Nasi Goreng Hongkong

Posted by on 23 Feb 2007

Mungkin belum pernah ya lihat nasi goreng disajikan dengan kulit lumpia yang dibentuk seperti kerang. Tau nggak nasi goreng dengan alas kerang ini idenya my hubby. Dia tuh pengemar nasi goreng. Makan nasi goreng setiap hari pun dia mau….
Dari idenya dia ini nih, aku ikut lomba masak nasi goreng, eh…taunya menang… Juara I lagi. Asyik Khan?

Bahan:

  • 2 mangkuk nasi putih
  • 2 butir telur ayam
  • 100 gram udang kupas
  • 100 gram daging babi / chasio ( boleh diganti ayam)
  • 1 lembar daging asap
  • 100 gram kacang polong
  • 4 siung bawang putih cincang
  • 2 sdm ang ciu / arak masak
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdm saos tirem
  • Daun bawang secukupnya

Cara membuat :

  1. Panaskan wajan beserta margarin, kocok telur, dan masukan dalam wajan yang sudah panas. Goreng telur sampai matang, aduk dengan menggunakan sumpit ( agar telur bisa hancur menjadi kecil-kecil). Setelah matang, angkat. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, setelah panas, masukan bawang putih cincang, goreng sampai layu, tambahkan garam dan merica. Masukan udang, daging babi, goreng sampai matang, tambahkan kacang polong, aduk rata. Kemudian masukan arak, biarkan sampai mendidih.
  3. Masukan nasi dan telur, serta daging asap, aduk sampai tercampur rata, dan tambahkan saos tirem. Aduk sampai rata. Terakhir, masukan daun bawang, aduk rata. Angkat, taburi bawang goreng. Sajikan bersama acar dan pelengkapnya.

4 Comments »

Comments

4 Responses to “Nasi Goreng Hongkong”

  1. nuniks on July 28th, 2010 11:13 am

    Waaah selamat ya jadi nomor satu… ga heran deh. Oya mba, angciunya bisa diganti apa ya yang paling mirip? terima kasih..

  2. Evenna on August 21st, 2010 9:12 pm

    @ Nunik : ganti apa ya? Ehmmm, Kikkoman soy sauce?

  3. yerry on December 24th, 2012 7:48 am

    araknya pake arak siauhing bisa ngga yaa?

  4. Evenna on December 26th, 2012 5:32 am

    @Yerry: bisa kok pake arak siauhing.

Leave a Reply




  • Monica: tepung bumbu itu yang seperti apa ya bun? maklum masih baru ...
  • bunda arah: ya nasi kuning bsnjsr memang mantap...
  • Sheryl: Hi Dear, are you genuinely visiting this web site daily, i...
  • Juli: Ven di jkt di mana bisa beli kas kas itu. Namanya kalau di p...
  • Juli: Please ajarin masak sate banjar. Boleh juga kalau ayam goren...
  • Internet Sehat