Ayam saos Inggris

Ayam saos Inggris, rasanya …. Hmmmm Luar biasa…. Perpaduan antara saos tiram dan kecap inggris membuat ayam ini mempunyai cita rasa tersendiri. Nggak percaya? buktiin aja sendiri… Hahaha…


Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung potong-potong
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 buah cabe merah, buang biji, iris tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 2 sdm kecap inggris
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm saos tiram
  • 2 sdm gula
  • Garam secukupnya
  • Margarin untuk menumis
  • Air secukupnya

Bahan untuk marinate ayam:

  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Β½ sdm garam

Cara membuat:

  1. Marinate ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan + 15 menit. Goreng ayam sampai matang, sisihkan
  2. Tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay sampai layu, tambahkan kecap ikan, saos tiram dan kecap inggris serta bumbu lainnya. Masukan ayam, aduk-aduk sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit air, masak sampai mengental, matikan api. Hidangkan.

17 Replies to “Ayam saos Inggris”

  1. maaf, mao tny… saos inggris itu kyk apa yah?
    merek apa? trs bahasa inggrisnya apa yah… soalnya tinggal di malaysia jd kykna ga bkl ditulis “saos inggris” gt dech
    can you reply to my email? that’d b great, thanks!

  2. Sari, ayam kampung kalau mau empuk, pilih ayam yang muda ( kalau tua dagingnya alot). Kalau untuk sop, direbus agak lama. Dan kalau untuk ayam goreng, di ungkep dulu baru di goreng. Semoga membantu…

  3. hai mba Evenna, kenalkan saya Epi, tau blog ini dari detikinet. Selamat ya, sudah menang πŸ™‚

    Mau tanya, biasanya pakai saus tiram merk apa? Saya pakai Saori, tapi rasanya beda sama yg di resto2. Sempat menduga masalahnya bkn di merek, tapi siapa tau beda merk bisa beda rasanya. πŸ˜€

    Thx sebelumnya…

  4. Hai Epi, Kalau saus tiram sih saya biasanya pake saos tiram cap panda ( Lee Kum Kee) Biasnya ada di supermarket/hypermarket. Bukan saya mau promosi nih, tapi emang rasanya beda kok dengan yang lain.

  5. Hai Sarah, caranya sama aja. Guraminya di goreng dulu, baru tumis bumbuya, dan masukan guraminya.
    Selamat mencoba ya…

  6. Hi Ven. jumpa lagi..
    Tadinya aku ndak yakin rasanya ayam saos iggris ni gimana.. ternyata menarik.. Yuuummm..

    Cuman aku beda cara masaknya.. Ayamnya ndak kugoreng dulu.. Tumis bawang bombay merah aja, bawang putih, sama cabe pakai olive oil sampai layu Terus ayamnya kumasukin, ikut ditumis sampai 1/2 mateng. Selanjutnya.. sama deh.. rasanya.. menarik. Definitely make again!! Thanks ya..

  7. Mbak klo misalnya gak pake kecap ikan trus d ganti kecap manis kan gpp dunk,,, coz suamiq g suka kecap ikan,,,

    1. boleh saja,cuma kecap ikan ada rasa asinnya. ntar dicoba aja,kl kurang asin tambahkan garam dikit.

    1. marinate itu maksudnya kalau daging ayam sudah dibumbui, didiamkan dulu, supaya bumbunya meresap.

Comments are closed.