasi putih
  • 1 butir telur ayam
  • 50 gram udang kupas
  • 1 lembar daging asap, goreng sebentar, potong-potong
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdm saos tirem
  • Bawang goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Panaskan wajan beserta margarin, kocok telur, dan dadar pada teplon. Setelah matang angkat, gulung, dan iris tipis ( seperti contoh pada gambar) sisihkan.
  2. Panaskan minyak, setelah panas, masukan bawang putih cincang, goreng sampai layu, tambahkan garam dan merica. Masukan udang, goreng sampai matang.
  3. Masukan nasi dan telur, serta daging asap, aduk sampai tercampur rata, dan tambahkan saos tirem. Aduk sampai rata. Terakhir, masukan minyak wijen, aduk rata. Angkat, Sajikan nasi goreng bersama telur dadar yang sudah diiris diatasnya,taburi bawang goreng. Sajikan bersama acar dan pelengkapnya.

Nasi Goreng Merah

Bahan :

  • Nasi putih
  • 100 gram udang
  • 100 gram ayam
  • 1 butir telur
  • 50 gram kacang polong
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm Kecap manis
  • 1 sdm Saos tomat
  • 1 sdt saos tirem

Bumbu halus:

  • 3 siung Bawang putih
  • 5 buah bawang merah

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak dalam wajan, Goreng telur dan orak-arik. Setelah matang sisihkan.
  2. Tambahkan minyak dalam wajan, setelah panas masukan bumbu halus, goreng sampai berubah warna, kemudian masukan udang, ayam, aduk sampai matang.
  3. Masukan nasi dan telur, aduk terus sampai tercampur rata, tambahkan garam, saos tirem, kecap manis, saos tomat, aduk sampai tercampur rata dan matang. Angkat. Sajikan.

Nasi Goreng Hongkong

Mungkin belum pernah ya lihat nasi goreng disajikan dengan kulit lumpia yang dibentuk seperti kerang. Tau nggak nasi goreng dengan alas kerang ini idenya my hubby. Dia tuh pengemar nasi goreng. Makan nasi goreng setiap hari pun dia mau….
Dari idenya dia ini nih, aku ikut lomba masak nasi goreng, eh…taunya menang… Juara I lagi. Asyik Khan?

Bahan:

  • 2 mangkuk nasi putih
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gram udang kupas
  • 100 gram daging babi / chasio ( boleh diganti ayam)
  • 1 lembar daging asap
  • 100 gram kacang polong
  • 4 siung bawang putih cincang
  • 2 sdm ang ciu / arak masak
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdm saos tirem
  • Daun bawang secukupnya

Cara membuat :

  1. Panaskan wajan beserta margarin, kocok telur, dan masukan dalam wajan yang sudah panas. Goreng telur sampai matang, aduk dengan menggunakan sumpit ( agar telur bisa hancur menjadi kecil-kecil). Setelah matang, angkat. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, setelah panas, masukan bawang putih cincang, goreng sampai layu, tambahkan garam dan merica. Masukan udang, daging babi, goreng sampai matang, tambahkan kacang polong, aduk rata. Kemudian masukan arak, biarkan sampai mendidih.
  3. Masukan nasi dan telur, serta daging asap, aduk sampai tercampur rata, dan tambahkan saos tirem. Aduk sampai rata. Terakhir, masukan daun bawang, aduk rata. Angkat, taburi bawang goreng. Sajikan bersama acar dan pelengkapnya.