Ayam Goreng Kalasan

Posted by on 06 Dec 2008

Ayam goreng, siapa sih yang tidak suka?  Resep yang satu ini saya dapatkan dari  teman saya.  Rasanya sih enak banget,  manis, gurih……  Pokoknya yummy deh.

Ayam_Goreng_Kalasan.jpg

Bahan:

1 ekor ayam kampung, potong menjadi 4 bagian

1 sdt ait jeruk nipis

300 cc air kelapa

50 gram gula merah

2 sdm kecap manis

Bumbu yang dihaluskan:

8 buah bawang merah

5 siung bawang putih

1 sdm garam

3 cm lengkuas

Cara Membuat :

  1. Bersihkan ayam, olesi dengan air jeruk nipis. Campur ayam dengan bumbu halus, air kelapa, gula merah, dan kecap manis. Masak dalam wajan tertutup hingga ayam empuk. Matikan api.
  2. Biarkan ayam terendam bumbu hingga agak dingin. Goreng dalam minyak panas, hingga matang, sesaat sebelum disajikan.

36 Comments »

Comments

36 Responses to “Ayam Goreng Kalasan”

  1. jaxpang on December 29th, 2008 12:34 pm

    hi again,
    ayam saus inggrisnya berhasil lho
    byk yg blg enak
    thx to ur recipe
    anyway, mao tny lg… air kelapa yg dimaksud itu
    santan yah?

  2. Evenna on December 29th, 2008 5:27 pm

    Thanks ya… udah nyoba resep ku.
    Air kelapa itu bukan santan. Air kelapa yang saya maksud, adalah air yang berasal dari buah kelapa.
    Dalamnya buah kelapa itu kan ada airnya, biasanya kalo di sini sering dibuat minuman, es kelapa. Nah, airnya itu yang dipakai.

  3. jaxpang on December 29th, 2008 7:18 pm

    tadi uda terlanjur beli santan… jd nyoba masak pake santan aja… ternyata ok jg
    tp laen kali mao nyoba pake air kelapa

    oyah btw bumbu2 yg dihaluskan mksdnya diulek yah?
    aku ga pny ulekan, jdnya ak td pk blender bole ga?

  4. Evenna on December 30th, 2008 6:21 am

    Enak ya? wah, nanti bisa aku coba juga nih pake santan. :)
    Ya, mestinya diulek. Tapi kalau nggak ada ulekan, boleh kok di blend.

  5. marta on January 19th, 2009 1:07 pm

    Haii….

    Resep masakannya udah aq cb, rasane mak nyusss….
    Thanks ya…

    Bakalan cb2 resep lainnya nih..

  6. Evenna on January 22nd, 2009 6:33 am

    Thanks juga Marta…

  7. jati on April 19th, 2009 2:28 am

    >>cln suami ijn copast y jeng

  8. Evenna on April 19th, 2009 10:15 am

    Ok. Silahkan…

  9. carolina on May 4th, 2009 10:43 pm

    saya mau masakan empek-empek..ada resepnya ?
    nanti kalo ada resep nya saya minta yahh..mkci..

  10. henry on May 6th, 2009 11:23 am

    Hi Evenna, saya ini pemula, boleh tanya ngak? untuk ayam kalasan, dimasak sampai empuk kira2 berapa lama baiknya?

    Makasi ya…

  11. Evenna on May 6th, 2009 3:47 pm

    carolina, saya blum praktek empek-empek nih. nanti ya…..

  12. Evenna on May 6th, 2009 3:52 pm

    Henry, untuk ayam kalasan, pakai ayam kampung yang muda, sehingga hasilnya memuaskan. dan memasaknya kurang lebih 45 menit- 1 jam.

  13. henry on May 11th, 2009 3:06 pm

    thanks for the info, weekend kemarin mau masak tapi belon kesampaian.. mungkin weekend ini baru dicoba resepnya..

    thanks ya… :)

  14. aya christina on May 22nd, 2009 2:49 pm

    mbak klo air kelapanya nggak ada bisa di tukar dengan apa ya?

  15. Evenna on May 23rd, 2009 7:34 am

    Aya, kalo nggak ada air kelapa, bisa aja sih pake air putih, cuma hasilnya kurang gurih. Pake santan encer juga bisa.

  16. wiwid on August 4th, 2009 6:12 pm

    Hai Evenna salam kenal, aku pengen cobain nich ayam kalasannya. Resep km OK banget lho,aku udah cobain yg sup merah n udang saos Inggris. Wow,yummy bgt. Anak n suamiku suka :) Thank You

  17. Evenna on August 6th, 2009 8:18 pm

    you’re wellcome Wiwid….

  18. santhy on September 25th, 2009 1:10 am

    ..it’s worth to try.

  19. dewi on December 7th, 2009 4:47 pm

    halo evenna,aku mau tanya resep buncis sechuannya ko ga bs dibuka ya…..? aku pengen bgt nyobain bikin, buncisnya beda ga sama buncis yg kita beli dipasar?

  20. elvin on December 7th, 2009 11:21 pm

    sis aku lg nyari resep ayam gareng manis…apa sama ya dgn resep ayam kalasan….thank you…

  21. Lanny on January 13th, 2010 12:38 pm

    gimana ya supaya bumbunya meresap??
    tadi aku coba kok kurang meresap???

  22. Yeyen on January 20th, 2010 9:58 am

    ayam kalasannya enggak pakai garam ya?

  23. Nuniks on July 25th, 2010 11:58 am

    saya udah coba buat sarapan, waaah enak sekali.. sampe tak bersisa buat makan siangnya. sy juga sdh coba semur dagingnya. gampang dan enak bgt! makasih ya mbak ven. u saved my day.

  24. Evenna on August 21st, 2010 8:59 pm

    @ Dewi : Buncis yg di pasar ada 3 macam, yg biasa, bentuknya agak gede, Buncis manis bentuknya agak lancip dan warnanya hijau tua, Buncis babi, warnanya hijau muda, dan batangnya kecil.
    Untuk resep buncis sechuan dicobha lagi deh, biasanya bisa kok dibuka…:)
    @ Elvin : Ayam Gorweng manis yg bagaimana ya?
    @ Lanny : Mungkin kurang lama mengungkepnya…
    @ Yeyen : Pake garam kok… ;) Kan udah diuleg bersama bumbu yang lain ( bumbu halus).
    @ Nunik : sama-sama… :)

  25. Wiwik Nurfitarini on October 9th, 2010 2:03 pm

    Mbak,koq ga dicantumin hpnya ya? Saya mau meliput cooking class buat artikel majalah Ayahbunda nih kalo boleh.Deadline besok.Saya cari nama anda d fb tp ga bisa dikirim message. Tlg hub balik saya ya.. Fb Wiwik Nurfitarini Makasih

  26. Sinta on January 3rd, 2011 8:03 pm

    Halo Kak Evenna, saya sudah coba resepnya. Tidak susah membuatnya, rasanya enak dan disuka semua orang rumah.

    Pertanyaan saya, jika diungkep di wajan, apakah airnya akan kering (habis semua)? Soalnya saya tadi coba ungkep di Electric Pressed Cooker, hasil ayamnya empuk banget tapi ternyata airnya masih tersisa banyak sekali. Mau dibuang sayang, sampe kepikiran apa ada resep yang bisa pake sisa air rebusan ayam itu hehehe…

    Terima kasih sudah berbagi resep yang enak ini. Saya mau coba resep lainnya besok ^__^

  27. debby on February 14th, 2011 2:40 am

    Salam kenal mba ven.. saya udah coba ayam kalasannya, enak meski ga pake air kelapa, cm pake air aja. Terima kasih resepnya. Ditunggu resep2nya yg lain…

  28. aida on July 2nd, 2011 1:52 pm

    wah saya mau coba coba juga,, kayanya enak,,,

  29. mama di on September 1st, 2011 2:41 pm

    salam kenal ya, mo izin nih mindahin resepnya ke blog pribadi aku, boleh ya… resep nya dah banyak yang kucoba dan hasilnya selalu ‘yummy’

  30. Evenna on May 26th, 2012 5:40 pm

    silahkan mama…. linknya boleh dicantumin ya… thanks..

  31. Evenna on May 26th, 2012 5:48 pm

    sip…

  32. Evenna on May 26th, 2012 5:52 pm

    biasanya kl diwajan airnya sih kering. saya nggak mau sampe airnya habis, krn takut ayamnya nempel di wajan. hehe..

  33. Niena on July 20th, 2012 7:03 pm

    Chie makasih resep ayam goreng kalasannya enak sekali.resep2nya apik apik ijin link boleh chie

  34. merry on August 11th, 2012 12:19 pm

    ci ven’s makasih ya resepnya top banget

  35. anggi on August 15th, 2012 12:25 pm

    Aq udah coba resep ayam goreng kalasannya rasanya enak sekali n jadi andalan buat acara keluarga. Makasih ya ci ven. Share lagi donk resep masakan yg lainnya :)

  36. netty on January 19th, 2013 6:48 am

    salam dari urang banjar
    sudah lama ngintip resep2nya evenna cucook ama seleraku sekeluarga
    bumbu2nya sederhana gak ribet tapi enak..
    makasih ya ci evenna..

Leave a Reply




  • Monica: tepung bumbu itu yang seperti apa ya bun? maklum masih baru ...
  • bunda arah: ya nasi kuning bsnjsr memang mantap...
  • Sheryl: Hi Dear, are you genuinely visiting this web site daily, i...
  • Juli: Ven di jkt di mana bisa beli kas kas itu. Namanya kalau di p...
  • Juli: Please ajarin masak sate banjar. Boleh juga kalau ayam goren...
  • Internet Sehat