Rawon

Posted by on 09 Apr 2007

Daging dengan kuahnya yang berwarna hitam, hanya dijumpai di Indonesia. Dengan kelezatan yang khas, nggak diragukan lagi kalau rawon merupakan salah satu makanan favorit sebagian penduduk Indonesia .
Tips untuk membuat rawon yang lezat:

  1. Pilihlah keluak yang baru(kalau lama daging dalamnya keras)
  2. Keluak ada yang pahit, jadi pastikan sebelum dihaluskan, tidak ada yang pahit.
  3. Jangan menghaluskan keluak bersama bumbu-bumbu lain. karena kalau dicampur, akan menimbulkan rasa tidak enak pada rawon.

Selamat mencoba Rawon ala Vens…

Bahan:

  • 500 gram daging lulur luar
  • 15 buah keluak, dihaluskan
  • 1 sdm bubuk bumbu rawon
  • Daun jeruk
  • 1,5 liter air

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 5 buah cabe merah besar
  • 1 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan keluak yang sudah dihaluskan dan bubuk rawon, aduk sebentar, masukan daging, masukan daging dan daun jeruk, aduk sebentar, masukan air.
  2. Masak sampai daging empuk ( boleh dipresto).
  3. Sajikan hangat bersama tauge pendek, sambel dan jeruk nipis.

5 Comments »

Comments

5 Responses to “Rawon”

  1. sail away on December 1st, 2009 3:51 am

    bak kalau masak rawon tampa kluwek apa bisa enak nggak karna aku tuh diluar negri jadi susah gedapetin yg nama nya bumbu/rempah2 has indonesia

  2. admin on December 1st, 2009 5:05 am

    Wah, kalo rawon tanpa keluwek, namanya bukan rawon dong….;)

  3. skippy on May 23rd, 2010 10:30 am

    bumbu bubuk rawon tuh apa ya? Belinya dimana?

  4. nuniks on July 28th, 2010 9:19 am

    hihihi.. iya betul.. kalo ga pake kluwek namanya semur daging :D

  5. admin on August 21st, 2010 8:27 pm

    @ Skippy : kalo nggak pake b ubuk rawon juga nggak apa-apa kok… Biasa sy dikirimi dari Banjarmasin… makanya resep rawon saya agak beda dengan rawon Jawa… hahaha….

Leave a Reply




  • Jual beli rumah: Enak dan gurih sekali...
  • Deneen1988: Musz? sie wam pochwalic w koncu schudlam - 6 kilo. Przeszu...
  • Dipta: Salam Kenal Ce Saya penggemar kuliner n travelling dari ...
  • maya: Ci...aq izin nyontek resep2 km yaa..soalny resep2 km endes ...
  • yeye: Pagi ce. Makasih resepnya.ijin nyontek ya. Mau tanya 1 kalen...