Ayam Kung Pao ala Ven’s

Ayam Kung Pao bikinanku ini nggak pake paprika, karena suamiku tercinta kurang suka paprika, jadi sebagai gantinya ku tambahkan tofu . Emang , rasanya sih nggak pedes, karena nggak pake cabe dan sambel, Tapi tetap enak kok.

Bahan:

  • 400 gram dada ayam, potong sesuai selera
  • Kacang mede goreng
  • 1 buag tofu, potong-potong, goreng
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 5 buah cabe merah kering
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • 1 sdm saos tiram
  • Air secukupnya

Bahan marinate untuk ayam:

  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt madu
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm arak masak

Cara membuat:

  1. Marinate ayam + 30 menit, kemudian tumis hingga matang. Sisihkan.
  2. Saus: Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukan semua bumbu. Aduk rata, tambahkan air, masukan cabe kering, didihkan.
  3. Masukan Ayam dan tofu, aduk rata. Masak hingga kuahnya hampir habis. Tambahkan kacang mede. Aduk sebentar, Angkat. Sajikan.

13 Replies to “Ayam Kung Pao ala Ven’s”

  1. Hi Venna,
    Saya salut deh sama hobi masakmu. Biasanya cewek2 sekarang jarang yang hobi masak..apalagi blusukan ke pasar tradisional. Aku suka ama ayam kung pao. Begitu tahu resep ini aku senang sekali.
    Ven, maksudnya marinate itu apa? Trus cabe merah kering itu biasanya beli dimana ya? Apa ada di pasar tradisional?

  2. Hai Sioe,
    marinate itu artinya, bumbunya dibalurkan ke bahan yang akan dimasak, misalnya daging, terus diamkan.
    Cabe kering bisa dibeli di pasar tradisional. Tapi kalo nggak ketemu, di Hypermarket juga ada. Di bagian bumbu-bumbu.
    Thanks…

  3. Nico, kecap jamur itu hampir sama dengan kecap asin, tapi bahan-bahannya ada jamur. Kalau kecap asin biasa kan nggak ada. Kalau nggak ada kecap jamur, pakai kecap asin juga nggak apa-apa.

  4. Hi Venna,

    Aku baru pertama kali nemu blog mu ini, rasanya senang banged karena aku uda kehabisan ide pikirin menu apa yang hendak dimasak buat suami dan anak tercinta. Kebetulan sekarang aku tinggal di Aussie dan jauh dari keluarga dekat. Sekarang aku lagi pinginnya masak ayam asam manis kira2 bahannya seperti masak ikan asam manis ya? Thanks ya Venn replynya….

  5. Hi Venna,

    Aku uda coba masak ayam Kung Pao nya tapi warnanya tidak sebagus punya kamu cuma aku tidak taruh arak karena tidak tau mau taruh arak yang bagaimana.. mohon petunjuknya. Tks

  6. Hai Lidya, thanks ya sudah ngunjungi blog-ku.
    Untuk ayam asam manis, cara memasaknya hampir sama dengan ikan asam manis. Hanya saja untuk ayam, saya biasanya nggak pake kanji. Jadi bumbunya nggak kental.

  7. Lidya, kalau nggak mau pake arak, boleh saja.
    Kalau soal warna, mungkin waktu menumis, menaruh airnya terlalu banyak. Coba lagi ya….

  8. salam kenal.. 😀

    waduh.. ven.. ampek ngiler nih liat web u
    kebetulan nyasar ke sini, lagi boring ama masakan nyokab yang itu2 terus..
    kreativ bgt ya kamu..

Comments are closed.