Sop Mutiara

Posted by on 06 Mar 2007

Sop mutiara ini hanya dijumpai di Banjarmasin. Dan meskipun merupakan makanan khas Banjar, cukup sulit untuk menemukannya di restaurant/rumah makan.
Mengapa? Karena makanan ini hanya populer di kalangan Chinese dan hampir setiap keluarga bisa membuatnya. Biasanya selalu disajikan pada pesta kecil di rumah.

Bahan :

  • 7 buah Sosis ayam, potong-potong
  • 3 buah wortel, potong dadu,rebus sampai empuk
  • 1 kaleng kacang polong
  • 200 gram macaroni
  • 1 sdm Garam
  • 2 sdm Gula
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt pala
  • 1 kaleng susu cornation
  • 1,5 liter kaldu ayam
  • Daun seledri


Bumbu halus:

  • 2 butir Bawang merah
  • 1 cm jahe

Bahan Mutiara:

  • 300 gram Ayam cincang
  • 1 buah kentang, goreng haluskan
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt pala
  • ½ sdt merica
  • 50 gram susu bubuk
  • 2 sdm margarin
  • 1 butir kuning telur

Cara membuat:

  1. Mutiara : Campur semua bahan jadi satu, kemudian dibentuk bulat-bulat seperti kelereng.
  2. Didihkan air kaldu, bersama dengan bumbu halus, batang daun seledri yang telah dimemarkan, garam, gula, merica dan pala. Masukan mutiara, setelah mutiara terapung, angkat, sisihkan.
  3. Masukan wortel pada kaldu ayam, setelah mendidih, tambahkan kacang polong, macaroni dan sosis. Setelah mendidih masukan daun seledri, mutiara, dan terakhir, jika semua bahan sudah dimasukan dan sudah mendidih, masukan susu cornation. Aduk sebentar, mendidih, angkat. Sajikan hangat.

20 Comments »

Comments

20 Responses to “Sop Mutiara”

  1. maR on November 15th, 2007 1:21 am

    cc..
    huwaa…
    liat sop mutiara jadi laper,,

    aku org banjar n skrg jg d sby lo c,,

    hmm,,malem2 keinget sup mutiara buatan mamah,,iseng2 cari di google,,dapetnya blog cc,,

    hmm,,kyknya enak bgt,,haha,,…

    sukses masaknya cc..=)

  2. Ven's Kitchen on November 15th, 2007 9:02 am

    Halo Mar, wah, kebetulan kemarin saya masak sop mutiara lho, Jadi bikin ngiler ya?
    Coba aja resepnya.

  3. LL on January 21st, 2009 12:43 pm

    c.. maksude susu carnation itu apa ya?? bukan seng kental manis toh ya??

  4. Evenna on January 22nd, 2009 6:35 am

    susu Evaporated ( susu cair) merknya carnation. Tapi kalau nggak ada bisa diganti merk Marigold / FN.

  5. Evenna on January 22nd, 2009 6:36 am

    susu Evaporated ( susu cair, bukan kental manis) merknya carnation. Tapi kalau nggak ada bisa diganti merk Marigold / FN.

  6. LL on January 22nd, 2009 10:01 am

    ooo.. iya iya.. thanks ya.. ntik takcoba sek.. :p~~
    trus, cc ada resep sop kembang tahu gak, c? tulung diposting ya..
    thanks berat.. luv ur blog! ^^

  7. Evenna on February 14th, 2009 4:08 pm

    Resep sop kembang tahunya di tunggu ya…

  8. Checiel on February 14th, 2009 6:04 pm

    Hai,salam kenal…,aku suka bgt sop ini d keluarga setiap natal sop ini jagoannya.Tapi agak beda dkt ya sm pny mamahku krn nda pake bmb halus cmn kaldunya pake ayam kmpg n ditambahin kaldu blok,tp kyknya semuanya enak ya…

  9. Evenna on February 17th, 2009 2:39 pm

    Salam kenal juga Cheiciel,
    Sop mutiara emang makanan top di Banjar. Selalu jadi menu andalan pada pesta keluarga.
    Nggak pake bumbu halus juga nggak apa-apa. sama enaknya kok….

  10. nanda on May 5th, 2009 9:21 am

    ce,salam kenal ya…sama2 orang banjar yang disby nih..:) suamiku jg smasa dulunya ce2 drumah it cattering pa rumah makan juga?kl di timur sby y kt deketan.. :) mw tanya ce, mutiaranya kalo g pake kentang bs dganti pake ap y?

  11. Evenna on May 6th, 2009 3:58 pm

    Hai Nanda, cece nggak buka rumah makan kok. cuma terima order-an kecil-kecilan. Saya memang di Sby Timur… hehehe, deket ya?
    Kalau untuk mutiara, biasanya memang dicampur kentang, selama ini saya nggak pernah ganti dengan yang lain (udah resep aslinya) Jadi kurang tahu juga kalau diganti dengan yang lain hasinya bisa sama nggak. Emang ga boleh makan kentang ya?

  12. susanty safira on February 26th, 2011 3:31 pm

    makanan khas banjar itu yg enak sih soto banjar sih…………..udh tau kan soto?

  13. susanty safira on February 26th, 2011 3:33 pm

    salam kenal ya buat urang bnjar yg ada di room ini,aku jg urang bnjar sih heheheeh;) ;)

  14. merry on February 1st, 2012 8:56 am

    Halo.. Salam kenal ya ven,aku baru aja coba resep sop mutiaranya,rasanya oke!! Thanks ya.. Cm kenapa ya aku bikin mutiaranya g bisa bulat2 bagus kayak py kamu :( kira2 apa yg salah ya? Thanks :D

  15. wulan on March 29th, 2012 6:45 am

    hi Evenna, ak baru liat blog kamu dan sudah membuat beberapa resep kamu, suami ak seneng banget sama hasilnya. Thx bgt ya…
    Soalnya aku msh pemula dalam masak dan langsung dipuji jd seneng bgt, hehehe. Tips nya jg sangat membantu untuk ak yang pemula ini. Oh iya ada resep baru lagi ga? Mau ak praktekin soalnya. Hehehe

    Thx before ya n salam kenal

  16. Evenna on May 26th, 2012 5:24 pm

    Hmm, kadang perlu dilihat adonannya, kl terlalu encer, pd saat menambahkan telur, tambahkan separonya aja. jd adonan gak terlalu lembek.

  17. Evenna on May 26th, 2012 5:48 pm

    betul, betul, betul…

  18. wulan on May 29th, 2012 5:22 pm

    susu cornation tu cari dmna ya?kira2 brpa ml ci?blh pake ultra putih?mksh;)

  19. Veivei on February 17th, 2013 2:42 pm

    Hi Evenna, salam kenal ya.. :) Saya coba praktekin resepny, tp knpa ya mutiarany pas direbus malah lumer, padahal rebusny ga lama2… Perlu dimasukin tepung terigu atau sagu gitu ga ya?

  20. Ferdinand Tito on October 16th, 2013 12:01 pm

    Wah liat resepnya jd pengib bikin, kyknya sedap n seger deh, thanks ya gan

Leave a Reply




  • bunda arah: ya nasi kuning bsnjsr memang mantap...
  • Sheryl: Hi Dear, are you genuinely visiting this web site daily, i...
  • Juli: Ven di jkt di mana bisa beli kas kas itu. Namanya kalau di p...
  • Juli: Please ajarin masak sate banjar. Boleh juga kalau ayam goren...
  • Dian: Terima kasih atas info resepnya. Karena saya orang Bandung, ...
  • Internet Sehat