Putri Kaca

Posted by on 15 Nov 2007

Puding ini bisa dijumpai di Banjarmasin. Dan diberi nama putri kaca karena agar-agar yang melapisi isinya terlihat seperti kaca. Kalau di Banjarmasin biasanya membuatnya dibungkus dengan daun pisang. Tapi karena kalau pakai daun pisang agak ribet, akhirnya saya membuatnya menggunakan mangkok.
Rasanya tidak diragukan lagi deh. Pasti enak sekali. Silahkan mencoba…

Bahan agar-agar:

  • 1 bungkus agar-agar
  • 150 gram gula
  • 450ml air

Bahan isi :

  • 6 Butir telur
  • 1 ons kelapa parut
  • 100 gram gula merah
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat :

  1. Kocok telur, kelapa parut, daun pandan dan gula sampai adonan tercampur rata. Kemudian peras dengan kain kasa, tambahkan 1 sdm tepung beras kedalam adonan, aduk adonan sampai rata, kemudian masukan adonan di cetakan dan kukus sampai matang.
  2. Rebus agar-agar bersama gula dan air.
  3. Masukan agar-agar ke dalam mangkok bundar, tunggu sampai sedikir dingin, kemudian masukan adonan isi, dan tutup atasnya dengan bagar-agar lagi, diam kan sampai dingin, Sajikan.

3 Comments »

Comments

3 Responses to “Putri Kaca”

  1. widia on October 15th, 2008 2:54 pm

    putri kaca aku belum pernah makan, bisa di coba.
    Punya resep bebongko dari banjar tidak yang mirip bubur sumsum tapi dibungkus daun, rasanya enak tapi tidak tahu cara buatnya

  2. Evenna on October 17th, 2008 12:53 pm

    Hai Widia, Bebongko emang enak banget. Tapi aku nggak tahu cara buatnya. Kalau di Banjar sih yang bikin & jual bebongko, tetangga oma aku. Rasanya enak banget. Tapi nggak pernah tahu resepnya.

  3. Linda on August 5th, 2013 9:55 am

    Hi Evenna, thanks ya sdh upload resep ini. Dulu sewaktu aku kecil, mami aku suka buat kue ini utk dititip ke depot utk dijual. Aku doyan banget makannya. Pertanyaan aku: seandainya kelapa paryt diganti langsung pakai santan kelapa bisa gak ya? Soalnya aku tinggal di Australia dan gak tahu apakah ada kain kasa di Sydney. Trims.

    Linda

Leave a Reply




  • AdolphX: I must say you have hi quality articles here. Your conten...
  • 33Josette: I must say it was hard to find your blog in google. You wri...
  • siti.A: bisa mesen ngak ? dimana?...
  • yani selviani: maaf mau tanya kalau sejarah nya sup mutiara itu kaya gimana...
  • Jual beli rumah: Enak dan gurih sekali...