Tamie Goreng ala Ven’s

Rasa mie yang kriuk-kriuk seperti kerupuk ini, dikenal dengan nama tamie. Cara membuatnya sih gampang. Karena cuma disiram dengan campuran daging dan sayur. Lauk yang disiramkan ke atasnya mirip dengan cap cay. Jadi gampang banget kok memasaknya. Bagi para penggemar mie, perlu nyoba resep yang satu ini nih….

 

 

Tamie_Goreng.jpg

Bahan :

 

1 bungkus tamie, goreng

1 butir telur kocok

100 gram daging ayam/babi

50 gram udang

Jamur hioko, rendam air, iris tipis

1 ikat pok choy

3 siung bawang putih cincang

Garam secukupnya

½ sdt merica

1 sdm gula

½ sdm kecap ikan

1 sdm saos tiram

1 sdm minyak wijen

1 sdm kanji, larutkan dengan sedikit air

Minyak untuk menumis

Air secukupnya

 

Cara Membuat :

 

  1. Goreng telur sampai matang, orak-arik, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukan daging ayam dan udang masak sampai matang. Tambahkan kecap ikan. Saos tiram, aduk sampai rata. Masukan jamur, telur dan pok choy, aduk rata, Masukan semua sisa bumbu. Tambahkan air, setelah air mendidih, masukan air kanji, aduk sampai mengental dan siram ke atas mie.
  3. Tamie siap dihidangkan.

Ceker Ayam Tausi

Ceker Ayam merupakan salah satu makanan favorit ku. Walaupun nggak semua orang menyukai ceker ayam. Makanan ini biasanya selalu ada direstaurant dim sum. Dan rasanya pun enak, agak kenyil-kenyil, dan rasanya empuk sekali. Tulangnya pun sudah terlepas semua. Bagi yang belum pernah nyoba, coba dulu aja makan menu ini direstaurant dim sum, setelah itu kalau doyan, silahkan coba bikin sendiri……..

Resep ini merupakan hasil modifikasi dari kursus di Ming Garden, dan dari resep yang saya dapatkan dari teman saya.

Ceker_ayam_tausi.jpg

Ceker Ayam Tausi

Bahan :
½ kg kaki ayam
1 sdm kecap mushroom

Bumbu perendam :

4 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, iris tipis-tipis
½ sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap mushroom
1 sdm ang ciu
1 sdm gula pasir
2 buah pekak
1 sdm angkak merah (diulek)
½ sdt garam
½ sdt lada
¾ ltr air

Bumbu tausi:
2 siung bawang putih cincang
1 sdm tausi
Minyak wijen secukupnya
2 sdm sagu, campur sedikit air

Cara membuat :

1. Bersihkan ceker ayam, lumuri dengan garam & air jeruk nipis, biarkan 10 menit, cuci bersih, tiriskan.

2. Siramkan kecap mushroom pada ceker ayam yang telah dibersihkan.

3. Goreng ceker ayam sampai kering, angkat, langsung rendam dalam air es, sekitar 1 jam.

4. Tumis bawang putih & jahe, sampai harum, masukkan ceker ayam dan semua bumbu perendam. Masukkan air dan masak sampai ceker empuk ( di presto).

5. Setelah ceker empuk, sisihkan beserta kuahnya.

6. Tumis bawang putih sampai harum, , masukkan tausi, aduk sebentar, kemudian masukkan ceker yang telah empuk beserta sisa kuahnya. Tambahkan minyak wijen & air sagu. Aduk sampai mengental, angkat, ceker siap dihidangkan.

Cumi- Cumi Saos Ingris

Seafood yang satu ini, gampang banget masaknya. Cuma dalam waktu kurang dari 30 menit saja, cumi saos Ingris, sudah siap dihidangkan di meja makan.

Cumi_cumi_Saos_Inggris.jpg

Bahan :

500 gram cumi

2 siung bawang putih, cincang

1/2 bh bawang bombai

1 bh cabe merah gede

1 sdm saos tiram

1 sdm kecap ingris

2 sdm gula pasir

1/2 sdt garam

air secukupnya

Cara membuat:

1. Bersihkan cumi sampai bersih, kemudian potong sesuai selera.

2.  Tumis bawang putih dan bawang bombaihingga harum, masukan cabe, aduk sebentar, kemudian masukan saos tiram, kecap inggris,  aduk rata. Tambahkan air.

3. Setelah air mendidih,  masukan gula, garam, dan cumi. Masak sebentar sampai matang. Angkat sajikan.

Tips : Memasak cumi sebentar saja. Karena kalau memasaknya terlalu lama, cumi akan terasa alot ( keras).

Kerang Hijau Saus Padang

Masakan ini saya coba karena terinspirasi dengan kerang Hijau saos padang yang pernah saya makan di salah satu resto di Surabaya. Karena senang dengan menu ini, maka aku coba masak sendiri. Bumbunya pun coba-coba. Jadilah Kerang hijau saos padang ini. Rasanya sih manis dan pedas.

Kerang_Hijau_Saus_Padang.jpg

Bahan:

1 kg Kerang Hijau

3 sdm saos tomat

1 sdm saos sambel

3 biji lombok hijau, dirajang tipis

1/2 sdt garam

1/2 sdt garam

2 siung bawang putih, cincang

air secukupnya

Cara menbuat:

1. Bersihkan kerang, kukus sampai matang ( mengukusnya jangan terlalu lama, karena kalau lama bisa membuat kerang menjadi keras).

2. Kupas kerang, buang kulitnya sebagian, kemudian sisihkan.

3. Tumis bawang putih sampai harum, masukan lombok, tomat, saos sambel, garam & gula, aduk rata tambahkan air. Setelah air mendidih, masukan kerang dan aduk rata.Masak sampai tercampur rata. Kerang siap untuk dihidangkan.

Official Launch : New Home for Ven’s Kitchen Blog

Halo semua,

Hari ini 10 April 2008, blog saya resmi pindah rumah dari blogger ke www.EvennaChang.com yang berbasis wordpress. Suami saya yang pindahin setelah bekerja keras lebih dari 12 jam.

Rumah baru ini diharapkan membuat saya aktif lagi memposting koleksi resep masakan saya yang ternyata dibaca oleh banyak orang Indo di seluruh dunia. Ada yang dari Australia, Inggris, Jerman, Belanda, Amerika, Singapore dan masih banyak lagi. Saya jadi dapat banyak teman baru melalui blog ini.

So, saya akan aktif lagi, tolong kasi komentar, saya akan rajin membalas komentar Anda.  Dan bila ada usulan resep atau hal lain, silakan kontak saya.

Semoga Anda semua ‘menikmati’ resep masakan saya 🙂