Puding Caramel

Posted by on 23 May 2007

Puding Caramel ini enak sekali jika disajikan sebagai dessert. Aroma karamelnya yang wangi , membuat siapapun pasti ingin mencicipinya. Resep ini aku dapatkan dari tabloid Lezat, hanya cara memasaknya aja yang aku ubah sedikit. Mestinya di oven, tapi kalau aku di kukus. Tetap enak kok. Buktinya anakku Natha, senang sekali makan puding ini.


Bahan:

  • ½ Liter susu segar
  • 5 butir telur ayam
  • 100 Gram Gula pasir
  • ½ sdt essens vanila

Saus Karamel:

  • 50 Gram Gula Pasir
  • 15 ml air

Cara Membuat:

  1. Saus Karamel: Masak gula dan air hingga menjadi karamel, angkat. Masukan ke dalam mangkuk tahan panas.
  2. Masak susu hngga memdidih, angkat. Kocok gula dan telur hingga rata lalu masukan susu kedalamnya, aduk hingga rata, tambahkan essens vanila.
  3. Tuang adonan kedalam pinggan tahan panas yang berisi karamel tadi, kukus sampai matang.
  4. Sajikan dalam keadaan dingin, Sehingga lebih nikmat.

24 Comments »

Comments

24 Responses to “Puding Caramel”

  1. diana linaindah on April 2nd, 2008 4:14 pm

    bu… aku dah 3 kali bikin saus karamelnya. tp selalu terasa gosong ya. gmn ya? pls help…

  2. Evenna on April 16th, 2008 4:35 pm

    Biasanya sih Gula, dicampur air sedikit, kemudian dimasak sampai mendidih dan warna berubah menjadi kuning kecoklatan. Kalau nggak mau terlalu gosong, begitu warnanya agak kuning, matikan api. Cobain deh…

  3. kendellin horicma on July 17th, 2009 5:17 pm

    looks like is yummy!!!

  4. Fefe on October 14th, 2009 9:51 pm

    Ce, kukusnya ini kira-kira berapa lama ya?
    soalnya aku baru mau belajar masak, jadi masi belum tahu bedain matang atau belum

  5. Neta on October 16th, 2009 10:05 am

    halo sis. salam kenal ya. mau tanya dong, kalo bikin puding karamel ini, telurnya cukup dikocok lepas atau dimixer sampe mengembang ya? aku kemaren bikin telurnya dimixer sampe mengembang, tapi pas dikukus kok jadi mimpes ya? yang tadinya aku wadahin di gelas hampir penuh eh pas matang kok cuma jadi setengah gelas… bagi tipsnya dong sis.. thx ya.

  6. admin on October 20th, 2009 12:30 pm

    @ Fefe : Biasa sih aku kukusnya 20 menit. Tp kl mau pastiin matang/ ga, tusuk aja pake tusuk sate. Kl adonan ga lengket, berarti udah matang.
    @ Neta : Telurnya dikocok lepas aja. Selamat mencoba lagi ya….

  7. levina on January 28th, 2010 11:30 am

    Pake agar2 ga ya??biar ga pecah…kukusnya brp lama nih??thq…

  8. maya on August 18th, 2010 8:47 pm

    Halo ci .. salam kenal ya … resep2 nya ok loh. aku uda coba beberapa. untuk yang satu ini, aku rada bingung, hasil bikinan ku rada amis jadinya. gimana cara men siasatin nya ya ?

    selain itu, aku rada bingung dengan penjelasan no 3 (Tuang adonan kedalam pinggan tahan panas yang berisi karamel tadi, kukus sampai matang). Maksudnya adonan susu dan telur dicampur dengan saos karamel nya atau gimana?

    Thx a lot untuk sharing nya ci …

  9. Evenna on August 21st, 2010 9:28 pm

    @ Levina : nggak pake agar-2 sama sekali..
    @ Maya : Kok bisa amis ya? sdh pake essens vanila?
    Penjelasan no.3 maksudnya: saus karamel kan sdh dituang sebelumnya ke dalam cetakan ( no.1)
    setelah itu kita membuat pudingnya ( NO.2) Setelah adonan pudingnya kita buat, kita masukan ke dalam saus karamel tadi ( no.3) adonan tidak akan tercampur, krn saus karamel sdh dingin dan agak mengeras.

  10. lia on October 21st, 2010 4:20 pm

    Halo ci.. salam kenal…
    MO nyobain ah resep nya, krn suka bgt ma puding karamel..
    Mo nanya juga susu segar nya bisa pake yg susu kaleng carnation gitu ga ya?
    Makasih

  11. nia on November 16th, 2010 12:58 pm

    sis…sprtnya reseptnya enak tuh, aq mau coba buat lebaran idul adha bsk…
    tp yg ingin aq tanyain klo karamelnya disiram aj di atas puding bisa gak…

    thanks
    nia

  12. nia on November 16th, 2010 1:00 pm

    aq mau tanya lg…itu susunya dalam keadaan panas dimasukkan dalam telur atau tunggu susu nya dingin dulu…???

  13. Nathania on April 4th, 2011 10:45 pm

    Selain dikukus, bisa dipanaskan di mikrowave ga ya? thanks!

  14. gitarefinaa on January 7th, 2012 10:21 am

    kira-kira pakai api yg sedang,tinggi,atau kecil. terus masaknya berapa menit?

  15. Yanny on January 11th, 2012 6:14 pm

    sis, barusan tadi nyobain resep pudingnya, kok karamelnya baru ditinggal bentar udah mengeras ya??? pikirnya td bikin karamelnya dulu abis itu siapin bahan yg lain, eh baru mau kocok2 telur karamelnya udah kaya gula batu hehhe
    ada trik khusus gak sis?

  16. Yanny on January 11th, 2012 6:14 pm

    sis, barusan tadi nyobain resep pudingnya, kok karamelnya baru ditinggal bentar udah mengeras ya??? pikirnya td bikin karamelnya dulu abis itu siapin bahan yg lain, eh baru mau kocok2 telur karamelnya udah kaya gula batu hehhe
    ada trik khusus gak sis?

  17. Nene on January 20th, 2012 1:17 pm

    Helo sis..mau tanya..itu kan diatas puddingnya ada coklat2nya, itu gimana cara bikinnya?apa itu adalah karamel nya?atau karamel disini hanya untuk disiram ke pudding saja?kalo aku bikinnya pakai cetakan gelas gitu apa bisa? thanks yah…

  18. ani on May 16th, 2012 9:19 pm

    Bu Evenna,, saya pernah coba buat puding ini dengan ukuran resepnya saya buat 2x.. hasilnya enak bu,, saya variasikan dengan menambahkan coklat bubuk.. hasilnya yummiiii… ^_^

    saya mau coba berbagi pengalaman buat mba dan ibu yang bertanya sebelumnya di atas…
    1. biar tidak terlalu amis tambahkan vanili, esen vanil atau rum vanila,,
    2. ketika membuat karamel, gunakan api yg kecil sambil di aduk2,, proses pematangan saat cair sangat cepat jadi harus cepat pula kita menambahkan airnya.
    3. Mba/Ibu Yanny memang bgtu saat di tinggal karamel akan mengeras,, tapi karamel akan kembali mencair ketika proses pengukusan,,,

  19. Evenna on May 26th, 2012 5:14 pm

    thank you b.Ani sharringnya…..

  20. Farah on June 1st, 2012 11:21 pm

    Ci, resepnya hebat, uenak tenan.

    nanya dunk…
    Sy sdh coba bikin, tp pk loyang alumunium ato wadah stainless steel (blom ada pinggan). Stlh matang…ga bs dibalik spt di foto, puding nempel ke wadah. Penampakannya jd jelek deh.

    Gmn crnya spy ga nempel? Trims ya…

  21. Rani on August 9th, 2012 2:05 am

    1/2 liter susu segar, maksud susu apa sis??? Mohon d jawab. mksih

  22. Dian on September 7th, 2012 8:54 am

    Halo Ibu evenna, aku mau tny dong. Aku iseng2 buat puding karamel ini berdasarkan resep dari Ibu. Tapi kok hasil jadinya kurang oke. Aku udah kasih esen vanili tetep masih amis. Terus telurnya yg dipakai itu, kuningnya aja ato sekalian ma putihnya jg?. Terus lama utk mengocok telur kira2 brp lama & mengocok telur bisa pakai mixer?. Hasil setelah puding setelah dikukus, sepertinya telurnya berserat2 gt kyk misah antara telur & susu, gak bisa menyatu spt digambar. Tolong masukan sarannya Bu

  23. Syifa isnaini on December 28th, 2012 11:20 pm

    Bu, saya baru aja bikin puding karamel tapi kok, jadinya agak berpori gitu ya, apa saya dikocokannya?

  24. cessa on February 15th, 2013 10:04 am

    Ce , thanks info nya .. sy bru coba nih resep dr cece , ank sy doyaan bgt cara pembuatan jg praktis bgt :)
    Kalau ada info pembuatan cupcakes dr cece mohon di share ya :)

Leave a Reply




  • Internet Sehat