Laksa Lemak

Posted by on 16 May 2007

Laksa yang aku bikin ini mirip dengan laksa lemaknya Singapura, hanya saja aku nggak pake tauge (di kulkas nggak ada persediaan tauge) jadi pake bahan seadanya. Terus mie nya aku ganti pake spaghetty. Enak lho…


Bahan :

  • 300 gram mie basah/ bihun
  • 150 gram udang kupas
  • 1 buah kekian
  • 4 buah stick crab
  • 1 buah cakue, potong-potong, goreng kering
  • 2 buah telur rebus
  • 50 gram ebi, rendam air panas
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula
  • 1 liter santan

Bumbu halus:

  • 4 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm laos
  • 2 batang serai
  • 10 buah kemiri
  • 10 buah cabe merah kering
  • 1 sdt terasi

Cara membuat:

  1. Rebus mie sebentar, tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan santan, setelah mendidih, masukan udang, ebi, kekian, gula, garam, dan cakue. Masak sebentar. Matikan api.
  3. Penyajian: Letakan mie dalam sebuah mangkuk, Susun udang, kekian, stick crab, telur rebus dan cakue, siramkan kuah ke atasnya. Sajikan.

2 Comments »

Comments

2 Responses to “Laksa Lemak”

  1. zahra on January 18th, 2009 1:46 am

    permisi mbak…mau tanya,
    kekian itu apa ya?
    saya mau coba buat tapi pas diliat nggak ngerti kekian itu apa…hehe

    makasih..
    :)

  2. Evenna on January 22nd, 2009 6:27 am

    Dear Zahra, Kekian itu terbuat dari daging ayam/udang yang di campur tepung dan bumbu-bumbu, dibungkus dengan kulit kembang tahu.
    Bentuknya lonjong dan panjang ( seperti sosis) tapi lebih besar.
    Biasa di Supermarket dan di Hypermarket, ada di jual, di rak sosis, dan baso.
    Tapi kalau nggak pakai kekian juga bisa kok.

Leave a Reply




  • AdolphX: I must say you have hi quality articles here. Your conten...
  • 33Josette: I must say it was hard to find your blog in google. You wri...
  • siti.A: bisa mesen ngak ? dimana?...
  • yani selviani: maaf mau tanya kalau sejarah nya sup mutiara itu kaya gimana...
  • Jual beli rumah: Enak dan gurih sekali...