Ang Sio Hie Bien

Makanan satu ini sering dijumpai di resto chinese food. Dan makanan berbahan dasar ikan ini digemari hampir semua orang, karena rasa ikan yang gurih berpadu dengan  rasa asam dan manis. Siapapun yang mencoba pasti ketagihan, Mmmm…. Yummmy…

Angsio_Hie_Bien.jpg

Bahan :

500 gram fillet ikan kakap

100 gram tepung bumbu

1 butir telur, kocok lepas

1 bh bawang bombay

2 siung bawang putih cincang

1 buah paprika merah

1 buah kyuri

Nanas secukupnya

1/4 sdt garam

1/2 sdm gula

1/4 sdt merica

4 sdm saos tomat

1 sdm kanji dicampur air

Cara membuat:

1.  Potong-potong  fillet ikan, balurkan ke dalam telur, campur dengan tepung bumbu, kemudian goreng dalam minyak panas, sisihkan. Tata dalam piring saji.

2. Tumis  bawang putih dan bawang bombay sampai harum, kemudian masukan paprika merah, kyuri dan nanas, aduk sampai layu, tambahkan saos tomat, garam, gula, merica, aduk sampai meletup-letup, kemudian masukan air kanji, aduk rata. Siram saos tersebut pada ikan yang telah digoreng tadi. Sajikan.

Tumis Soun dengan Jamur


Aku suka.. sekali makan soun, jadi untuk makan di rumah, aku sering sekali masak soun. Apalagi sounnya di campur dengan jamur dan udang, Hmmm yummy….

Bahan:

  • 250 gram soun, rendam dengan air + 30 menit
  • 70 gram udang kupas
  • 50 gram daging babi / ayam
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Jamur kuping secukupnya, rendam air, iris tipis
  • Jamur hioko, rendam air, iris tipis
  • Daum bawang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdt kecap asin
  • ½ sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt merica
  • 1 sdm saos tiram
  • Air putih secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng telur, orak arik, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukan udang dan daging. Masak sampai berubah warna, tambahkan telur dan semua bumbu, kemudian tambahkan air.
  3. Setelah air agak mendidih, masukan soun, jamur, dan daun bawang. Masak sampai air terserap habis. Sajikan.

Mie Goreng Nyemek

Mie goreng yang masih agak-agak basah , enak lho! Apalagi kalau pakai mie yang kecil-kecil. Pasti nyaman deh…Bisa membuat lidah bergoyang.
Hehehe… Yang namanya makan, lidah pasti bergoyang kan ya….
Cobain deh resepku yang satu ini, dijamin puas deh…..

Bahan:

  • 100 gram mie kering
  • 1 butir telur kocok
  • 50 gram daging ayam
  • 50 gram udang
  • Jamur kuping, iris tipis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • ½ sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • ½ sdt minyak wijen
  • Daun bawang secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Rebus mie sampai matang, tiriskan, beri sedikit minyak agar mie tidak menggumpal.
  2. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, berubah warna. Masukan daging ayam dan udang, masak sampai matang. Masukan telur, masak sampai telur matang.
  3. Masukan jamur kuping, saos tirem, kecap manis,garam, gula dan merica. Aduk sampai rata. Tambahkan air putih.
  4. Setelah mendidih, masukan mie dan daun bawang, aduk hingga matang. Masukan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat.

Ayam Kung Pao ala Ven’s

Ayam Kung Pao bikinanku ini nggak pake paprika, karena suamiku tercinta kurang suka paprika, jadi sebagai gantinya ku tambahkan tofu . Emang , rasanya sih nggak pedes, karena nggak pake cabe dan sambel, Tapi tetap enak kok.

Bahan:

  • 400 gram dada ayam, potong sesuai selera
  • Kacang mede goreng
  • 1 buag tofu, potong-potong, goreng
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 5 buah cabe merah kering
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • 1 sdm saos tiram
  • Air secukupnya

Bahan marinate untuk ayam:

  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt madu
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm arak masak

Cara membuat:

  1. Marinate ayam + 30 menit, kemudian tumis hingga matang. Sisihkan.
  2. Saus: Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukan semua bumbu. Aduk rata, tambahkan air, masukan cabe kering, didihkan.
  3. Masukan Ayam dan tofu, aduk rata. Masak hingga kuahnya hampir habis. Tambahkan kacang mede. Aduk sebentar, Angkat. Sajikan.

Cap Cay Goreng

sayuran ini trdiri dari macam-macam sayuran. Intinya sayuran apapun bisa dijadikan Cap Cay. Berhubung di kulkasku cuma ada beberapa macam, maka aku buat yang seperti di bawah ini. Mestinya campuran sayurnya bisa ditambahkan kapri, buncis, kubis, sawi putih, jagung muda.
Terus, boleh pakai Udang, ati ayam, daging babi/ sapi, atau kalau mau lebih enak lagi campur aja dengan Hoisom dan perut ikan. Dijamin Ueenak deh…


Bahan:

  • 50 gram daging ayam, potong-potong
  • 5 buah baso sapi, potong-potong
  • 1 buah kekian, potong-potong
  • 1 buah wortel, potong-potong
  • 200 gram brokoli, potong-potong
  • 1 ikat sawi hijau, potong-potong
  • 100 gram kembang kol, potong-potong
  • 2 siung bawang putih, rajang kasar
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdm saos tirem
  • ½ sdm gula
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm tepung maizena, cairkan

Cara membuat:

  1. Kukus wortel, brokoli dan kembang kol sampai agak empuk, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan kecap ikan, aduk sebentar. Masukan daging ayam, baso, dan kekian, aduk-aduk sampai daging matang. Masukan saos tirem, gula, garam, merica, tambahkan sedikit air.
  3. Masukan wortel, brokoli, kembang kol, dan sawi hijau, aduk rata. Tambahkan tepung cairan pepung maizena untuk mengentalkan. Aduk rata, angkat.

Tim Kerapu

Daging ikan kerapu memang sangat lembut, sehingga enak untuk dijadikan santapan sehari-hari. Apalagi bergizi tinggi dan cocok buat kita-kita yang mengurangi makanan berlemak.

Bahan:

  • 1 ekor ikan kerapu
  • 2 sdm ang ciu/ arak masak untuk melumuri ikan
  • 3 buah jamur hioko, rendam air, potong-potong
  • 1 ruas jahe muda, potong seperti korek api
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • Daun bawang, potong-potong

Saos:

  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 buah cabe rawit, iris tipis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih ikan, rendam dengan ang ciu + 15 menit. Sementara itu didihkan air dalam dandang.
  2. Taruh ikan ke atas pinggan tahan panas, taruh semua bahan lain diatasnya.
  3. Kukus dalam dandang selama + 10 menit hingga matang. Sajikan hangat bersama saus kecap.
  4. Saus: Campur semua bahan jadi satu.

Mie Goreng Hokkian

Mmm…Yummy….. Mie yang satu ini kesukaanku, karena mie-nya yang tebal dan rasanya yang enak, membuatku nggak pernah bosan untuk makan mie ini.

Bahan :

  • 300 gram mie Hokkian
  • 50 gram udang kupas
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram daging babi/ayam
  • 1 kekian, iris tipis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 5 buah bawang merah iris tipis
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, potong-potong
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, bawang merah sampai berubah warna, masukan udang, daging babi. Masak sampai matang. Masukan telur, masak sampai telur matang.
  2. Masukan kekian, aduk-aduk sebentar, tambahkan saos tirem, kecap manis,garam, gula dan merica. Aduk sampai rata. Masukan air putih.
  3. Masukan mie, aduk hingga matang. Masukan daun bawang, aduk. Masukan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat.

Sapi Lada Hitam

Dari dulu kepengen sekali masak sapi lada hitam, cuma nggak kesampaian. Soalnya nggak tahu resepnya. Akhirnya kuberanikan diri untuk mencoba- coba sendiri, dengan bumbu- bumbu yang sederhana. Akhirnya jadi juga Sapi Lada Hitam ala Ven’s

Bahan:

  • 300 gram daging sapi khas dalam, iris tipis-tipis
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • ½ buah bawang bombay, iris tipis
  • ½ sdm gula
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt lada hitam
  • 1 sdm saos tiram
  • Margarin untuk menumis

Cara membuat:

  • Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukan daging, dan semua bumbu kecuali lada hitam, masak sampai daging matang. Kemudian masukan lada hitam, aduk sebentar, angkat. Sajikan.

Mie Kuah ala Ven,s

Mie memang enak dinikmati kapanpun. Apalagi kalau cuaca kurang bersahabat belakangan ini, maka untuk menu sehari-hari saya memilih yang berkuah. Selain cara membuatnya gampang, kami semua memang suka makan mie. Jadilah mie kuah ala Ven,s

Servings : 2 person

Bahan:

  • 200 gram mie basah
  • 6 ekor udang
  • 50 gram daging babi /ayam
  • 6 buah baso ikan
  • 6 potong stick crab (daging kepiting olahan)
  • Pok choy secukupnya
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt Kecap ikan
  • Garam secukupnya
  • 2 siung bawang putih, rajang kasar
  • ½ sdt merica
  • 2 sdt saos tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • Minyak untuk menumis
  • 750 ml air

Cara Membuat:

  1. Siram mie basah dengan air panas, biarkan sebentar, kemudian saring. Masukan mie yang telah disaring kedalam mangkuk yang telah di beri saos tiram dan minyak wijen. Aduk Rata, sisihkan.
  2. Kuah: tumis bawang putih sampai harum, masukan udang, babi, tumis sampai matang, tambahkan kecap ikan, aduk sebentar, tambahkan air. Setelah mendidih, tambahkan gula, garam, merica, dan masukan sisa bahan lainya. Setelah mendidih kembali, matikan api.
  3. Siapkan 2 buah mangkuk, bagi 2 mie dan masukan ke dalam mangkuk. Tuang kuah keatasnya, taburi dengan daun bawang dan bawang putih goreng. Sajikan hangat.

Kwetiaw Siram

Kalau cuaca lagi dingin, paling enak makan yang hangat-hangat dan berkuah. Kwetiau siram ini boleh dicoba deh …..

Bahan :

  • 300 gram kwetiaw
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram daging ayam/babi
  • 12 ekor udang
  • 1 kekian, iris tipis
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 6 buah bawang merah iris tipis
  • Sawi hijau secukupnya
  • Wortel secukupnya
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, iris tipis-tipis
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya
  • 1 sdm kanji yang sudah diberi air

Cara Membuat :

  1. Rebus kwetiaw sampai empuk, angkat tiriskan, campur dengan sedikit minyak, saos tiram, minyak wijen.
  2. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang merah, bawang putih sampai berubah warna, masukan daging ayam, udang, kekian, Masak sampai matang. Masukan sayur, aduk sebentar, Tambahkan air kira-kira 1 liter, setelah air mendidih, Masukan garam, gula dan merica, Aduk sampai rata tambahkan air kanji, setelah meletup letup, masukan telur, masak sebentar saja. Matikan api.
  3. Siapkan piring isi dengan kwetiaw, siram atasnya dengan kuahnya, taburi dengan daun bawang dan bawang goreng, sajikan hangat.