Soto Banjar

Posted by on 06 Mar 2007

Masakan yang satu ini, merupakan makanan kesukaan my hubby. Dia tuh nggak pernah bosan dengan soto Banjar. Kalau ke Banjarmasin, wah, bisa berhari-hari makan soto banjar.

Rempahnya memang banyak, justru dari citarasa rempah itulah yang membuat soto banjar sangat nikmat. Banjar baangettt gitu Loh………
Sssttt, aku kan lahir dan dibesarkan di Banjar, Jadi resep ku ini orisinil banget deh.

Ini adalah rempah untuk soto Banjar. Ada yang nggak pernah liat sebelumnya ya?


Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung, potong menjadi 4 bagian
  • Daun seledri secukupnya
  • Daun bawang prei secukupnya
  • 2,5 liter air
  • 1 sdm garam
  • 2 kaldu blok
  • ½ sdm gula
  • 50 ml susu evaporated
  • Margarin secukupnya

Bahan rempah:

  • 1 sdm Adas Manis
  • 15 biji Kapulaga
  • 1 sdm Kas-kas
  • 10 biji cengkeh
  • 1 batang kayu manis
  • 1 bunga pekak
  • ½ biji pala utuh
  • 15 biji merica utuh

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 1 cm jahe

Pelengkap:

  • ketupat
  • Soun
  • Perkedel
  • Bawang goreng
  • Sambel

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai layu, sisihkan.
  2. Tumis seledri dan daun bawang prei, sisihkan.
  3. Bungkus bahan rempah pada kain kasa. Kemudian rebus air masukan ayam dan rempah. Masak sampai mendidih.Masukan tumisan bumbu halus, tumisan bawang prei dan seledri, garam. gula, kaldu blok.
  4. Setelah itu, jika bau rempah sudah tercium keluar, keluarkan rempah dari kuah. Kemudian tambahkan susu, aduk sebentar sampai susu tercampur rata, matikan kompor.
  5. Keluarkan ayam dari panci, suwir-suwir.

Bahan Perkedel:

  • 400 gram kentang
  • 2 sdm gula
  • ½ sdm garam
  • 1 sdt merica
  • 1 kuning telur

Cara membuat perkedel:

  1. Goreng kentang sampai matang, haluskan, campur dengan gula, garam, merica, kuning telur. Setelah tercampur rata, bulatkan adonan,dan pipihkan. Goreng dalam minyak panas.

Cara penyajian :

  1. Siapkan mangkuk, tata potongan ketupat didalamnya, tambahkan soun, ayam suwir, telur rebus, perkedel, siram dengan kuahnya. Taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat dengan sambel dan jeruk nipis.

20 Comments »

Comments

20 Responses to “Soto Banjar”

  1. vacya p on August 6th, 2008 8:01 pm

    ven, emang enak makan soto banjar dgn sambel yg pedas apalagi disaat flu yummmmmy, tapi ingin tau bumbu kas kas itu apaan sih, thanx

  2. Evenna on September 26th, 2008 9:44 am

    Hai Guys, sebelumnya banyak yang tanya tentang bumbu kas-kas kan? Kas-kas alias white poppy seed. Aku juga baru tahu, kebetulan ada teman yang baik hati yang mau ngasih tahu. Thanks to Lily yang ngasih tahu.

  3. lydia on October 9th, 2008 10:37 am

    ven, kalo dirumahku bikin perkedel, dicampur dengan ubi kayu/singkong lho. Biar perkedelnya tidak mudah hancur.

  4. Evenna on October 9th, 2008 1:54 pm

    Hai Lidya, betul sekali. Perkedel asli untuk pelengkap soto banjar memang pakai campuran singkong. rasa sotonya pun jadi lebih gurih.
    Thanks ya….

  5. yulia on June 17th, 2010 8:35 pm

    Terima kasih untuk resep2 masakkannya,saya akan coba resep soto banjarnya…

  6. admin on August 21st, 2010 8:34 pm

    @ Yulia : sama-2.. :)

  7. Niken on December 20th, 2011 10:04 pm

    Kas kas sama jinten Apa bedax

  8. Lisa on January 12th, 2012 10:10 pm

    Ci Ven, salam kenal ya…aku sekarang tinggal di banjarmasin. Sudah lama kepingin bisa buat sendiri soto banjar ini, tp ga nemu resep yang pas, padahal tinggal di banjar, hehe…trims ya ci ud sharing resepnya, aku udh coba, sotonya enak, dan cocok sama seleraku :)

  9. Yuyun on February 2nd, 2012 10:02 am

    Klo bawang putih yg sdh d haluskan d tambahkan ke perkedel kentangnya pst tmbah gurih…

  10. Mrs.P on February 5th, 2012 8:41 pm

    Hali mba…terima kasih resep dan foto rempah2nya,,,,jadinya saya tau pake rempah apa aja…rasanya uenakkkkkkkkkkkkkkkkkkk, saya sukaaa banget….ijin copas untuk resepnya yaa…thxx

  11. Evenna on May 26th, 2012 5:20 pm

    Thanks masukannya….

  12. Evenna on May 26th, 2012 5:20 pm

    silahkan…..

  13. Evenna on May 26th, 2012 5:29 pm

    jinten kan kya bulir2 padi yang warnanya agak kuning kecoklatan. kalau kas2 bentuknya berbutir2 seperti pasir…

  14. Neny Ariyani Faizah on September 10th, 2012 3:28 pm

    Hi mba evanna, kebetulan suka banget ma soto banjar. mau tanya kalo bumbu rempah yg dimasukin ke kain kasa itu perlu dihaluskan dulu gk ato di prek2 gitu. susu cair evaporated itu apa ya

  15. erna youping on October 21st, 2012 11:52 pm

    xie xie ya ce evanna..berkat resep cece, saya jadi pingin belajar masak..sebelumnya ga pernah masuk dapur..
    @mbak nenny : susu evaporated tu susu kaleng cair khusus untuk masakan..biasanya merk carnation atau marigold..tinggal bilang aja ama penjualnya susu cair buat masakan..biasanya dicantumkan dalam label kalengnya jenis “evaporated”

  16. emtis on December 12th, 2012 1:53 am

    mba saya kebetulan tinggal di luar negri,selain pake susu evaporated bisa di ganti dengan susu apa ya?kalu susu cair yg gak manis bisa gak ya?terima kasih infonya

  17. Evenna on December 26th, 2012 5:35 am

    @ Emtis : untuk susu evaporated, bisa diganti dengan susu segar. tp kalau nggak pakai susu pun ngga apa-apa.

  18. ananda on February 16th, 2013 3:01 pm

    itu seriusan kapulaganya 15 biji,,,,
    saya biasanya bikin paling banyak 3 biji

  19. evie on June 9th, 2014 9:10 am

    mb, bisa tidak pemakaian kas kas dihilangkan?

  20. Juli on September 15th, 2014 2:34 pm

    Ven di jkt di mana bisa beli kas kas itu. Namanya kalau di pasar apa?

Leave a Reply




  • Juli: Ven di jkt di mana bisa beli kas kas itu. Namanya kalau di p...
  • Juli: Please ajarin masak sate banjar. Boleh juga kalau ayam goren...
  • Dian: Terima kasih atas info resepnya. Karena saya orang Bandung, ...
  • Hamdani HB.: nasi kuning banjar...benar benar sedaaaaap...
  • priesta: Waaaah...akhirnya resep ini ketemuan juga. The for shared ...
  • Internet Sehat