Ceker Ayam Tausi

Posted by on 23 Apr 2008

Ceker Ayam merupakan salah satu makanan favorit ku. Walaupun nggak semua orang menyukai ceker ayam. Makanan ini biasanya selalu ada direstaurant dim sum. Dan rasanya pun enak, agak kenyil-kenyil, dan rasanya empuk sekali. Tulangnya pun sudah terlepas semua. Bagi yang belum pernah nyoba, coba dulu aja makan menu ini direstaurant dim sum, setelah itu kalau doyan, silahkan coba bikin sendiri……..

Resep ini merupakan hasil modifikasi dari kursus di Ming Garden, dan dari resep yang saya dapatkan dari teman saya.

Ceker_ayam_tausi.jpg

Ceker Ayam Tausi

Bahan :
½ kg kaki ayam
1 sdm kecap mushroom

Bumbu perendam :

4 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, iris tipis-tipis
½ sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap mushroom
1 sdm ang ciu
1 sdm gula pasir
2 buah pekak
1 sdm angkak merah (diulek)
½ sdt garam
½ sdt lada
¾ ltr air

Bumbu tausi:
2 siung bawang putih cincang
1 sdm tausi
Minyak wijen secukupnya
2 sdm sagu, campur sedikit air

Cara membuat :

1. Bersihkan ceker ayam, lumuri dengan garam & air jeruk nipis, biarkan 10 menit, cuci bersih, tiriskan.

2. Siramkan kecap mushroom pada ceker ayam yang telah dibersihkan.

3. Goreng ceker ayam sampai kering, angkat, langsung rendam dalam air es, sekitar 1 jam.

4. Tumis bawang putih & jahe, sampai harum, masukkan ceker ayam dan semua bumbu perendam. Masukkan air dan masak sampai ceker empuk ( di presto).

5. Setelah ceker empuk, sisihkan beserta kuahnya.

6. Tumis bawang putih sampai harum, , masukkan tausi, aduk sebentar, kemudian masukkan ceker yang telah empuk beserta sisa kuahnya. Tambahkan minyak wijen & air sagu. Aduk sampai mengental, angkat, ceker siap dihidangkan.

18 Comments »

Comments

18 Responses to “Ceker Ayam Tausi”

  1. jovita on June 25th, 2008 10:36 pm

    Ada tau tempat yang jual cassing/selongsong sosis??
    thanks banget

  2. alung on January 15th, 2009 3:09 pm

    kalu mau ikut kursus alamatnya dimana?

  3. Evenna on January 22nd, 2009 6:18 am

    Hai Alung, saya memang berencana membuat kursus masak. Tapi kapan dan dimana, masih belum bisa saya tentukan. Ditunggu ya….Kalau sudah buka nanti saya kabari. Thanks

  4. sarah on February 19th, 2009 12:07 pm

    wah,rasanya resep2nya yummy smua u/dicoba.br liat aja dah bikin ngiler.btw aq mo tanya resep gurami saos inggris dong..menuku hr ini ayam saos inggris ala ven..hhmmm uenak…mau?

  5. Regina on February 22nd, 2009 9:41 am

    Halo Ci Ven,
    Saya ada beberapa pertanyaan sbb:
    1. Tausi itu maksudnya tauco yah? Klo iya, yg manis or asin?
    2. Angkak dan pekak pengaruh banget ke rasa yah? soalnya sy bingung nyarinya. Maklum jarang ke pasar.
    2. Kecap mushroom ada dijual di supermarket kah?
    Ditunggu yah jawabannya.
    Thx,
    Regina

  6. Evenna on February 25th, 2009 10:33 am

    Hai Regina,Langsung saya jawab aja ya…
    1. Ya. Tauco. Saya biasa pake yang manis.
    2. Untuk angkak, biasanya sedikit memberi warna merah. dan untuk pekak ( bunga lawang) biasanya untuk menambah keharumannya. Kalau nggak pake sih, rasanya agak beda, tapi masih bisa kok.
    3. Kecap mushroom dijual di supermarket kok. Untuk angkak dan pekak, di hypermarket biasanya ada juga.
    Thx.

  7. putri on April 6th, 2009 1:01 am

    Hai Ven salam kenal dari aku,thank buat resep kaki ayamnya cuman saya bingung cari angkak dan angciu (aku tdk mengenalnya),Aku tinga\gal di California jadi susah carinya.Gimana kalau gak pake yg diatas Enak engga? dan berapa lama di pretonya. Terimakasih yach.

  8. Evenna on April 7th, 2009 4:40 pm

    Angkak itu mirip dengan beras dan warnanya merah darah. mungkin di toko yang jual bahan makanan asia ada. Kalau angciu itu arak masak.
    kalau nggak pake sih bisa aja. cuma rasanya agak beda dikit. kayaknya tetap enak.
    Biasa sih saya presto kira-kira 20 menit.

  9. ann onimus on July 27th, 2009 4:54 pm

    apa ga salah, masa tausi disamain dgn tau co, tau si tuh terbuat dari kedelai hitam n kental, ga spt tauco dr kedelai kuning, n cair.

  10. Evenna on July 31st, 2009 9:07 am

    @ Ann onimus: Oh gitu ya? selama ini saya pikir sama… :) hehehe..
    Wah, thanks banget ya infonya….. Jadi tercerahkan nih.
    @ Regina : ternyata beda… ( sorry ya… gwe juga baru tahu)

  11. sani on December 15th, 2009 1:07 pm

    haaa..ini resep yg dicari cari..mau coba masak ahh.thanks ya..izin link ya.. :D

  12. Anna on September 17th, 2010 7:16 pm

    Lagi mau coba resepnya sptnya enak ya. thanks ya.
    Ada cara ngak supaya pd saat menggorengnya tidak meletus2?. Serem banget takut kena muka, kalau ditutup trs, pd saat bolak balik susah

  13. budi on January 24th, 2011 1:11 pm

    Salam Ci Ven,

    Saya sudah coba resepnya. tapi kok ada rasa agak pahit. kira-kira kelebihan bumbu apa ya? terimakasih

  14. era on September 3rd, 2011 6:25 am

    Mbak klo resep dimsumnya ada skalian nggak mbak he he biasanya kalo ada ceker ayam pengen dimsum juga makasih ya mbak

  15. bernie on October 4th, 2011 12:46 pm

    Numpang tanya, bgmn caranya spy kulit kaki ayamnya keriting/kisut2?
    Thanks

  16. Evenna on May 26th, 2012 5:37 pm

    menggorengnya harus kering, begitu selesai digoreng langsung direndam di air es ( kalau bisa air esnya beri es batu)

  17. Evenna on May 26th, 2012 5:51 pm

    pahit?? mungkin menggorengnya kegosongan? selama ini sih sy gak pernah sampe pahit. atau kebanyakan kecap asin. sehingga pengaruhnya pas di goreng.

  18. evitan on July 31st, 2012 1:32 pm

    pahit bisa karena menggoreng kaki ayamnya ke gosonggan atau mungkin juga dari pekak yg terlalu banyak.

Leave a Reply




  • priesta: Waaaah...akhirnya resep ini ketemuan juga. The for shared ...
  • RasaResep: Enak juga nih Cocktail Pancake". thanks ya...
  • yani: Resepnya bakmoy sangat enak.. Salam kenal...
  • lya ameera: saya suka soalnya gak pakek santan...
  • geg Mas: Cara masaknya simple dan tidak membingungkan...
  • Internet Sehat