Sambel Goreng Kentang Ati


Sambel goreng kentang ku ini bumbunya minimalis, tapi rasanya nggak perlu diragukan. Dan karena aku suka masakan manis, maka rasanya pun agak manis. Jika mau agak asin, tinggal yambah garam aja… :-))
Bahan:

  • 400 gram kentang, potong kotak
  • 2 buah ati ayam, potong-potong
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • ½ sdm gula
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Goreng kentang ½ matang, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukan ati ayam,masak hingga ati matang, tambahkan kentang, kecap manis, garam dan gula, aduk rata.
  3. Tambahkan air secukupnya, masak hingga matang, sajikan.

Soup Wonton


Sop pangsit ini enak dinikmati dalam keadaan hangat. Rasanya lembut banget. cobain deh…


Bahan pangsit :

  • 30 lembar kulit pangsit
  • 200 gram daging babi / ayam
  • 50 gram daging udang cincang
  • Garam secukupnya
  • ½ sdm Gula pasir
  • 1 sdt merica
  • 1 sdm bawang putih goreng, haluskan
  • 1 sdt minyak wijen

Bahan Kuah:

  • 2 siung bawang putih cincang.
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • Bawang putih goreng
  • Daun bawang
  • 750ml air

Cara membuat:

  1. Cincang daging babi/ayam, tambahkan semua bahan. Campur jadi satu.
  2. Siapkan kulit pangsit, isi bahan isian kedalamnya. Bentuk sesuai selera. Sisihkan.
  3. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan air masak sampai mendidih. Masukan pangsit dan bumbu lainnya, rebus sampai matang, angkat. Tambahkan daun bawang dan bawang putih goreng. Sajikan hangat.

Ca Pok Choy


Sayur Pok Choy ini, sangat sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Sayur ini juga dikenal dengan sebutan sawi daging. Biasanya sih di ca dengan daging sukiyaki. Tapi kalau makan di restoran Chinese , biasanya dimasak dengan moku. Jadi aku coba-coba bikin sendiri di rumah. Ternyata, hasilnya ok juga lho…


Bahan:

  • 300 gram sayup pok choy
  • 2 buah jamur hioko, iris tipis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm kanji, cairkan
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. kukus sayur pok choy sampai matang. Angkat, susun di piring saji.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan jamur, saos tiram, gula, garam, dan air. Setelah mendidih, masukan air kanji, aduk sampai mengental, angkat, siram ke atas sayuran. Sajikan

Tumis Soun dengan Jamur


Aku suka.. sekali makan soun, jadi untuk makan di rumah, aku sering sekali masak soun. Apalagi sounnya di campur dengan jamur dan udang, Hmmm yummy….

Bahan:

  • 250 gram soun, rendam dengan air + 30 menit
  • 70 gram udang kupas
  • 50 gram daging babi / ayam
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Jamur kuping secukupnya, rendam air, iris tipis
  • Jamur hioko, rendam air, iris tipis
  • Daum bawang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdt kecap asin
  • ½ sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt merica
  • 1 sdm saos tiram
  • Air putih secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng telur, orak arik, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukan udang dan daging. Masak sampai berubah warna, tambahkan telur dan semua bumbu, kemudian tambahkan air.
  3. Setelah air agak mendidih, masukan soun, jamur, dan daun bawang. Masak sampai air terserap habis. Sajikan.

Kroket isi Daging


Kroket kentang…. Hmmm Yummy… Membuatnya gampang-gampang susah , dan diperlukan kesabaran. salah sedikit aja, pada saat menggoreng, kulitnya bisa pecah. Tapi kalau dilakukan dengan baik, hasilnya pasti ok.

Bahan Kulit:

  • 500 gram kentang
  • 80 gram mentega tawar
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt pala
  • Putih telur
  • Tepung roti

Bahan Isi:

  • 200 Gram daging giling
  • 4 buah sosis ayam, potong tipis
  • 100 gram wortel potong kotak-kotak kecil
  • 2 sdm gula
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 1 ½ sdt pala
  • 100 gram mentega
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdm tepung sagu yang sudah diberi air

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 6 bawang merah

Cara membuat:

  1. Isi: Lelehkan margarin, tumis bumbu halus sampai harum, masukan daging giling, masak sampai berubah warna, tambahkan sosis dan wortel, aduk sebentar, masukan susu cair dan semua bumbu. Masak hingga mengental, tambahkan tepung sagu, aduk sampai meletup-letup dan adonan kental, matikan api.
  2. Kulit: Kukus kentang sampai matang, haluskan, Masukan semua bahan (kecuali putih telur dan tepung roti), aduk sampai rata.
  3. Bulatkan kentang, masukan adonan isi kedalamnya. Bungkus rapat, celupkan kedalam putih telur dan kemudian gulingkan ke tepung roti.
  4. Goreng sampai kuning, sajikan hangat.

Mie Goreng Nyemek

Mie goreng yang masih agak-agak basah , enak lho! Apalagi kalau pakai mie yang kecil-kecil. Pasti nyaman deh…Bisa membuat lidah bergoyang.
Hehehe… Yang namanya makan, lidah pasti bergoyang kan ya….
Cobain deh resepku yang satu ini, dijamin puas deh…..

Bahan:

  • 100 gram mie kering
  • 1 butir telur kocok
  • 50 gram daging ayam
  • 50 gram udang
  • Jamur kuping, iris tipis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • ½ sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • ½ sdt minyak wijen
  • Daun bawang secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Rebus mie sampai matang, tiriskan, beri sedikit minyak agar mie tidak menggumpal.
  2. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, berubah warna. Masukan daging ayam dan udang, masak sampai matang. Masukan telur, masak sampai telur matang.
  3. Masukan jamur kuping, saos tirem, kecap manis,garam, gula dan merica. Aduk sampai rata. Tambahkan air putih.
  4. Setelah mendidih, masukan mie dan daun bawang, aduk hingga matang. Masukan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat.

Siomay

Siomay , merupakan makanan wajib saat dim sum. Siapa pun pasti menyukainya. Siomay ku ini memang kurang bagus bentuknya. Tapi sekali makan, pasti mau terus deh… Nggak puas kalau belum habis.
Bagi yang Muslim, Jika pengen membuat siomay ini, daging babi bisa diganti dengan daging ayam.


Bahan:

  • Kulit siomay
  • 500 gram daging babi, cincang
  • 100 gram udang, cincang
  • 200 gram bengkoang, cincang halus
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 ruas jahe , cincang
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 butir telur
  • 3 batang daun bawang, iris tipis

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan jadi satu ( kecuali kulit siomay), uleni sampai tercampur rata.
  2. Siapkan kulit siomay, bungkus adonan kedalamnya.
  3. Siapakan dandang, kukus siomay sampai matang. Sajikan hangat.

Puding Caramel

Puding Caramel ini enak sekali jika disajikan sebagai dessert. Aroma karamelnya yang wangi , membuat siapapun pasti ingin mencicipinya. Resep ini aku dapatkan dari tabloid Lezat, hanya cara memasaknya aja yang aku ubah sedikit. Mestinya di oven, tapi kalau aku di kukus. Tetap enak kok. Buktinya anakku Natha, senang sekali makan puding ini.

Bahan:

  • ½ Liter susu segar
  • 5 butir telur ayam
  • 100 Gram Gula pasir
  • ½ sdt essens vanila

Saus Karamel:

  • 50 Gram Gula Pasir
  • 15 ml air

Cara Membuat:

  1. Saus Karamel: Masak gula dan air hingga menjadi karamel, angkat. Masukan ke dalam mangkuk tahan panas.
  2. Masak susu hngga memdidih, angkat. Kocok gula dan telur hingga rata lalu masukan susu kedalamnya, aduk hingga rata, tambahkan essens vanila.
  3. Tuang adonan kedalam pinggan tahan panas yang berisi karamel tadi, kukus sampai matang.
  4. Sajikan dalam keadaan dingin, Sehingga lebih nikmat.

Spaghetty Daging Sukiyaki

Spaghetty yang satu ini enak banget, Cobain aja…. Kalau biasanya spaghetty pake tomat, yang ini nggak pake. Tapi rasanya siiipp lho.
Oh ya, Kalau suka daging yang agak empuk, maka daging boleh dicampur dengan pengempuk daging, sedikit, diamkan 5 menit, baru dimasak.

Bahan:

  • 150 gram spaghetty
  • 100 gram daging sukiyaki
  • ½ bawang bombay, iris
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt garam
  • ¼ sdm gula
  • 1 sdm saus tomat
  • ½ sdt merica

Cara membuat:

  1. Rebus spaghetty dalam air mendidih yang sudah ditambahkan sedikit garam dan minyak goreng, setelah matang, tiriskan. Rendam dalam air dingin, agar tidak menggumpal.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu, masukan daging, masak sampai daging berubah warna. Masukan semua bumbu, tambahkan sedikit air, masak sampai air mengering. Masukan spaghetty yang sudah ditiriskan. Aduk sebentar, Angkat. Sajikan.

Laksa Lemak

Laksa yang aku bikin ini mirip dengan laksa lemaknya Singapura, hanya saja aku nggak pake tauge (di kulkas nggak ada persediaan tauge) jadi pake bahan seadanya. Terus mie nya aku ganti pake spaghetty. Enak lho…

Bahan :

  • 300 gram mie basah/ bihun
  • 150 gram udang kupas
  • 1 buah kekian
  • 4 buah stick crab
  • 1 buah cakue, potong-potong, goreng kering
  • 2 buah telur rebus
  • 50 gram ebi, rendam air panas
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula
  • 1 liter santan

Bumbu halus:

  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm laos
  • 2 batang serai
  • 10 buah kemiri
  • 10 buah cabe merah kering
  • 1 sdt terasi

Cara membuat:

  1. Rebus mie sebentar, tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan santan, setelah mendidih, masukan udang, ebi, kekian, gula, garam, dan cakue. Masak sebentar. Matikan api.
  3. Penyajian: Letakan mie dalam sebuah mangkuk, Susun udang, kekian, stick crab, telur rebus dan cakue, siramkan kuah ke atasnya. Sajikan.