Ayam saos Inggris

Posted by on 03 May 2007

Ayam saos Inggris, rasanya …. Hmmmm Luar biasa…. Perpaduan antara saos tiram dan kecap inggris membuat ayam ini mempunyai cita rasa tersendiri. Nggak percaya? buktiin aja sendiri… Hahaha…



Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung potong-potong
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 buah cabe merah, buang biji, iris tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 2 sdm kecap inggris
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm saos tiram
  • 2 sdm gula
  • Garam secukupnya
  • Margarin untuk menumis
  • Air secukupnya

Bahan untuk marinate ayam:

  • 1 sdm air jeruk nipis
  • ½ sdm garam

Cara membuat:

  1. Marinate ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan + 15 menit. Goreng ayam sampai matang, sisihkan
  2. Tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay sampai layu, tambahkan kecap ikan, saos tiram dan kecap inggris serta bumbu lainnya. Masukan ayam, aduk-aduk sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit air, masak sampai mengental, matikan api. Hidangkan.

17 Comments »

Comments

17 Responses to “Ayam saos Inggris”

  1. jaxpang on December 25th, 2008 12:06 am

    maaf, mao tny… saos inggris itu kyk apa yah?
    merek apa? trs bahasa inggrisnya apa yah… soalnya tinggal di malaysia jd kykna ga bkl ditulis “saos inggris” gt dech
    can you reply to my email? that’d b great, thanks!

  2. Evenna on December 26th, 2008 12:44 pm

    Worcestershire sause. Kalo yang biasa saya pakai sih namanya sause inggeris Merk-nya Sedap Wangi.

  3. Sari on January 21st, 2009 5:44 pm

    Sis, spy daging ayam kampung menjadi empuk, caranya gimana sih? Thanks :-)

  4. Evenna on January 22nd, 2009 7:01 am

    Sari, ayam kampung kalau mau empuk, pilih ayam yang muda ( kalau tua dagingnya alot). Kalau untuk sop, direbus agak lama. Dan kalau untuk ayam goreng, di ungkep dulu baru di goreng. Semoga membantu…

  5. epi on February 13th, 2009 1:03 pm

    hai mba Evenna, kenalkan saya Epi, tau blog ini dari detikinet. Selamat ya, sudah menang :)

    Mau tanya, biasanya pakai saus tiram merk apa? Saya pakai Saori, tapi rasanya beda sama yg di resto2. Sempat menduga masalahnya bkn di merek, tapi siapa tau beda merk bisa beda rasanya. :D

    Thx sebelumnya…

  6. Evenna on February 14th, 2009 4:57 pm

    Hai Epi, Kalau saus tiram sih saya biasanya pake saos tiram cap panda ( Lee Kum Kee) Biasnya ada di supermarket/hypermarket. Bukan saya mau promosi nih, tapi emang rasanya beda kok dengan yang lain.

  7. sarah on February 19th, 2009 11:55 am

    sori mo tanya gmn sih cr buat gurami saos inggris?soalnya anakku suka bngt.thx infonya ya..

  8. Evenna on February 25th, 2009 10:18 am

    Hai Sarah, caranya sama aja. Guraminya di goreng dulu, baru tumis bumbuya, dan masukan guraminya.
    Selamat mencoba ya…

  9. lily on March 3rd, 2009 3:03 pm

    Hi Ven. jumpa lagi..
    Tadinya aku ndak yakin rasanya ayam saos iggris ni gimana.. ternyata menarik.. Yuuummm..

    Cuman aku beda cara masaknya.. Ayamnya ndak kugoreng dulu.. Tumis bawang bombay merah aja, bawang putih, sama cabe pakai olive oil sampai layu Terus ayamnya kumasukin, ikut ditumis sampai 1/2 mateng. Selanjutnya.. sama deh.. rasanya.. menarik. Definitely make again!! Thanks ya..

  10. yanwi on March 3rd, 2009 8:22 pm

    Ven, apa kbrnya?
    Resep barunya ada lagi enggak?? trims.

  11. Evenna on March 6th, 2009 8:16 am

    He…he….he… Masih repot nih, Resepnya Ditunggu ya…

  12. nia on January 28th, 2011 4:54 pm

    Mbak klo misalnya gak pake kecap ikan trus d ganti kecap manis kan gpp dunk,,, coz suamiq g suka kecap ikan,,,

  13. liana on July 12th, 2011 11:34 am

    sori mau tanya nih, marinate itu apa ya? thanks..

  14. Evenna on May 26th, 2012 5:41 pm

    marinate itu maksudnya kalau daging ayam sudah dibumbui, didiamkan dulu, supaya bumbunya meresap.

  15. Evenna on May 26th, 2012 5:50 pm

    boleh saja,cuma kecap ikan ada rasa asinnya. ntar dicoba aja,kl kurang asin tambahkan garam dikit.

  16. Lisa Olsen on December 25th, 2012 4:38 pm

    Thank you for this recipe I cooked for my husband and he really enjoyed.

  17. evenna on December 26th, 2012 5:24 am

    @ Lisa Olson : You’re welcome, I’m happy to hear it. :)

Leave a Reply




  • Monica: tepung bumbu itu yang seperti apa ya bun? maklum masih baru ...
  • bunda arah: ya nasi kuning bsnjsr memang mantap...
  • Sheryl: Hi Dear, are you genuinely visiting this web site daily, i...
  • Juli: Ven di jkt di mana bisa beli kas kas itu. Namanya kalau di p...
  • Juli: Please ajarin masak sate banjar. Boleh juga kalau ayam goren...
  • Internet Sehat