Ikan Kerapu Pesmol

Bosan dengan tim kerapu, akhirnya saya coba memasaknya dengan bumbu pesmol. Ada kecut-kecutnya, agak pedes-pedes juga…. Sedap oi….

Bahan:

  • 1 ekor ikan kerapu
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 3 buah cabe merah besar, iris tipis
  • 10 buah cabe rawit
  • Daun bawang secukupnya
  • 2 buah tomat
  • 250 ml air
  • minyak goreng


Bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 2 cm laos
  • 1 batang serai
  • 8 butir kemiri

Cara membuat:

  1. Lumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 30 menit.
  2. Goreng ikan hingga matang.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan cabe rawit, gula, garam, air jeruk nipis dan air.
  4. Setelah air mendidih, masukan ikan, tomat, cabe besar dan daun bawang, Masak sebentar hingga bumbu meresap pada ikan. Angkat, Hidangkan.

Pangsit goreng

Pangsit goreng, enak untuk dinikmati kapan saja. Mau dimakan sebagai camilan, boleh. Dimakan sebagai lauk juga boleh….

Bahan :

  • 30 lembar kulit pangsit
  • 200 gram daging babi / ayam
  • Garam secukupnya
  • ½ sdm Gula pasir
  • 1 sdt merica
  • 1 sdm bawang putih goreng, haluskan
  • 1 sdt minyak wijen

Cara membuat:

  1. Cincang daging babi/ayam, tambahkan semua bahan. Campur jadi satu.
  2. Siapkan kulit pangsit, isi bahan isian kedalamnya. Bentuk sesuai selera. Goreng dalam minyak panas sampai matang. Sajikan hangat.

Pizza Seafood

Ternyata aku bisa juga membuat Pizza. Soalnya selama ini selalu beli. Wah, ternyata bikinnya gampang-gampang susah. Tapi dengan segala perjuangan jadi juga Pizza seafood ala Ven’s.

Bahan dough:

  • 450 gram tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sachet ragi instant
  • 200 ml air hangat
  • 3 sdm olive oil

Bahan Saos:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 bawang bawang bombay
  • 5 sdm tomat pasta
  • 3 buah tomat, rebus, buang kulitnya, rajang halus
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm gula
  • ¼ sdt merica

Bahan Topping:

  • 200 gram daging giling, tumis
  • 12 ekor udang kupas
  • 6 potong crab stick, potong menjadi 2 bagian
  • Paprika hijau, potong dadu
  • Keju mozarella


Cara Membuat Pizza Dough:

  1. Oles loyang pizza ukuran + 24 cm.
  2. Campur tepung terigu, garam, gula, ragi dg air, aduk rata, uleni hingga kalis.Tambahkan minyak, uleni lagi selama 15 menit sampai kalis.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan adonan dan giling. Letakan secara merata pada loyang. Istirahatkan adonan selama + 1 jam, Kemudian oven sebentar, keluarkan.
  4. Poles dengan olive oil, beri saos dan taburi topping diatasnya, Oven dengan api atas sampai kering.

Cara membuat saos:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukan tomat, tomat pasta, garam gula, merica, aduk rata, angkat.

Spaghetty ikan kakap merah

Resep satu ini aku dapatkan pada acara The Naked Chef, oleh Jamie Oliver. Sebelumnya aku belum pernah membuat spaghetty pake ikan, biasanya spaghetty bolognaise. Pakai ikan ternyata enak juga lho…

Bahan :

  • 250 gram spaghetty (rebus)
  • 1 ekor ikan kakap di filet
  • 2 siung bawang putih ( serut halus)
  • 1 buah bawang bombai ( serut halus)
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 biji Lombok merah cincang halus
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 1 sdm oregano
  • Olive oil secukupnya
  • white whine secukupnya
  • Keju untuk taburan
  • Margarin untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Panaskan margarin diatas wajan, kemudian masukan bawang putih, bawang bombai, aduk-aduk sampai layu, kemudian masukan filet ikan kakap, tambahkan serutan kulit jeruk lemon, air jeruk, garam, merica, oregano, biarkan sebentar.
  2. kemudian tambahkan sedikit white wine, olive oil, dan lombok merah, tutup wajan, masak sampai matang.
  3. Siapkan spaghetty yang sudah masak, campurkan filet ikan beserta bumbunya, biarkan ikannya hancur, agar tercampur rata. Taburi atasnya dengan olive oil dan keju parut. Sajikan hangat.

Lo Bak Banjar

Makanan yang satu ini agak unik memang, karena khas dari Banjar. Tapi rasanya jangan diragukan deh. Sekali mencoba, pasti ketagihan. Cara bikinnya juga gampang. cuma tinggal mencampur-campur, jadi deh….

Untuk: 2 porsi

Bahan:

  • Babi kecap, iris tipis
  • 1 buah timun, iris tipis-tipis
  • 2 butir telor rebus, potong-potong

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah, buang biji
  • ½ sdt garam
  • ½ sdm gula

Cara membuat:

  1. Campur bumbu halus, tambahkan kuah babi kecap. Aduk rata.
  2. Susun timun, daging babi dan telor diatas piring, Siramkan bumbu diatasnya.Sajikan.

Babi Kecap

Biasanya untuk membuat babi kecap, digunakan daging 3 lapis (san cam). Tapi karena keluarga saya tidak terlalu menyukai san Cam karena terlalu banyak lemak, Maka saya menggunakan dagingnya saja. baikut juga enak diolah menjadi babi kecap.

Bahan:

  • 500 gram daging babi, potong-potong
  • 4 butir telur rebus
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 3 sdm kecap manis
  • 1,5 liter air
  • Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 10 bawang merah
  • 1 ruas jahe

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan daging, masak sampai berubah warna. Tambahkan kecap manis, gula, garam, merica, aduk rata. Tuang air, aduk sebentar.
  2. Masukan semuanya kedalam panci ( boleh dipresto) dan masak sampai empuk. Sajikan.

Pisang Bakar Coklat Keju

Pisang, dimakan langsung enak, digoreng juga enak, dibikin kolak pisang, juga enak. Sepertinya diapain aja enak ya… Nah yang ini pisang bakar, pake coklat dan keju, nggak kalah enaknya kok dengan yang lain.

Bahan:

  • 4 buah pisang raja
  • 2 sdm margarin
  • Susu kental manis secukupnya
  • Keju parut secukupnya
  • Coklat parut / mesis secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas pisang, belah menjadi 2 bagian.
  2. Siapkan panggangan, lumuri permukaannya dengan margarin, panggang pisang hingga kecoklatan. Angkat.
  3. Susun pisang diatas piring, tuang susu kental manis keatasnya. Taburi coklat, dan keju. Sajikan hangat.

Tahu Isi

Ini pertama kalinya aku membuat tahu isi sendiri. Ya, bentuknya kurang bagus (maklum edisi perdana he…he…he…) Biasanya sih aku beli. tapi belakangan kok tahu isi yang aku beli udah nggak terasa dagingnya. Jadi aku pikir coba buat sendiri ah, ternyata lumayan juga hasilnya.

Untuk: 20 buah

Bahan:

  • 150 gram udang kupas, cincang kasar
  • 250 gram Daging giling
  • 80 gram tepung tapioka
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm bawang putih goreng, haluskan
  • 2 butir putih telur
  • 40 ml air es
  • 10 buah tahu putih

Cara membuat:

  1. Campur udang, daging, air es, telur, tepung tapioka, merica, garam, dan bawang putih. Aduk dan banting-banting hingga kalis. Sisihkan.
  2. Belah tahu menyerong, Buat lubang di salah satu sisi tahu secara perlahan.Masukan adonan tadi pada tahu yang sudah dilubangi.
  3. kukus, tahu hingga matang, angkat.
  4. Panaskan minyak, goreng tahu isi hingga kekuningan, angkat tiriskan. Sajikan hangat dengan saos sambal.

Tahu isi ini bisa dimasak berkuah, dengan campuran baso.

Kroket telur

Kroket biasanya terbuat dari kentang, tapi yang saya bikin ini nggak pakai kentang sama sekali. Resepnya saya dapat dari majalah sedap. Cara membuatnya gampang. OK juga buat sarapan pagi.

Untuk: 10 buah

Bahan :

  • 3 sdm mentega
  • 60 gram tepung terigu
  • 400 ml susu cair
  • 2 butir telur rebus, potong dadu, kecil-kecil
  • 2 lembar daging asap, dipotong kotak, kecil
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt pala
  • 1 sdm gula

Bahan Pelapis:

  • 2 butir telur kocok lepas
  • 150 gram tepung roti

Cara membuat:

  1. Lelehkan mentega, masukan terigu sambil diaduk hingga mengumpal. Tuang susu sambil diaduk rata hingga meletup-letup. Tambahkan telur rebus, daging asap, dan semua bumbu. Matikan api.
  2. Buat adonan berbentuk oval, gulingkan ketepung roti, setelah itu celupkan ke telur, kemudian gulingkan lagi ke tepung roti.
  3. Goreng dalam minyak panas sampai kering dan matang. Sajikan.

Singkong Keju

Singkong , siapa sih yang nggak tahu. Dan sepertinya semua orang doyan. Kalau di Surabaya banyak sekali ditemui pedagang singkong keju di pinggir-pinggir jalan. Saya sih termasuk salah satu penggemar singkong. Tapi karena saya punya anak yang masih kecil, dan suka sekali makan, saya jadi takut untuk beli di pinggir jalan. Karena ngeri lihat minyaknya dan nggak tega membiarkan si kecil ikutan makan. Jadi saya bikin sendiri aja singkong keju ini. Sebenarnya namanya aja singkong keju, tapi bikinnya nggak pake keju kok.
Camilan ini enak lho untuk dinikmati pada sore hari, apalagi kalau lagi hujan, dingin-dingin, enak lho.

Bahan:

  • 1 Kg singkong, cuci bersih, kupas, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • Garam secukupnya
  • 1.5 L air untuk merebus
  • 2 sdm margarin
  • Minyak

Cara membuat:

  1. Rebus singkong bersama bawang putih, setelah mendidih tambahkan garam. Setelah empuk, matikan api. Segera angkat singkong dan siram dengan air dingin, tiriskan.
  2. Panaskan minyak, tambahkan margarin, jika minyak sudah panas betul, goreng singkong sampai berwarna kekuningan. Angkat, Sajikan