Kwetiaw Goreng

Posted by on 01 Mar 2007

Kwetiaw goreng, bukan cuma untuk santapan di malam hari, Untuk sarapan pagi hari juga ok lho, asal nggak kebanyakan. kalo kebanyakan bawaannya ngantuk, soalnya energinya habis, dipakai untuk mencerna makanan.
So……. makan secukupnya ya…

Bahan :

  • 300 gram kwetiaw
  • 1 butir telur kocok
  • 100 gram daging ayam/babi
  • 3 biji baso sapi, potong menjadi 4 bagian
  • 1 kekian, iris tipis
  • 50 gram tauge
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 6 buah bawang merah iris tipis
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt merica
  • 1 sdm gula
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Daun bawang, iris tipis-tipis
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Panaskan wajan, masukan minyak secukupnya, tumis bawang putih, bawang merah sampai berubah warna, masukan daging ayam. Masak sampai matang. Masukan telur, masak sampai telur matang.
  2. Masukan baso sapi, kekian, aduk-aduk sebentar, tambahkan saos tirem, kecap manis,garam, gula dan merica. Aduk sampai rata. Masukan air putih.
  3. Masukan kwetiaw dan tauge, aduk hingga matang. Masukan daun bawang, aduk. Masukan minyak wijen, aduk sebentar. Matikan api. Angkat, taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat.

7 Comments »

Comments

7 Responses to “Kwetiaw Goreng”

  1. x-pac on September 6th, 2007 8:18 am

    mbak evenna yang cantik. wooh saya tuh udah nyoba tuh resep mbak, n………………………………………….
    ternyata tuh resep uuuuueeeennnaaaaakkkkkk bange’t apalagi yang mie pangsit kuah. mm tuh.
    o ya mbak saya khan pengen tahu caranya mbuat mie (mie biasa ala chinesee). biasanya bahannya tuh dari apa aja mbak ?
    kalo saya nih gini :

    2btr telur
    0.5 kg tepung
    2 sdk mkn minyak
    2 sdk mkn grm

    pa ada yang kurang mbak eva?
    selanjutnya terima kasih ya mbak

  2. Ven's Kitchen on November 15th, 2007 8:59 am

    Halo…
    Wah, saya belum pernah bikin mie sendiri. Kalo mie biasanya selalu beli yang sudah jadi.
    Tapi nanti saya coba deh resep dari kamu. Thanks ya…

  3. brindie on February 23rd, 2009 12:52 pm

    salam kenal dr jogja, aku brindie, aku cuman amu kasih sedikit saran gimana kalau utk masakan mie dan kwetiaw ditambahkan ang ciu atau arak masak wah rasanya pasti taop abis, krn aku sering menambahkan ang ciu utk mskan mie,kwetiau dan cap cay. thanks

  4. Evenna on February 25th, 2009 10:41 am

    Salam kenal juga Brindie, Thanks banget ya sarannya. Emang enak banget kalau ditambah arak masak.

  5. fairuz on April 1st, 2009 11:46 am

    salam kenal dr jambi,ane mo tanya resep bikin kwetiaw basah dari tepung beras(kwetiaw mentah)gmn sich bikinnya..ajarin dong please..please banget.thanks

  6. sobrun on August 9th, 2010 5:44 pm

    aku pingin tau bahan dasar ma cara bukin kwetiaw ? mkasih

  7. Evenna on August 21st, 2010 9:21 pm

    @ Fairuz & Sobrun : Sy belum pernah bikin kwetiaw mentah. Biasa, beli yg mentah, tinggal diolah. cari gampangnya… hehehe…

Leave a Reply




  • Jual beli rumah: Enak dan gurih sekali...
  • Deneen1988: Musz? sie wam pochwalic w koncu schudlam - 6 kilo. Przeszu...
  • Dipta: Salam Kenal Ce Saya penggemar kuliner n travelling dari ...
  • maya: Ci...aq izin nyontek resep2 km yaa..soalny resep2 km endes ...
  • yeye: Pagi ce. Makasih resepnya.ijin nyontek ya. Mau tanya 1 kalen...