Mie Kuah ala Ven,s

Mie memang enak dinikmati kapanpun. Apalagi kalau cuaca kurang bersahabat belakangan ini, maka untuk menu sehari-hari saya memilih yang berkuah. Selain cara membuatnya gampang, kami semua memang suka makan mie. Jadilah mie kuah ala Ven,s

Servings : 2 person

Bahan:

  • 200 gram mie basah
  • 6 ekor udang
  • 50 gram daging babi /ayam
  • 6 buah baso ikan
  • 6 potong stick crab (daging kepiting olahan)
  • Pok choy secukupnya
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt Kecap ikan
  • Garam secukupnya
  • 2 siung bawang putih, rajang kasar
  • ½ sdt merica
  • 2 sdt saos tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • Minyak untuk menumis
  • 750 ml air

Cara Membuat:

  1. Siram mie basah dengan air panas, biarkan sebentar, kemudian saring. Masukan mie yang telah disaring kedalam mangkuk yang telah di beri saos tiram dan minyak wijen. Aduk Rata, sisihkan.
  2. Kuah: tumis bawang putih sampai harum, masukan udang, babi, tumis sampai matang, tambahkan kecap ikan, aduk sebentar, tambahkan air. Setelah mendidih, tambahkan gula, garam, merica, dan masukan sisa bahan lainya. Setelah mendidih kembali, matikan api.
  3. Siapkan 2 buah mangkuk, bagi 2 mie dan masukan ke dalam mangkuk. Tuang kuah keatasnya, taburi dengan daun bawang dan bawang putih goreng. Sajikan hangat.

Kakap Asam Manis

My hubby & I realy like seafood. Jadi menu seafood nggak pernah ada habisnya.
Dari digoreng, dibakar, dikukus, semuanya kita doyan. Nah Yang satu ini kesukaanku.

Bahan:

  • 300 gram fillet ikan kakap, potong-potong
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 4 sdm tepung kanji /maizena
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Saos:

  • ½ bawang bombay, iris tipis
  • Wortel secukupnya, iris seperti korek api
  • 2 sdm saos tomat
  • 1 sdt kanji, campur sedikit air
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung kanji, garam dan merica, aduk rata. Celupkan ikan kedalam campuran tepung, kemudian celupkan ke telur, lalu celupkan lagi ke campuran tepung. Goreng ikan sampai matang
  2. Saos: Tumis bawang bombay, bawang putih sampai layu, tambahkan wortel. Aduk sebentar, tambahkan saos gula dan garam, aduk rata, beri sedikit air, setelah mendidih, tuang air kanji.
  3. Susun Ikan diatas piring saji, kemudian siram dengan saosnya. Sajikan

Cumi-cumi Goreng Tepung

Makanan laut yang satu ini memang enak. Tapi kalau cara memasaknya salah, rasanya jadi alot.

Tips-nya: memasak cumi sebentar saja. Jangan mengoreng /memasak cumi terlalu lama, karena dapat membuat cumi menjadi alot. Fried Calamari yang saya bikin ini Cruncy banget.

Bahan:

  • 2 ekor cumi-cumi ± 300 gram
  • 1 butir kuning telur
  • ½ sdt merica
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm tepung kanji/ Maizena
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Bersihkan cumi, buang kulitnya, lalu iris memanjang.
  2. Campur cumi-cumi, dengan garam, merica, dan kuning telur, aduk rata. Tambahkan tepung kanji, aduk rata.
  3. Kemudian celupkan ke dalam tepung roti, goreng sebentar sampai matang, sajikan bersama saos sambel.

Nasi Gila

Namanya aja Nasi Gila, tapi yang makan nggak ikutan gila kok.
Pertama kali mencoba makan Nasi Gila, di G-Walk Surabaya. Waktu itu kita binggung, nasi gila? Modelnya seperti apa Ya? Enak nggak? Ternyata, Nasi gila itu terdiri dari nasi yang atasnya disiram dengan sosis, kekian,telur & baso yang dimasak dengan saos tomat. Rasanya enak, Unik.
Karena my Hubby doyan, gwe iseng-iseng nyoba bikin, Jadi deh nasi gila ala gwe.

Bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 3 buah sosis, iris tipis
  • 1 butir telur, kocok, goreng, orak-arik
  • ½ kekian, iris tipis-tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sdm saos tomat
  • 1 sdm sambel botol
  • 1 sdm gula
  • Garam secukupnya
  • ¼ sdt merica
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan sosis, dan kekian, setelah matang tambahkan telur, aduk sebentar. Kemudian masukan saos tomat, sambel dan bumbu lainya, aduk, tambahkan sedikit air, masak sampai agak kering, matikan api.
  2. Siapkan 2 piring nasi, tuang lauk diatasnya, sajikan hangat, bersama kerupuk.

Kwetiaw Siram

Kalau cuaca lagi dingin, paling enak makan yang hangat-hangat dan berkuah. Kwetiau siram ini boleh dicoba deh …..

Bahan :

  • 300 gram kwetiaw
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram daging ayam/babi
  • 12 ekor udang
  • 1 kekian, iris tipis
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 6 buah bawang merah iris tipis
  • Sawi hijau secukupnya
  • Wortel secukupnya
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, iris tipis-tipis
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya
  • 1 sdm kanji yang sudah diberi air

Cara Membuat :

  1. Rebus kwetiaw sampai empuk, angkat tiriskan, campur dengan sedikit minyak, saos tiram, minyak wijen.
  2. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang merah, bawang putih sampai berubah warna, masukan daging ayam, udang, kekian, Masak sampai matang. Masukan sayur, aduk sebentar, Tambahkan air kira-kira 1 liter, setelah air mendidih, Masukan garam, gula dan merica, Aduk sampai rata tambahkan air kanji, setelah meletup letup, masukan telur, masak sebentar saja. Matikan api.
  3. Siapkan piring isi dengan kwetiaw, siram atasnya dengan kuahnya, taburi dengan daun bawang dan bawang goreng, sajikan hangat.

Asem-asem kepala ikan kakap

Kepala ikan kakap dimasak dengan blimbing wuluh, jadinya kecut-kecut seger deh. Apalagi dinikmati dengan nasi hangat, lalapan plus sambel, wah nikmat sekali….

Bahan:

  • 2 potong kepala ikan kakap
  • 10 buah blimbing wuluh, potong-potong
  • ½ sdm garam
  • 1 sdt gula
  • 1 liter air
  • 2 sdm air asam jawa
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 batang serai
  • lengkuas
  • 2 cm kunir

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai haru dan agak kering, masukan kepala ikan kakap, aduk sebentar. Tambahkan air, masak sampai mendidih.
  2. Masukan blimbing wuluh, biarkan sebentar, tambahkan semua bumbu, matang, angkat.

Sayap Ayam masak Green Sand

Resep yang satu ini aku dapatkan sewaktu kuliah. Yang ngasih tau teman SMA ku dulu (namanya Chui Jau) Rasanya enak banget deh. Sekali mencoba pasti ketagihan.



Bahan:

  • 6 buah sayap ayam
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 kaleng green sand
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula
  • 1/2 sdt merica
  • Minyak untuk menggoreng


Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis
  2. Goreng ayam sampai matang. angkat.
  3. Campur semua sisa bahan dengan ayam goreng, diamkan selama kurang lebih 15 menit, sampai bumbu meresap.
  4. Panaskan wajan, masukan ayam beserta bahan perendamnya, masak sampai kuahnya mengental, matikan api, hidangkan…

French Baguette dengan Topping

Roti Prancis/ Roti keras, begitu kebanyakan orang menyebutnya. Mungkin karena agak alot, dan teksturnya lain dari roti biasa.
Karena itulah aku mencoba membuat roti ini menjadi hidangan yang mengiurkan bagi siapa aja yang melihatnya. Terlebih-lebih my hubby, dia doyan banget. Karena begitu digigit, langsung terasa kriuknya.

Bahan:

  • 1 buah French Baguette / roti Prancis
  • 1 buah bawang bombay
  • 100 gram daging giling
  • 2 buah sosis, potong dadu
  • 1 buah paprika hijau, potong dadu
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 10 buah jamur champignon segar, potong dadu
  • Mentega untuk menumis
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdm gula
  • 2 sdm saos tomat

Cara membuat:

  1. Roti diiris menyerong sebesar 1-1,5 cm. kemudian panggang dalam oven.
  2. Tumis bawang bombay dengan mentega sampai layu, Kemudian masukan daging giling, sosis, masak sampai matang. Masukan paprika hijau, jamur, dan tomat, aduk sampai tercampur rata. Masukan saos tomat, dan bumbu lainya, aduk sampai tercampur rata. Matikan api.
  3. Susun roti diatas piring, oleskan toping diatas roti, Boleh ditaburi parutan keju jika mau, sajikan.

Udang Bakar

Udang, dimasak apapun enak. Apalagi dibakar, trus dikasih perasan jeruk nipis, dan dimakan pake sambel…. Wah, Nikmaaatt.

Bahan :

  • 6 ekor udang pacet ( belah punggungnya)
  • 1 sdm margarin
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt garam

Bahan olesan:
  • 1 sdm Air jeruk nipis
  • 1 sdm margarin

Sambal:

  • Campurkan 3 sdm Kecap manis dan lombok rawit yang sudah di iris tipis-tipis, dan bawang putih goreng.

Cara Membuat:

  1. Campur garam, merica dan margarin sampai rata. Oleskan pada undang yang telah dibelah secara merata.
  2. Kemudian bakar sampai agak berubah warna, Olesi dengan bumbu olesan. Balik dan bakar sampai matang. Sajikan dengan sambal.

Sop Perut Ikan

Bahan:

  • 50 gram perut ikan
  • 100 gram daging babi / sapi
  • 50 gram udang
  • 6 biji baso ikan
  • 1 buah wortel potong tipis memanjang
  • 2 lembar sawi putih potong-potong
  • 15 lembar Jamur kuping
  • 10 biji Jamur kancing, belah dua
  • 1 buah Jamur Es, rendam, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 sdm kecap ikan
  • ½ sdm garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 1 liter air kaldu

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukan udang dan daging, tambahkan kecap ikan. Tumis sampai matang, tambahkan baso ikan dan perut ikan, aduk rata, masukan air kaldu.
  2. Setelah mendidih, masukan wortel, jamur kuping, jamur kancing, jamur putih, sawi putih. Masak sampai mendidih.
  3. Terakhir masukan bumbu, Masak sampai matang, Angkat. Sajikan hangat.