Babi Kecap

Biasanya untuk membuat babi kecap, digunakan daging 3 lapis (san cam). Tapi karena keluarga saya tidak terlalu menyukai san Cam karena terlalu banyak lemak, Maka saya menggunakan dagingnya saja. baikut juga enak diolah menjadi babi kecap.

Bahan:

  • 500 gram daging babi, potong-potong
  • 4 butir telur rebus
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 3 sdm kecap manis
  • 1,5 liter air
  • Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 10 bawang merah
  • 1 ruas jahe

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan daging, masak sampai berubah warna. Tambahkan kecap manis, gula, garam, merica, aduk rata. Tuang air, aduk sebentar.
  2. Masukan semuanya kedalam panci ( boleh dipresto) dan masak sampai empuk. Sajikan.

7 Replies to “Babi Kecap”

  1. cik ven,gmn ya caranya supaya kuahnya kental.kok aq masak malah jd kya semur.oya cik ven anakku suka pake sam cam,gmn ya pengolahannya soalnya kan aq masak kulitnya jd keras.boleh tolong kasih cara dong spy sam camnya empuk.thx..

  2. Biasanya sih kalau mau kuahnya kental, memang menggunakan daging sam cam. Karena lemak dari sam cam yang bikin kuahnya kental. Biasanya sih kalau mau empuk dipresto / digodog lama.

  3. Sorry yah Ven tapi ini mah bukan resep babi kecap DAN babi kecap itu kentalnya bukan karena dari lemak samcan.

    ini resep antara blasteran babi sate dan babi kecap tapi bukan 2 2 nya

    resep loe yg buat semur daging juga ngaco itu. Itu mah bistik daging. ada bedanya bistik dan semur.

    1. Mungkin begitu kalau di daerah lain… tp ini resep dari rumah saya, alias turun menurun dari nenek. saya tahunya ini nih…:)
      Jadi boleh dong beda…. Soto aja tiap daerah beda2 kan? hehe….

  4. Kegunaannya telur rebus disini buat apa yah??
    Mau coba resepnya, kayaknya mudah tapi pengen tau dulu 🙂

Comments are closed.