Steak Pork Chop ala Ven’s

Steak pork chop ini yummy bener rasanya. Dagingnya juga empuk banget, karena sudah di-marinate cukup lama. Tampilannya sih sederhana, tapi rasanya………Ma….NYusss

Bahan:

  • 2 potong pork chop ( + 400 gram)
  • 1 sdm kecap jamur
  • 1 sdm kecap manis
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 2 siung bawang putih cincang


Bahan Saos:

  • 1 buah bawang bombay iris tipis
  • 5 buah jamur kancing iris tipis
  • 1 sdm saos tiram
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • ½ sdm kecap jamur
  • ½ sdm kanji yang sudah dicampur air
  • 2 sdm ang ciu

Cara membuat:

  1. Campur pork chop dengan semua bumbu ( marinate), kemudian masukan dalam lemari es selama + 2 jam.
  2. Saos: Tumis bawang bombay sampai layu, masukan jamur kancing, aduk rata, masukan saos tiram, gula, garam, merica, kecap jamur, aduk rata. Tuang ang ciu, aduk sebentar, masukan air kanji angkat.
  3. Panggang pork chop sampai matang, siram dengan saosnya, Hidangkan bersama wortel dan kentang goreng.

Siomay

Siomay , merupakan makanan wajib saat dim sum. Siapa pun pasti menyukainya. Siomay ku ini memang kurang bagus bentuknya. Tapi sekali makan, pasti mau terus deh… Nggak puas kalau belum habis.
Bagi yang Muslim, Jika pengen membuat siomay ini, daging babi bisa diganti dengan daging ayam.


Bahan:

  • Kulit siomay
  • 500 gram daging babi, cincang
  • 100 gram udang, cincang
  • 200 gram bengkoang, cincang halus
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 ruas jahe , cincang
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 butir telur
  • 3 batang daun bawang, iris tipis

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan jadi satu ( kecuali kulit siomay), uleni sampai tercampur rata.
  2. Siapkan kulit siomay, bungkus adonan kedalamnya.
  3. Siapakan dandang, kukus siomay sampai matang. Sajikan hangat.

Bakwan Goreng

Gorengan yang satu ini emang enak, karena terdiri dari babi, udang dan ikan. Dimakan pake sambel, Hmmm… Bakwan goreng bikinan ku kriuk abis. Cobain deh….

Bahan:

  • 400 gram daging babi, cincang
  • 200 gram daging ikan tenggiri, cincang
  • 100 gram daging udang, cincang
  • 400 gram tepung sagu
  • 8 butir telur ayam
  • 4 sdm kecap ikan
  • 1 sdt garam
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt merica

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan ( kecuali telur dan sagu) aduk hingga rata sambil diuleni.
  2. Tambahkan telur dan tepung sagu, aduk rata sambil diuleni.
  3. Bulatkan adonan lalu goreng hingga matang. Sajikan.

Baikut panggang dengan charsiu sauce

Masakan yang satu ini boleh dicoba deh. Selain mempunyai cita rasa yang khas, dagingnya juga empuk banget. Mungkin karena direndam dengan bumbu perendam dengan lama sehingga bumbunya menyatu dengan dagingnya. Hmmm…. Baikut panggang yang menggugah selera.


Bahan:

  • 800 gram baikut babi
  • 1 sdm madu untuk olesan

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm angkak, haluskan
  • ½ sdm garam
  • 1 sdt ngo hiong
  • 2 sdm arak
  • 1 sdm Charsiu Sauce
  • 1 sdm saos tomat
  • 1 sdt merica
  • 2 sdm gula

Cara Membuat:

  1. Potong-potong baikut babi mengikuti tulangnya.
  2. Campur semua bumbu sampai rata, oleskan pada baikut dan diamkan (marinate) selama + 3-7 jam.
  3. Panggang sampai matang. Olesi permukaannya dengan madu.
  4. Sajikan bersama sayuran yang dikukus dan kentang goreng.

Lo Bak Banjar

Makanan yang satu ini agak unik memang, karena khas dari Banjar. Tapi rasanya jangan diragukan deh. Sekali mencoba, pasti ketagihan. Cara bikinnya juga gampang. cuma tinggal mencampur-campur, jadi deh….

Untuk: 2 porsi

Bahan:

  • Babi kecap, iris tipis
  • 1 buah timun, iris tipis-tipis
  • 2 butir telor rebus, potong-potong

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah, buang biji
  • ½ sdt garam
  • ½ sdm gula

Cara membuat:

  1. Campur bumbu halus, tambahkan kuah babi kecap. Aduk rata.
  2. Susun timun, daging babi dan telor diatas piring, Siramkan bumbu diatasnya.Sajikan.

Babi Kecap

Biasanya untuk membuat babi kecap, digunakan daging 3 lapis (san cam). Tapi karena keluarga saya tidak terlalu menyukai san Cam karena terlalu banyak lemak, Maka saya menggunakan dagingnya saja. baikut juga enak diolah menjadi babi kecap.

Bahan:

  • 500 gram daging babi, potong-potong
  • 4 butir telur rebus
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 3 sdm kecap manis
  • 1,5 liter air
  • Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 10 bawang merah
  • 1 ruas jahe

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan daging, masak sampai berubah warna. Tambahkan kecap manis, gula, garam, merica, aduk rata. Tuang air, aduk sebentar.
  2. Masukan semuanya kedalam panci ( boleh dipresto) dan masak sampai empuk. Sajikan.