Botok Tahu Tempe dan Alur

Sayuran yang satu ini enak banget jika di makan bersama ikan pindang / pepes pindang. Pokoknya klop banget deh. Bener-bener makanan Khas Jawa deh…

Bahan:

  • 1 buah kelapa parut, pilih kelapa yang muda
  • 100 gram alur
  • 1 buah tahu, potong dadu
  • 1 buah tempe, potong dadu
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula

Bumbu halus:

  • 1 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 2 buah lombok besar
  • 1 cm kencur

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan dan bumbu halus jadi satu, kecuali daun pisang. Aduk sampai rata. Sementara itu didihkan air dalam dandang.
  2. Bungkus botok dalam daun pisang. Kukus hingga matang. Sajikan.

Ikan Pindang Masak Pedas

Pedes-pedes, asem. Enak deh. Apalagi udah lama nggak makan ikan pindang. Bagi yang doyan boleh dicoba deh….


Bahan:

  • 2 ekor ikan pindang
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 5 buah belimbing wuluh, potong-potong
  • 5 biji cabe rawit
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • ½ sdm gula
  • 300ml air


Bumbu Halus:

  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah cabe besar

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan, buang tulangnya, goreng hingga matang.
  2. Tumis bawang putih, bumbu halus dan, cabe rawit sampai agak kering, tambahkan air, setelah mendidih masukan ikan, tomat dan belimbing wuluh, serta gula dan garam. Masak sampai mendidih. Sajikan.

Tim Kerapu

Daging ikan kerapu memang sangat lembut, sehingga enak untuk dijadikan santapan sehari-hari. Apalagi bergizi tinggi dan cocok buat kita-kita yang mengurangi makanan berlemak.

Bahan:

  • 1 ekor ikan kerapu
  • 2 sdm ang ciu/ arak masak untuk melumuri ikan
  • 3 buah jamur hioko, rendam air, potong-potong
  • 1 ruas jahe muda, potong seperti korek api
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • Daun bawang, potong-potong

Saos:

  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 buah cabe rawit, iris tipis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih ikan, rendam dengan ang ciu + 15 menit. Sementara itu didihkan air dalam dandang.
  2. Taruh ikan ke atas pinggan tahan panas, taruh semua bahan lain diatasnya.
  3. Kukus dalam dandang selama + 10 menit hingga matang. Sajikan hangat bersama saus kecap.
  4. Saus: Campur semua bahan jadi satu.

Mie Goreng Hokkian

Mmm…Yummy….. Mie yang satu ini kesukaanku, karena mie-nya yang tebal dan rasanya yang enak, membuatku nggak pernah bosan untuk makan mie ini.

Bahan :

  • 300 gram mie Hokkian
  • 50 gram udang kupas
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram daging babi/ayam
  • 1 kekian, iris tipis
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 5 buah bawang merah iris tipis
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, potong-potong
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, bawang merah sampai berubah warna, masukan udang, daging babi. Masak sampai matang. Masukan telur, masak sampai telur matang.
  2. Masukan kekian, aduk-aduk sebentar, tambahkan saos tirem, kecap manis,garam, gula dan merica. Aduk sampai rata. Masukan air putih.
  3. Masukan mie, aduk hingga matang. Masukan daun bawang, aduk. Masukan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat.

Ca Cumi Jagung Muda

Memasak cumi memang gampang-gampang susah. Kalau kelamaan memasaknya, dagingnya menjadi alot. So….ini dia resep cumi yang mudah dan praktis.

Bahan:

  • 2 ekor cumi-cumi, potong-potong
  • 50 gram jamur merang
  • 1 buah wortel, iris tipis
  • 200 gram jagung muda, potong-potong
  • 1 buah bawang bombay. Potong-potong
  • 1 sdm saos tiram
  • ½ sdt garam
  • ½ sdm gula
  • 1/2 sdt merica
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Kukus wortel dan jagung muda, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay sampai harum, masukan cumi, aduk sebentar, masukan saos tiram, gula, garam merica. Tambahkan jamur merang, aduk sebentar, tambahkan wortel, jagung muda, dan air. Masak sampai matang, angkat.

Juice Nanas dan Pok Choy

Minuman ini merupakan campuran dari buah dan sayur.Nanas bagus untuk membantu metabolisme tubuh. Walaupun tidak memakai gula, sari nanas sudah cukup manis.

Bahan:

  • 2 buah nanas madu
  • 50 gram pok choy

Cara membuat:

  • Nanas dan pok choy dibersihkan dan dipotong-potong, masukan dalam juicer.
  • Masukan es serut dalam gelas, masukan juice nanas & pok choy, Juice siap dihidangkan.

Rawon

Daging dengan kuahnya yang berwarna hitam, hanya dijumpai di Indonesia. Dengan kelezatan yang khas, nggak diragukan lagi kalau rawon merupakan salah satu makanan favorit sebagian penduduk Indonesia .
Tips untuk membuat rawon yang lezat:

  1. Pilihlah keluak yang baru(kalau lama daging dalamnya keras)
  2. Keluak ada yang pahit, jadi pastikan sebelum dihaluskan, tidak ada yang pahit.
  3. Jangan menghaluskan keluak bersama bumbu-bumbu lain. karena kalau dicampur, akan menimbulkan rasa tidak enak pada rawon.

Selamat mencoba Rawon ala Vens…

Bahan:

  • 500 gram daging lulur luar
  • 15 buah keluak, dihaluskan
  • 1 sdm bubuk bumbu rawon
  • Daun jeruk
  • 1,5 liter air

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 5 buah cabe merah besar
  • 1 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan keluak yang sudah dihaluskan dan bubuk rawon, aduk sebentar, masukan daging, masukan daging dan daun jeruk, aduk sebentar, masukan air.
  2. Masak sampai daging empuk ( boleh dipresto).
  3. Sajikan hangat bersama tauge pendek, sambel dan jeruk nipis.

Ikan Patin Goreng Saos Asam Manis

Patin adalah ikan yang dagingnya paling empuk. Kandungan lemaknya juga rendah. Pokoknya ikan favorit keluarga deh. Enaknya sih dibakar. Tapi di Surabaya susah bisa dapat ikan patin yang besar. Jadi di goreng aja deh. Lagian emang dagingnya empuk, Ya…. mau digoreng atau diapain, terserah deh, yang pasti Yummy….

Bahan:

  • 1 ekor ikan patin
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 2 sdm air jeruk nipis

Bahan Saos:

  • 3 sdm saos tomat
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm gula
  • Air secukupnya
  • ½ sdm kanji yang sudah dilarutkan dengan air

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ikan patin, ambil dagingnya, potong-potong dan rendam dengan air jeruk nipis , garam dan merica. Rendam selama + 20 menit.
  2. Balut ikan dengan tepung Maizena, Goreng hingga matang, angkat.
  3. Saos: Tumis bawang putih sampai harum, masukan saos tomat, garam dan gula. masak sampai mendidih. Tambahkan sedikit air, aduk rata. Setelah mendidih, masukan air kanji, aduk perlahan, jika sudah mengental, matikan api.
  4. Susun ikan diatas piring, siram dengan saosnya. Sajikan.

Es Selasih dan Kelapa Muda

Minuman yang satu ini merupakan minuman favorit keluarga. Bahkan si kecil Natha pun senang. Apalagi kalau udara lagi panas-panasnya, minum segelas es selasih dan kelapa muda, Ah, segernya…

Bahan:

  • 1 buah kelapa Muda
  • 1 sdm selasih, rebus sebentar
  • 1 buah Delima
  • Air Gula
  • Air Kelapa
  • Es Batu

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan jadi satu, masukan ke dalam gelas. Tambahkan es batu. Siap untuk dinikmati.

Baikut panggang dengan charsiu sauce

Masakan yang satu ini boleh dicoba deh. Selain mempunyai cita rasa yang khas, dagingnya juga empuk banget. Mungkin karena direndam dengan bumbu perendam dengan lama sehingga bumbunya menyatu dengan dagingnya. Hmmm…. Baikut panggang yang menggugah selera.


Bahan:

  • 800 gram baikut babi
  • 1 sdm madu untuk olesan

Bumbu:

  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm angkak, haluskan
  • ½ sdm garam
  • 1 sdt ngo hiong
  • 2 sdm arak
  • 1 sdm Charsiu Sauce
  • 1 sdm saos tomat
  • 1 sdt merica
  • 2 sdm gula

Cara Membuat:

  1. Potong-potong baikut babi mengikuti tulangnya.
  2. Campur semua bumbu sampai rata, oleskan pada baikut dan diamkan (marinate) selama + 3-7 jam.
  3. Panggang sampai matang. Olesi permukaannya dengan madu.
  4. Sajikan bersama sayuran yang dikukus dan kentang goreng.