Tamie Goreng ala Ven’s

Rasa mie yang kriuk-kriuk seperti kerupuk ini, dikenal dengan nama tamie. Cara membuatnya sih gampang. Karena cuma disiram dengan campuran daging dan sayur. Lauk yang disiramkan ke atasnya mirip dengan cap cay. Jadi gampang banget kok memasaknya. Bagi para penggemar mie, perlu nyoba resep yang satu ini nih….

 

 

Tamie_Goreng.jpg

Bahan :

 

1 bungkus tamie, goreng

1 butir telur kocok

100 gram daging ayam/babi

50 gram udang

Jamur hioko, rendam air, iris tipis

1 ikat pok choy

3 siung bawang putih cincang

Garam secukupnya

½ sdt merica

1 sdm gula

½ sdm kecap ikan

1 sdm saos tiram

1 sdm minyak wijen

1 sdm kanji, larutkan dengan sedikit air

Minyak untuk menumis

Air secukupnya

 

Cara Membuat :

 

  1. Goreng telur sampai matang, orak-arik, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukan daging ayam dan udang masak sampai matang. Tambahkan kecap ikan. Saos tiram, aduk sampai rata. Masukan jamur, telur dan pok choy, aduk rata, Masukan semua sisa bumbu. Tambahkan air, setelah air mendidih, masukan air kanji, aduk sampai mengental dan siram ke atas mie.
  3. Tamie siap dihidangkan.

Kwetiaw Goreng Singapore

Karena sering makan di Eaton, dan saking senangnya makan kwetiaw goreng singapore, akhirnya aku coba memasak di rumah. Kwetiaw mentahnya beli di Eaton, sampai rumah, dimasak sendiri. Hasilnya , hampir sama kan dengan yang biasa di sajikan di Eaton….
Rasanya pun seenak Eaton. Yummy…..

Bahan :

  • 200 gram kwetiaw
  • 1 butir telur kocok
  • 3 ekor udang
  • 30 gram daging ayam
  • 3 biji baso ikan, potong menjadi 4 bagian
  • 1 batang lap ciong, iris.
  • 50 gram tauge
  • 3 siung bawang putih cincang
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm garam
  • 1 sdm kecap manis
  • ½ sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, potong-potong
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat :

  1. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, sampai berubah warna, masukan udang, ayam, baso ikan, lap ciong. Masak sampai berubah warna, Kemudian masukan semua bumbu.
  2. Masukan kwetiaw dan tauge, aduk sebentar, masukan telur, aduk sampai rata, Masukan daun bawang, aduk. Tambahkan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, Sajikan hangat.

Tumis Soun dengan Jamur


Aku suka.. sekali makan soun, jadi untuk makan di rumah, aku sering sekali masak soun. Apalagi sounnya di campur dengan jamur dan udang, Hmmm yummy….

Bahan:

  • 250 gram soun, rendam dengan air + 30 menit
  • 70 gram udang kupas
  • 50 gram daging babi / ayam
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Jamur kuping secukupnya, rendam air, iris tipis
  • Jamur hioko, rendam air, iris tipis
  • Daum bawang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdt kecap asin
  • ½ sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt merica
  • 1 sdm saos tiram
  • Air putih secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng telur, orak arik, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukan udang dan daging. Masak sampai berubah warna, tambahkan telur dan semua bumbu, kemudian tambahkan air.
  3. Setelah air agak mendidih, masukan soun, jamur, dan daun bawang. Masak sampai air terserap habis. Sajikan.

Mie Goreng Nyemek

Mie goreng yang masih agak-agak basah , enak lho! Apalagi kalau pakai mie yang kecil-kecil. Pasti nyaman deh…Bisa membuat lidah bergoyang.
Hehehe… Yang namanya makan, lidah pasti bergoyang kan ya….
Cobain deh resepku yang satu ini, dijamin puas deh…..

Bahan:

  • 100 gram mie kering
  • 1 butir telur kocok
  • 50 gram daging ayam
  • 50 gram udang
  • Jamur kuping, iris tipis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • ½ sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • ½ sdt minyak wijen
  • Daun bawang secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Rebus mie sampai matang, tiriskan, beri sedikit minyak agar mie tidak menggumpal.
  2. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, berubah warna. Masukan daging ayam dan udang, masak sampai matang. Masukan telur, masak sampai telur matang.
  3. Masukan jamur kuping, saos tirem, kecap manis,garam, gula dan merica. Aduk sampai rata. Tambahkan air putih.
  4. Setelah mendidih, masukan mie dan daun bawang, aduk hingga matang. Masukan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat.

Mie Goreng Jawa ala Ven’s

Mie Jawa yang satu ini lain dari pada yang lain. Biasanya mie goreng Jawa, diatasnya ditaburi, irisan daging ayam dan telor rebus. Khusus buatan saya ini, Taburannya udang goreng. Rasanya? Hmmmm… Ueeenak…


Bahan :

  • 500 gram mie basah
  • 200 gram udang kupas
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 gram daging ayam
  • 50 gram tauge
  • 50 gram sawi putih
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula
  • Air secukupnya

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 5 bawang merah
  • 3 buah lombok merah besar
  • ½ sdt terasi

Cara membuat:

  1. Goreng telur, orak –arik, sisihkan. Goreng Udang, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum dan berubah warna, masukan daging ayam, aduk sampai ayam matang. Tambahkan sedikit air. Masukan semua bumbu, aduk rata.
  3. Masukan mie, tauge, sawi putih, dan orak-arik telur, masak sampai matang. Susun mie di atas piring saji, tambahkan udang goreng. Sajikan.

Mie Goreng Hokkian

Mmm…Yummy….. Mie yang satu ini kesukaanku, karena mie-nya yang tebal dan rasanya yang enak, membuatku nggak pernah bosan untuk makan mie ini.

Bahan :

  • 300 gram mie Hokkian
  • 50 gram udang kupas
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram daging babi/ayam
  • 1 kekian, iris tipis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 5 buah bawang merah iris tipis
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, potong-potong
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, bawang merah sampai berubah warna, masukan udang, daging babi. Masak sampai matang. Masukan telur, masak sampai telur matang.
  2. Masukan kekian, aduk-aduk sebentar, tambahkan saos tirem, kecap manis,garam, gula dan merica. Aduk sampai rata. Masukan air putih.
  3. Masukan mie, aduk hingga matang. Masukan daun bawang, aduk. Masukan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat.

Mie Kuah ala Ven,s

Mie memang enak dinikmati kapanpun. Apalagi kalau cuaca kurang bersahabat belakangan ini, maka untuk menu sehari-hari saya memilih yang berkuah. Selain cara membuatnya gampang, kami semua memang suka makan mie. Jadilah mie kuah ala Ven,s

Servings : 2 person

Bahan:

  • 200 gram mie basah
  • 6 ekor udang
  • 50 gram daging babi /ayam
  • 6 buah baso ikan
  • 6 potong stick crab (daging kepiting olahan)
  • Pok choy secukupnya
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt Kecap ikan
  • Garam secukupnya
  • 2 siung bawang putih, rajang kasar
  • ½ sdt merica
  • 2 sdt saos tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • Minyak untuk menumis
  • 750 ml air

Cara Membuat:

  1. Siram mie basah dengan air panas, biarkan sebentar, kemudian saring. Masukan mie yang telah disaring kedalam mangkuk yang telah di beri saos tiram dan minyak wijen. Aduk Rata, sisihkan.
  2. Kuah: tumis bawang putih sampai harum, masukan udang, babi, tumis sampai matang, tambahkan kecap ikan, aduk sebentar, tambahkan air. Setelah mendidih, tambahkan gula, garam, merica, dan masukan sisa bahan lainya. Setelah mendidih kembali, matikan api.
  3. Siapkan 2 buah mangkuk, bagi 2 mie dan masukan ke dalam mangkuk. Tuang kuah keatasnya, taburi dengan daun bawang dan bawang putih goreng. Sajikan hangat.

Kwetiaw Siram

Kalau cuaca lagi dingin, paling enak makan yang hangat-hangat dan berkuah. Kwetiau siram ini boleh dicoba deh …..

Bahan :

  • 300 gram kwetiaw
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram daging ayam/babi
  • 12 ekor udang
  • 1 kekian, iris tipis
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 6 buah bawang merah iris tipis
  • Sawi hijau secukupnya
  • Wortel secukupnya
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, iris tipis-tipis
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya
  • 1 sdm kanji yang sudah diberi air

Cara Membuat :

  1. Rebus kwetiaw sampai empuk, angkat tiriskan, campur dengan sedikit minyak, saos tiram, minyak wijen.
  2. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang merah, bawang putih sampai berubah warna, masukan daging ayam, udang, kekian, Masak sampai matang. Masukan sayur, aduk sebentar, Tambahkan air kira-kira 1 liter, setelah air mendidih, Masukan garam, gula dan merica, Aduk sampai rata tambahkan air kanji, setelah meletup letup, masukan telur, masak sebentar saja. Matikan api.
  3. Siapkan piring isi dengan kwetiaw, siram atasnya dengan kuahnya, taburi dengan daun bawang dan bawang goreng, sajikan hangat.

Pangsit Mie Ayam Jamur

Pangsit mie ini praktis untuk disajikan pada sarapan pagi hari. Memang ada beberapa step untuk membuatnya, tapi sebenarnya gampang banget kok. Apalagi kalau daging ayamnya dibikin dalam jumlah yang banyak, asal digoreng kering, bisa disimpan beberapa hari. Jadi pas mau bikin mie, tinggal rebus aja mienya.

Servings : 5 Porsi

Bahan :

  • 5 Mie pangsit
  • Ar untuk merebus mie
  • Daun selada

Bahan Ayam:

  • 1 buah dada ayam
  • 10 buah jamur kancing
  • 10 biji pangsit kukus
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • Minyak untuk menumis
  • 1 liter air

Bumbu untuk mie: ( untuk 1 porsi mie)

  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt saos tiram
  • ¼ sdt merica

Cara membuat:

  1. Ayam : Rebus ayam dalam ½ liter air. Matang, sisihkan, iris iris daging ayam kecil-kecil. Tumis bawang putih sampai harum, masukan ayam, jamur kancing, aduk-aduk. Tambahkan kecap manis dan saos tiram, garam, gula, merica. aduk rata. Tambahkan sedikit air kaldu ( dari sisa rebusan ayam).Setelah kuah agak menering, matikan api.
  2. Rebus mie, tambahkan sedikit minyak, dan garam agar mie tidak menggumpal. Setelah mendidih, angkat, tiriskan mie.
  3. Siapkan mangkuk dan taruh bumbu didasar mangkuk, aduk rata. Taruh mie diatasnya, aduk sampai bumbu tercampur rata pada mie. Taburi atasnya dengan daging ayam, pangsit kukus.
  4. Kuah : Didihkan air sisa rebusan ayam, ditambah dengan sedikit garam, merica dan kecap ikan. Setelah mendidih siapkan mangkuk kuah, isi dalamnya dengan daun selada dan daun bawang, siram atasnya dengan kuah, tambahkan bawang goreng. Mie siap dihidangkan bersama dengan kuahnya.

Kwetiaw Goreng

Kwetiaw goreng, bukan cuma untuk santapan di malam hari, Untuk sarapan pagi hari juga ok lho, asal nggak kebanyakan. kalo kebanyakan bawaannya ngantuk, soalnya energinya habis, dipakai untuk mencerna makanan.
So……. makan secukupnya ya…

Bahan :

  • 300 gram kwetiaw
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram daging ayam/babi
  • 3 biji baso sapi, potong menjadi 4 bagian
  • 1 kekian, iris tipis
  • 50 gram tauge
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 6 buah bawang merah iris tipis
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, iris tipis-tipis
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, bawang merah sampai berubah warna, masukan daging ayam. Masak sampai matang. Masukan telur, masak sampai telur matang.
  2. Masukan baso sapi, kekian, aduk-aduk sebentar, tambahkan saos tirem, kecap manis,garam, gula dan merica. Aduk sampai rata. Masukan air putih.
  3. Masukan kwetiaw dan tauge, aduk hingga matang. Masukan daun bawang, aduk. Masukan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat.