Sapo Tahu Jepang

Tahu, sayur, Udang, baso ikan, jamur, wah… pokoknya komplit deh. Tahu jepang dimasak begini emang enak.


Bahan:

  • 50 gram udang kupas
  • 3 buah baso ikan, potong menjadi 2 bagian
  • 1 buah tahu jepang
  • ½ buah wortel
  • 1 pok choy
  • 8 lembar jamur kuping
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm saos tiram
  • ½ sdt kecap ikan
  • ½ sdm gula
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica
  • Air putih secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng tahu jepang dalam minyak panas. Angkat, sisihkan
  2. kukus wortel dan pok choy, sisihkan.
  3. Tumis bawang putih sampai harum, masukan udang dan baso ikan, tuangkan kecap ikan, aduk. Masukan wortel, tahu jepang, jamur kuping, aduk. Masukan saos tiram, garam, gula, merica, aduk. Tambahkan air, masak hingga mendidih.Terakhir masukan kanji yang sudah dicampur air, aduk. Matikan api.
  4. Siramkan semua bahan ke atas pok choy yang sudah disusun pada piring saji. Sajikan hangat.

Brokoli saus Tiram

Dulu kalo aku masak brokoli selalu aku tumis, tapi warna brokolinya jadi berubah. Makanya sekarang aku kukus aja. Selain kandungan vitaminnya nggak hilang, rasanya juga enak.

Bahan:

  • 1 buah brokoli, potong-potong menurut kuntumnya
  • 7 buah jamur kancing, iris tipis
  • 1 sdm saos tiram
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt kecap ikan
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • ½ buah bawang bombay, iris tipis
  • Air secukupnya ( ±100cc)
  • ½ sdm kanji, encerkan dengan air
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Kukus brokoli sampai ½ matang, Susun di piring, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu, tambahkan jamur kancing, aduk sebentar, tambahkan kecap ikan, saos tiram, aduk sebentar, tambahkan air, setelah air mendidih masukan semua bumbu. Setelah bumbu tercampur rata, tambahkan kanji,aduk sebentar, matikan api.
  3. Siramkan saosnya ke piring yang berisi brokoli. Siap untuk dihidangkan.

Udang saos Inggris

Udang? dimasak seperti apa pun pasti enak rasanya. Karena tekstur dagingnya yang agak kenyal, tapi empuk. Aku sih doyan sekali….
Ada yang ngiler nggak nich?

Bahan :

  • ½ kg Udang galah, kupas, kerat punggungnya
  • 2 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 sdm saos inggris
  • 1 sdm saos tiram
  • sdm gula
  • ½ sdt merica
  • Garam sedikit
  • 1 buah lombok merah, buang biji, iris tipis
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng udang sampai matang, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay, dan bawang putih sampai layu. Masukan saos tiram, saos inggris, gula, merica, garam. setelah mendidih, masukan udang dan lombok merah masak sampai kuah mengental. Angkat, sajikan

Nasi Goreng Ham

Nasi goreng ini , enak juga dinikmati untuk sarapan di pagi hari. Cara membuatnya praktis, dalam sekejap, jadilah nasi goreng ini.

Bahan:

  • 2 mangkuk nasi putih
  • 1 butir telur ayam
  • 50 gram udang kupas
  • 1 lembar daging asap, goreng sebentar, potong-potong
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdm saos tirem
  • Bawang goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Panaskan wajan beserta margarin, kocok telur, dan dadar pada teplon. Setelah matang angkat, gulung, dan iris tipis ( seperti contoh pada gambar) sisihkan.
  2. Panaskan minyak, setelah panas, masukan bawang putih cincang, goreng sampai layu, tambahkan garam dan merica. Masukan udang, goreng sampai matang.
  3. Masukan nasi dan telur, serta daging asap, aduk sampai tercampur rata, dan tambahkan saos tirem. Aduk sampai rata. Terakhir, masukan minyak wijen, aduk rata. Angkat, Sajikan nasi goreng bersama telur dadar yang sudah diiris diatasnya,taburi bawang goreng. Sajikan bersama acar dan pelengkapnya.

Sop Mutiara

Sop mutiara ini hanya dijumpai di Banjarmasin. Dan meskipun merupakan makanan khas Banjar, cukup sulit untuk menemukannya di restaurant/rumah makan.
Mengapa? Karena makanan ini hanya populer di kalangan Chinese dan hampir setiap keluarga bisa membuatnya. Biasanya selalu disajikan pada pesta kecil di rumah.

Bahan :

  • 7 buah Sosis ayam, potong-potong
  • 3 buah wortel, potong dadu,rebus sampai empuk
  • 1 kaleng kacang polong
  • 200 gram macaroni
  • 1 sdm Garam
  • 2 sdm Gula
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt pala
  • 1 kaleng susu cornation
  • 1,5 liter kaldu ayam
  • Daun seledri


Bumbu halus:

  • 2 butir Bawang merah
  • 1 cm jahe

Bahan Mutiara:

  • 300 gram Ayam cincang
  • 1 buah kentang, goreng haluskan
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt pala
  • ½ sdt merica
  • 50 gram susu bubuk
  • 2 sdm margarin
  • 1 butir kuning telur

Cara membuat:

  1. Mutiara : Campur semua bahan jadi satu, kemudian dibentuk bulat-bulat seperti kelereng.
  2. Didihkan air kaldu, bersama dengan bumbu halus, batang daun seledri yang telah dimemarkan, garam, gula, merica dan pala. Masukan mutiara, setelah mutiara terapung, angkat, sisihkan.
  3. Masukan wortel pada kaldu ayam, setelah mendidih, tambahkan kacang polong, macaroni dan sosis. Setelah mendidih masukan daun seledri, mutiara, dan terakhir, jika semua bahan sudah dimasukan dan sudah mendidih, masukan susu cornation. Aduk sebentar, mendidih, angkat. Sajikan hangat.

Soto Banjar

Masakan yang satu ini, merupakan makanan kesukaan my hubby. Dia tuh nggak pernah bosan dengan soto Banjar. Kalau ke Banjarmasin, wah, bisa berhari-hari makan soto banjar.

Rempahnya memang banyak, justru dari citarasa rempah itulah yang membuat soto banjar sangat nikmat. Banjar baangettt gitu Loh………
Sssttt, aku kan lahir dan dibesarkan di Banjar, Jadi resep ku ini orisinil banget deh.

Ini adalah rempah untuk soto Banjar. Ada yang nggak pernah liat sebelumnya ya?


Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung, potong menjadi 4 bagian
  • Daun seledri secukupnya
  • Daun bawang prei secukupnya
  • 2,5 liter air
  • 1 sdm garam
  • 2 kaldu blok
  • ½ sdm gula
  • 50 ml susu evaporated
  • Margarin secukupnya

Bahan rempah:

  • 1 sdm Adas Manis
  • 15 biji Kapulaga
  • 1 sdm Kas-kas
  • 10 biji cengkeh
  • 1 batang kayu manis
  • 1 bunga pekak
  • ½ biji pala utuh
  • 15 biji merica utuh

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 1 cm jahe

Pelengkap:

  • ketupat
  • Soun
  • Perkedel
  • Bawang goreng
  • Sambel

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai layu, sisihkan.
  2. Tumis seledri dan daun bawang prei, sisihkan.
  3. Bungkus bahan rempah pada kain kasa. Kemudian rebus air masukan ayam dan rempah. Masak sampai mendidih.Masukan tumisan bumbu halus, tumisan bawang prei dan seledri, garam. gula, kaldu blok.
  4. Setelah itu, jika bau rempah sudah tercium keluar, keluarkan rempah dari kuah. Kemudian tambahkan susu, aduk sebentar sampai susu tercampur rata, matikan kompor.
  5. Keluarkan ayam dari panci, suwir-suwir.

Bahan Perkedel:

  • 400 gram kentang
  • 2 sdm gula
  • ½ sdm garam
  • 1 sdt merica
  • 1 kuning telur

Cara membuat perkedel:

  1. Goreng kentang sampai matang, haluskan, campur dengan gula, garam, merica, kuning telur. Setelah tercampur rata, bulatkan adonan,dan pipihkan. Goreng dalam minyak panas.

Cara penyajian :

  1. Siapkan mangkuk, tata potongan ketupat didalamnya, tambahkan soun, ayam suwir, telur rebus, perkedel, siram dengan kuahnya. Taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat dengan sambel dan jeruk nipis.

Pangsit Mie Ayam Jamur

Pangsit mie ini praktis untuk disajikan pada sarapan pagi hari. Memang ada beberapa step untuk membuatnya, tapi sebenarnya gampang banget kok. Apalagi kalau daging ayamnya dibikin dalam jumlah yang banyak, asal digoreng kering, bisa disimpan beberapa hari. Jadi pas mau bikin mie, tinggal rebus aja mienya.

Servings : 5 Porsi

Bahan :

  • 5 Mie pangsit
  • Ar untuk merebus mie
  • Daun selada

Bahan Ayam:

  • 1 buah dada ayam
  • 10 buah jamur kancing
  • 10 biji pangsit kukus
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • Minyak untuk menumis
  • 1 liter air

Bumbu untuk mie: ( untuk 1 porsi mie)

  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt saos tiram
  • ¼ sdt merica

Cara membuat:

  1. Ayam : Rebus ayam dalam ½ liter air. Matang, sisihkan, iris iris daging ayam kecil-kecil. Tumis bawang putih sampai harum, masukan ayam, jamur kancing, aduk-aduk. Tambahkan kecap manis dan saos tiram, garam, gula, merica. aduk rata. Tambahkan sedikit air kaldu ( dari sisa rebusan ayam).Setelah kuah agak menering, matikan api.
  2. Rebus mie, tambahkan sedikit minyak, dan garam agar mie tidak menggumpal. Setelah mendidih, angkat, tiriskan mie.
  3. Siapkan mangkuk dan taruh bumbu didasar mangkuk, aduk rata. Taruh mie diatasnya, aduk sampai bumbu tercampur rata pada mie. Taburi atasnya dengan daging ayam, pangsit kukus.
  4. Kuah : Didihkan air sisa rebusan ayam, ditambah dengan sedikit garam, merica dan kecap ikan. Setelah mendidih siapkan mangkuk kuah, isi dalamnya dengan daun selada dan daun bawang, siram atasnya dengan kuah, tambahkan bawang goreng. Mie siap dihidangkan bersama dengan kuahnya.

Kwetiaw Goreng

Kwetiaw goreng, bukan cuma untuk santapan di malam hari, Untuk sarapan pagi hari juga ok lho, asal nggak kebanyakan. kalo kebanyakan bawaannya ngantuk, soalnya energinya habis, dipakai untuk mencerna makanan.
So……. makan secukupnya ya…

Bahan :

  • 300 gram kwetiaw
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram daging ayam/babi
  • 3 biji baso sapi, potong menjadi 4 bagian
  • 1 kekian, iris tipis
  • 50 gram tauge
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 6 buah bawang merah iris tipis
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, iris tipis-tipis
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, bawang merah sampai berubah warna, masukan daging ayam. Masak sampai matang. Masukan telur, masak sampai telur matang.
  2. Masukan baso sapi, kekian, aduk-aduk sebentar, tambahkan saos tirem, kecap manis,garam, gula dan merica. Aduk sampai rata. Masukan air putih.
  3. Masukan kwetiaw dan tauge, aduk hingga matang. Masukan daun bawang, aduk. Masukan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat.