Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng, siapa sih yang tidak suka?  Resep yang satu ini saya dapatkan dari  teman saya.  Rasanya sih enak banget,  manis, gurih……  Pokoknya yummy deh.

Ayam_Goreng_Kalasan.jpg

Bahan:

1 ekor ayam kampung, potong menjadi 4 bagian

1 sdt ait jeruk nipis

300 cc air kelapa

50 gram gula merah

2 sdm kecap manis

Bumbu yang dihaluskan:

8 buah bawang merah

5 siung bawang putih

1 sdm garam

3 cm lengkuas

Cara Membuat :

  1. Bersihkan ayam, olesi dengan air jeruk nipis. Campur ayam dengan bumbu halus, air kelapa, gula merah, dan kecap manis. Masak dalam wajan tertutup hingga ayam empuk. Matikan api.
  2. Biarkan ayam terendam bumbu hingga agak dingin. Goreng dalam minyak panas, hingga matang, sesaat sebelum disajikan.

Ayam Kung Pao ala Ven’s

Ayam Kung Pao bikinanku ini nggak pake paprika, karena suamiku tercinta kurang suka paprika, jadi sebagai gantinya ku tambahkan tofu . Emang , rasanya sih nggak pedes, karena nggak pake cabe dan sambel, Tapi tetap enak kok.

Bahan:

  • 400 gram dada ayam, potong sesuai selera
  • Kacang mede goreng
  • 1 buag tofu, potong-potong, goreng
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 5 buah cabe merah kering
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • 1 sdm saos tiram
  • Air secukupnya

Bahan marinate untuk ayam:

  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt madu
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm arak masak

Cara membuat:

  1. Marinate ayam + 30 menit, kemudian tumis hingga matang. Sisihkan.
  2. Saus: Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukan semua bumbu. Aduk rata, tambahkan air, masukan cabe kering, didihkan.
  3. Masukan Ayam dan tofu, aduk rata. Masak hingga kuahnya hampir habis. Tambahkan kacang mede. Aduk sebentar, Angkat. Sajikan.

Ayam saos Inggris

Ayam saos Inggris, rasanya …. Hmmmm Luar biasa…. Perpaduan antara saos tiram dan kecap inggris membuat ayam ini mempunyai cita rasa tersendiri. Nggak percaya? buktiin aja sendiri… Hahaha…


Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung potong-potong
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 buah cabe merah, buang biji, iris tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 2 sdm kecap inggris
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm saos tiram
  • 2 sdm gula
  • Garam secukupnya
  • Margarin untuk menumis
  • Air secukupnya

Bahan untuk marinate ayam:

  • 1 sdm air jeruk nipis
  • ½ sdm garam

Cara membuat:

  1. Marinate ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan + 15 menit. Goreng ayam sampai matang, sisihkan
  2. Tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay sampai layu, tambahkan kecap ikan, saos tiram dan kecap inggris serta bumbu lainnya. Masukan ayam, aduk-aduk sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit air, masak sampai mengental, matikan api. Hidangkan.

Sayap Ayam masak Green Sand

Resep yang satu ini aku dapatkan sewaktu kuliah. Yang ngasih tau teman SMA ku dulu (namanya Chui Jau) Rasanya enak banget deh. Sekali mencoba pasti ketagihan.



Bahan:

  • 6 buah sayap ayam
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 kaleng green sand
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula
  • 1/2 sdt merica
  • Minyak untuk menggoreng


Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis
  2. Goreng ayam sampai matang. angkat.
  3. Campur semua sisa bahan dengan ayam goreng, diamkan selama kurang lebih 15 menit, sampai bumbu meresap.
  4. Panaskan wajan, masukan ayam beserta bahan perendamnya, masak sampai kuahnya mengental, matikan api, hidangkan…

Ayam Bakar Manis

Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong-potong
  • 6 sdm kecap manis
  • 500 ml santan
  • 30 gram gula merah
  • ½ sdt air jeruk nipis

Bumbu halus:

  • 8 biji bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 biji cabe merah
  • 1 sdm garam

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus sampai harum, aduk sampai berubah warna.

2. Masukan ayam, aduk sampai bumbu tercampur rata.

3. Tambahkan kecap dan gula merah, tambahkan juga air jeruk nipis. Tuang santan masak sampai bumbunya agak kering.

4. Bakar ayam sampai harum. Sajikan dengan sambal kecap.

Ayam Kecap

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung potong-potong
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 6 buah bawang merah cincang
  • 1 buah bawang bombay iris tipis
  • 2 sdm kecap manis
  • 300 ml air
  • 1 sdm gula
  • ½ sdm garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt pala
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay, setelah agak layu tambahkan bawang merah dan bawang putih. Aduk sampai berubah warna.
  2. Setelah itu, masukan ayam, aduk sampai bumbu tercampur rata.
  3. Tambahkan air, masak hingga mendidih. Kemidian masukan semua bumbu, tutup wajan, masak dengan api kecil sampai ayam lunak. Angkat.